Senin, 08 Oktober 2012

Tutorial Membuat Ayam Tulip alias Ayam Pentung

Yang lain bikin tutorial hijab disini bikin tutorial membuat ayam pentung hehehhe..

Sebenernya nama aslinya bukan ayam tulip, ada yang nyebut chicken drum stick tp kalo stick kan bayangannya kurus panjang gitu ya..jd kurang cucok hehehe, kalo adam bilangnya ini ayam pentung pentung.. hmmm emang bener sih ya mirip pentungan :D

Bahan dan alat yang diperlukan ;
- Sayap Ayam, cuci bersih (terserah banyaknya seberapa, satu sayap bisa jadi 2 ayam pentung :D)
- 1 butir telur
- Bread Crumbs (remahan roti kering, biasanya sudah dijual dalam bentuk kemasan di spm jadi ga usah susah-susah bikin dari roti tawar dikeringin trus diremes-remes *melet)
- Bumbu (bumbu disini saya cukup pake bawang merah, bawang putih halus dan sedikit merica.. kalo ada bumbu lain ya terserah monggo dipake, bumbunya juga ga banyak cuma sebagai penyedap aja)
- Pisau untuk memotong

Cara Membentuk Ayam Tulip/ Ayam Pentung :

Bentangkan sayap ayam.. disini ada 3 bagian kan.. A, B dan C


Potong jadi 3 bagian pada siku2nya seperti ini.. buang yang bagian C (sayap yang paling kecil)


Untuk membentuk bagian A sangat gampang..cukup iris daging yang menempel diujung tulang bagian atas.. selanjutnya daging yang menempel tinggal ditarik atau bisa juga di kerik dengan pisau hingga semua daging ada di ujung tulang bagian bawah.. sisihkan


Nah untuk yang bagian B memang agak sulit karena disana ada 2 tulang.. caranya, iris daging yang menempel di ujung tulang dan tarik kebawah..


Potong tulang yang menyatu bagian atasnya hingga seperti ini.. 


Tarik /kerik dengan pisau daging yang menempel di tulang hingga ke ujung tulang bawah (jangan sampai lepas) dan potong 1 tulang yang paling kecil..


nanti jadinya seperti ini.. kaya bunga tulip kebalik kan ?


Bagian yang B bentuknya memang lebih kecil..


Nah Cara Membuatnya :
1. Sayap Ayam yang sudah dibentuk dicampur dengan bumbu halus dan garam..campurkan telur kemudian aduk rata.. simpan di lemari es hingga bumbu meresap (kurang lebih 1-2 jam)
2. Keluarkan ayam yang sudah dicampur bumbu dan telur dari lemari es kemudian balur dengan bread crumbs sambil dikepal hingga bread crumbs menempel, lakukan hingga ayam habis.
3. Selanjutnya.. Ayam pentung yang sudah jadi bisa dimasukkan di wadah dan simpan dilemari es.. kalo perlu bisa digoreng dengan minyak banyak dan api kecil.. masak hingga ayam matang

Ini bekal Adam tadi pagi.. isiannya cuma nasi, ayam pentung dan tumis kacang panjang + tauge. Bagian tulang ayam pentung sengaja dilapis aluminium foil biar tangannya Adam ga berminyak.


Semoga bermanfaat :D

6 komentar:

  1. Well noted *kedip*, keknya dibekuin jg bisa ya nel.. simple untuk bekel klo bangun kesiangan.

    BalasHapus
  2. melongo aja ah nel hehehe, ribet ya alias males aku bikinnya. tapi idenya mamoy boleh juga tuh bikinnnya pas liburan ya

    BalasHapus
  3. @mamoy : iya moy bisa dibekuin biasanya sekali beli kan jadi 10 ayam pentung.. nah tiap pagi tinggal goreng deh..
    @mali : iya bikinnya pas hari minggu jadi bisa dijadiin bekel buat anak sekolah :d

    BalasHapus
  4. Disebut drumstick, soalnya kalau di luar negeri orang jualan paha ayam disebutnya jualan drumstick, dan itu modelnya memang paha yang satuan begitu, bukan paha yang berikut "pantat" ayamnya alias "pupu gending".

    Bumbunya kalau dikasih 5 spices yang bumbu Cina itu rasanya makin enak deh. Saya dulu suka dibikinin temen saya dengan bumbu itu.

    BalasHapus
  5. @Ibu Julie : kalo orang sini bilang paha bawah ya bu.. bumbu cina 5 spices ? waduh kaya yang gimana tuh bumbunya ?

    BalasHapus
  6. 5 spices itu kalau nggak salah semacam bumbu gulai gitu deh.

    BalasHapus