Kamis, 24 Januari 2013

Belajar Low Light Photography

Liburan kemaren ketimbang iseng apalagi 2 jagoan dah pada tidur semua jadi deh geret2 meja ke deket jendela..keluarin kamera dari sangkarnya, bongkar kotak properti daaaann...





Memanfaatkan si hitam manis yang lagi musim dan lady finger yg kayanya cantik dibuat objek yuhuuu.. mari beraksi belajar low light photography. Pencahayaan seperti biasa pake natural light dan pendukung yang lain cuma background hitam, 2 reflektor yang berasal dari gorden putih tipis dan styrofoam tempat mainan keretanya adam hehehe.. 

Senin, 21 Januari 2013

Dongeng Sebelum Tidur

Kemaren malem minta diceritain kisah bawang merah dan bawang putih.. semalem minta diceritain bawang putih dan cabe merah..

Bunda : emang ada gitu cerita bawang putih dan cabe merah ? bawang merah kali kak..
Adam : beneran bunda ada kok..
Bunda : yang gimana coba ceritanya ?
Adam : itu lhoo yang ada ikannya bisa ngomong..
Bunda : Oooo..#mikir
Adam : tau kan ? ya udah cerita..
Bunda : jadi kan ikan yang bisa ngomong itu ditangkep..trus digoreng abis itu bawang putih sama cabe merahnya diulek jadi deh sambel dimakan sama ikan goreng...
Adam : haaah ?

*ngakak berdua


Lain lagi..biasanya kalo adam lagi ngambek atau bunda kehabisan ide buat cerita jadi bunda cerita soal masa kecil bunda dulu atau cerita proses menjelang lahirannya Adam dan dia seneeeng banget. Karena udah bosen cerita soal bunda waktu masih kecil dulu adam minta diceritain masa kecilnya papa..nah lho ?!

Adam : trus bunda kalo papa waktu masih kecil gimana ?
Bunda : ya bunda ga tau waktu papa masih kecil..tanyanya sama mbah aja nanti kalo kita pulang kampung
Adam : yah bunda kok gitu sih.. ayo dong ceritain papa waktu kecil gimana
Bunda : tapi janji ya abis bunda cerita kakak harus bobo..
Adam : oke boooss..
Bunda : jadi waktu papa masih kecil badannya kecil, bajunya kecil, celananya kecil, sepatunya juga kecil..
Adam : trus..udahan gitu aja ?
Bunda : iya.. janji kan mau langsung bobo..*senyum kemenangan
Adam : yah itu mah curang..#balik badan meluk guling
*wkwkwkwk...


Manfaat-manfaat mendongeng adalah:
1. Mengembangkan imajinasi anak
Ketika anak berumur 3-7 tahun, mereka cenderung mempunyai imajinasi/dunianya sendiri. Ini merupakan hal yang wajar, karena mereka berada dalam proses perkembangan. Namun, sebagai orang tua sebaiknya bisa mengontrol imajinasi mereka agar menjadi positif, salah satu caranya dengan dongeng.
2. Meningkatkan keterampilan berbahasa
Kemampuan awal yang dimiliki anak adalah kemampuan verbal, sehingga menyebabkan otak kanan mereja lebih berkembang dan kemampuan berbahasanya lebih terampil. Dan dengan kisah dongeng yang positif, bisa membantu anak untuk bertutur kata dalam bahasa yang sopan.
3. Membangun kecerdasan emosional
Pada dasarnya anak kecil sulit untuk belajar tentang berbagai hal yang abstrak, seperti kebaikan kepada sesama. Tetapi dengan dongeng, dapat membantu anak dalam memahami nilai-nilai emosional kepada sesama. Kecerdasan emosional sangat dibutuhkan untuk bersosialisasi dan berbuat baik kepada sesama.

Senin, 07 Januari 2013

Skakmat Papa vs Adam (1)

Menjelang tidur..

Adam : Bundaaa..selimut tangan aku mana ?
Bunda : *nguprek laci plastik diatas meja rias.. yah ga ada kak, makanya kl abis bangun tidur taruh lagi ditempatnya
Papa  : Selimut tangannya ga ada..selimut tangannya kabur, lagian udah gede kok masih pake selimut tangan
Adam : emang selimut tangan punya kaki ? emang selimut tangan bisa lari ?
Papa : eeehhhmmmm...ya ngga pokoknya selimut tangannya menghilang..dia menghilang pokoknya
Adam : trus aku mesti bilang wow gitu ?
#ngakaaak

Kopdar Mak Rempong - Ultah Rae

Tanggal 5 Kemaren Ultah Rae-nya teh Dina..semua mak rempong di undang tapi sayang yang dateng cuma 8 orang tapi 8 orang keluarga aja udah ramenya segitu apalagi kalo semua mak rempong hadir pasti seruuu...
beraangkat kesana bareng Dewi temen kerja dulu yang sekarang malah jd rempong juga, mbak Lidya Fitrian atau kita nyebutnya Malih dan satu orang lagi temen kerjanya teh Dina. Sempet nyasar juga salah keluar tol..harusnya keluar tol BSD, Pamulang, Ciputat kita malah keluar di Tol Pondok Ranji jadi deh tambah lama belom lagi macet yang bikin Andreanya Dewi teriak teriak kelaperan hahaha..

