Selasa, 02 Agustus 2016

Roti Jala

Ceritanya bulan puasa kemaren pengeeen banget makan Lemang sama ketupat ketan, kebayang dimakan pake rendang... hadududu jadi ngeces. Nanya sana-sini ga ada yang jual di seputaran Tambun, dulu di deket rumah ada yang jual ketupat ketan tapi katanya yang biasa bikin lagi sakit jadi ga bisa bikin ketupat ketan padahal ketupat ketannya dia enak banget bahkan janur pembungkus ketupatnya juga ikutan enak sangking santan dan bumbunya meresap sampai ke dalam hahahaha...

Suatu kesempatan setelah ke Thamrin City kepikiran langsung ke Pasar Benhil, konon selama bulan puasa disana ada pasar Ta'jil dan katanya lemang sama ketupat ketan banyak dijual disitu. Langsung deh order Gojek dan langsung cusss menembus kemacetan menuju pasar benhil..

Dan bener lho... nyampe sana sampe bingung mau beli apa, semua keliatan enak dan menggugah selera.. dan pada akhirnya nenteng lemang, ketupat ketan, gudeg laminten daaan kari kambing..

Lemang, gudeg sama etupat ketan udah habis dalam 2 hari.. nah untuk kari kambingnya ini harus ada temen yang klop... inget masakan Aceh langsung keingetan Roti jala... yo wiss langsung bikin.. dan taraaaa...




ROTI JALA
Bahan-bahan
250 GramTepung Terigu
1/2 Sdt Garam
2 ButirTelur Ayam, Kocok Sebentar
500 ml Air/ Susu Cair atau bisa pakai santan cair
2 Sdm Margarin Cair

Langkah
1. Campur terigu, garam, telur, aduk rata
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan licin
3. Saring agar adonan halus. Tambahkan margarin cair, aduk rata
4. Karena ga punya cetakan khusus roti jala saya masukkan adonan kedalam piping bag dan gunting ujungnya (kecil aja lubangnya) setelah itu baru bentuk dengan cara diputar putar menyerupai sarang laba-laba diatas teflon yang sudah dipanaskan, tunggu sampai adonan matang dan angkat. ulangi hingga adonan habis.
5. Begitu adonan matang dan diangkat segera lipat sisi kiri kanan ketengah dan gulung.

2 komentar:

  1. Wuiiih ini favoritku banget. Roti jala harus dipasangin sama kari atau gule :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak.. ini mpasangan yang klop ;)

      Hapus