Jumat, 13 Maret 2015

Camilan Sehat dan Kreatif Untuk Buah Hati

Tantangan menjadi seorang ibu bukan hanya bisa melahirkan dan memberikan ASI Eksklusif saja untuk buah hatinya, tapi masih banyak tantangan-tantangan seru yang saya alami. Dari jaman Adam masih kecil sampe  segede sekarang ditambah lagi tantangan baru saya dengan hadirnya si lincah nan bawel Aqila, cukuplah ya memberikan saya pengalaman.

Ngeliat Adam yang badannya sehat dan montok seperti sekarang banyak yang nanya, emang Adam ga pernah susah makannya ? kadang ada yang curhat anaknya GTM (Gerakan Tutup Mulut kalo disodorin makanan) berhari-hari dan cuma mau makan makanan tertentu saja dan si ibu khawatir dengan nutrisi yang masuk ke tubuh si anak. Sayapun jujur pernah mengalami itu semua, tapi ya itu tadi nyali kita sebagai seorang ibu sedang diuji kalo lagi ngadepin anak yang susah makan.. tantangannya disitu.. gimana pinter-pinternya kita nyiasatin itu semua.

Dulu Adam pernah juga susah makan, tapi saya ga mau pake cara pemberian suplemen atau minuman penambah nafsu makan dan lain-lain, saya pikir inilah saatnya singsingkan lengan baju gimana anak mau makan meskipun sedikit demi sedikit kita telatenin tapi nutrisi yang masuk tetap ada. Caranya biar anak-anak mau makan sering-sering aja ditawarin makan. Kedua, kreasikan cemilan dan makanan yang akan disuguhkan untuk anak dengan tampilan yang menarik tanpa mengabaikan kandungan nutrisinya, contohnya seperti ini..

(Roti tawar ini saya isi dengan irisan sayuran misal selada dan wortel, irisan telur rebus dan smoked beef boleh juga dikasih pasta tomat sebagai penambah rasa kemudian digulung baru disemat dengan food picks yang lucu biar anak2 tertarik memakannya. Hasilnyaaa sekali makan bisa 2 gulung roti tawar isi sayuran ini. )

 (Nasi bento dengan hiasan telur dadar berbentuk bunga dan kereta favoritnya Adam, brokoli kukus dan semur kentang)

Nah.. tantangan saya yang selanjutnya adalah pemberian buah-buahan. Dulu saya telat mengenalkan buah untuk Adam jadi sampe umur 6 tahunpun Adam masih ogah makan buah. Jadi biar saya tidak mengulang kesalahan lagi, sejak pemberian MPASI untuk Aqila saya banyakin buah untuk selingannya. Hasilnya Alhamdulillah berhasil sekarang dia pencinta buah apapun.

PRnya tetep di Adam kan ? jadi biar dia tertarik makan buah cara saya tetep satu yaitu di tampilan penyajian.. ketika saya memberikan buah untuk adeknya ga lupa saya siapkan buat kakaknya.. ini jangan diabaikan, meski Adam ga suka buah saya ga boleh pesimis. Saya potong mangga kecil-kecil dan saya masukkan ke dalam jar dan kasih food picks yang lucu. Tawarkan ke Adam, kakak mau ga ? ini manis banget lho.. gizinya banyak bikin badan kita sehat karena mengandung Vitamin C, menurut saya ini wajib dikasih tau karena dia juga udah SD kan, sebagai tambahan pengetahuan tentunya.
                                          
Hasilnya.. dia nyoba dikit... "enak, manis" katanya dan lama-kelamaan diapun jadi pencinta buah Mangga, jadi untuk bekal sekolahnyapun sebagai camilannya dia maunya Mangga. Selanjutnya saya kenalkan buah yang lain sambil saya jelaskan kandungannya apa aja. Sekarang udah umur 7 tahun lebih dia jadi lebih mencintai buah dan sayapun jadi sering nyetok buah di kulkas untuk camilan anak-anak setiap hari.

                                          (Potongan mangga buat kakak dan adek)

Nah buat ibu-ibu yang punya pengalanan seperti saya coba deh tips diatas ya.. jangan pantang menyerah dan putus asa.

Postingan ini saya ikut sertakan untuk lomba "Olah Camilan Sehat Untuk Si Kecil" dari NUK



8 komentar:

  1. Balasan
    1. itu sisa2 keberjayaan alat bento yang lama nganggur mbak hehehe

      Hapus
  2. Aihhh Kreatif banget Mba :)
    Keren!
    Anak2 pasti semangat ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak, iya semangat bahkan sehari sebelumnya si kakak udah rekues besok mau makan apa dibentuk apa..:D

      Hapus
  3. ya ampuun lucu-lucu banget itu makanan. kalo yang roda mobil warna hijau itu terbuat dari apa ya bunda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari egg sheet alias telur dadar yang dikasih pewarna makanan :D

      Hapus
  4. lucu banget bun... itu yang kereta telur dadar toh? kirain keju lembaran >,<

    BalasHapus