Disana acaranya santai...pertama kali yang dateng mbak Wati atau akrab disapa bunwa, lanjut kita bertiga dan selanjutnya satu persatu dateng ada Diah (dee), Risa (Risoy/mamah), Desi (Desmot) dan terakhir juragan buku Ratih (Rara) lucu kalo lagi pada ngumpul emak2 ngumpul sama emak2, yang bapak2 ya ngumpul sama bapak2 yang kocar kacir cuma anak2nya ada yang main ipad, game, sepeda, duduk2 di tangga hihihi.. ada yang udah beberapa kali ketemu sama mak rempong lainnya, ada juga yang udah tahunan temenan, ledek2an eh malah baru kemaren pertama kali ketemu kaya Rara sama Malih..

Mak Rempong itu anggotanya ada 24 orang tersebar di seluruh indonesia #tsaaah.. ada yang di Medan, Batam, Berau, Bandung, Kudus, Jember, Semarang, Mataram, Malang dan tentu aja peserta paling banyak dari Jakarta dan sekitarnya :D Awal terbentuknya kita kenal di MP (Multiply) dulu..berawal saling add, saling komen, akrab, ledek2an, saweran dan arisan, pokoknya banyak aktifitasnya. Begitu ada FB komunikasi tetep jalan dan terbentuklah Grup Mak rempong sendiri di FB yang berlanjut ke BBG, dan Whatsapp. Meskipun kita belom pernah ketemu sebelumnya tapi begitu ketemu udah kaya kenal lama, akrab dan hangat seperti keluarga kita sendiri.

Ini foto2 kopdar kemaren..



Semoga nanti bisa terwujud kopdar Nasional Mak Rempong dan yang terpenting semoga persahabatan ini tetep terjaga ^^


Minggu, 06 Januari 2013

Liburan Sekolah

Postingan telat, liburannya udah lewat Adam malah sekarang udah masuk sekolah lagi :D
Liburan kemaren mbah dateng sama bude Fitri, pakde Wiwin, mbak Farah dan mas Febi.
Tanggal 22 Desember kita jalan2 ke Taman Mini dan lanjut tanggal 25 Desember jalan2 ke Seaworld.






 nasi uduk ngebekel dari rumah :D




Foto2 yang ke Seaworld ga ada soalnya bunda ga ikut :D

Selasa, 01 Januari 2013

Rujak Serut

Ikutan lagi challenge IDFB yang ke 8..kemaren sempet absen karena kesibukan tapi sekarang  jangan sampe ga ikutan lagi..kali ini challenge IDFB yang ke 8 temanya Rujak. wow..pastinya semua orang tau apa itu rujak dan di setiap daerah pasti punya rujak khas daerah masing-masing.

Challenge kali ini saya ikutan setor Rujak Serut yang biasanya disuguhkan pada acara nujuh bulanan. Sebenernya rujak serut yang disuguhkan pada acara 7 bulanan ini sama seperti rujak serut pada umumnya, isinyapun tergantung daerah masing-masing ada yang memasukkan buah delima, jeruk bali, manggar kelapa muda dan lain sebagainya. Nah karena bahan-bahan campuran rujak diatas sulit ditemui jadi saya cuma memasukkan buah delima dalam bahan bahan rujak lainnya. Dapetin buah delima ini juga susah, setelah muter pasar jatinegara ndilalah mata malah tertuju sama buah delima tetangga yang dibungkus plastik..jadi deh dempetin ibu tetangga buat dapetin buah delimanya hehehe...


Rujak Serut
Bahan :
- 1 buah mangga muda
- 1 buah kedondong
- 1 buah ketimun (buang bagian dalamnya)
- 1 buah bengkoang ukuran sedang
- 1/2 buah nanas (potong kecil kecil)
- 1 buah ubi jalar ikuran sedang
- 1 buah delima (ambil bijinya saja)

Bumbu Rujak :
- 2 keping gula merah (disirir halus)
- 1/2 sdt garam
- 3 buah cabe rawit (atau sesuai selera) - dihaluskan (diulek)
- 5sdm air atau tergantung selera mau agak berkuah atau sedikit aja airnya
- 1 sdm kacang tanah *optional
- 1 Cm terasi goreng *optional
- 1sdm air asam *optional

Cara Membuat :
1. Serut semua buah kecuali nanas dan delima dan aduk jadi satu, sisihkan
2. Rebus gula merah dengan 5 sendok air hingga gula larut, masukkan ulekan cabe rawit dan garam.aduk hingga rata dan mendidih..angkat, biarkan hingga uapnya hilang
3. Masukkan semua buah2an bahan rujak yang sudah dipotong dan diserut aduk rata, masukkan dalam wadah dan simpan dalam lemari pendingin beberapa saat dan sajikan.

*untuk kacang tanah dan terasi saya ga pake karena pengen bumbu rujaknya bening, sedangkan air asam saya juga ga make karena rasa asam sudah didapat dari air buah2an yang masih muda tadi.

* untuk ukuran/takaran gula merahnya sendiri tergantung bentuknya ya..kemaren yang saya pakai gula merahnya bentuk kepingan kecil. Jadi kalo ukurannya lebih besar atau lebih kecil bahan2 yang lain menyesuaikan saja. :)