Senin, 03 September 2012

Topa' Ladeh

Topa' Ladeh atau dalam bahasa Indonesia Ketupat Ladeh merupakan makanan khas daerah Bangkalan-Madura yang biasanya hanya ada saat lebaran ketupat. Lebaran ketupat ? iya lebaran ketupat atau kita menyebutnya tellasan petto' (lebaran ketujuh) yang dalam artian 7 hari setelah hari raya idul fitri ada lebaran lagi dan inilah yang dinamakan lebaran ketupat.

Saat lebaran besar (hari raya idul fitri) jarang ada yang menyuguhkan makanan dengan bahan utama ketupat justru ketupat hadir memeriahkan saat lebaran ketupat. Semua rumah membuat hidangan dengan bahan utama ketupat, ada soto, opor ayam, ketupat sayur dan topa' ladeh ini dan uniknya antara satu rumah yang lain saling menghantarkan makanan, jadi saat lebaran ketupat dijamin kenyang.


Kembali ke topa' ladeh, pembuatan topa' ladeh ini terbilang cukup unik. kelapa yang sudah diparut kemudian disangrai sampai kering (jangan sampai gosong) kemudian ditumbuk hingga halus dan mengeluarkan minyak setelah itu barulah dicampurkan kedalam kuah kaldu yang sudah dibumbui. Isian kuah ini sendiri bisa jeroan ataupun irisan daging sapi. Penyajiannnya pun unik setelah ketupat dipotong-potong barulah di guyur dengan kuah kaldu tadi dan diberi taburan irisan sambel goreng kentang, bubuk jagung (jagung yang disangrai dan ditumbuk halus), kelapa urap dan bawang goreng. Tak lengkap tanpa sambal ? tenaaang.. jangan khawatir biasanya kalo ingin rasa yang lebih pedas lagi kita tinggal tambahkan cabe rawit yang sudah dikukus dan kita tinggal menggerus diatas piringnya.. sluuurppp



kelapa urap

****************
Copyright :: All Rights Reserved
Registered :: 2012-09-05 14:47:11 UTC
Title :: Topa' Ladeh
Category :: Blog

5 komentar:

  1. Ini ga diikutin idfb challenge 6 mba yu? ketupat termasuk festive rice juga toh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. oh ya ? emang bisa mbak ? apa aku tanya mbak anne dulu ya takutnya salah..

      Hapus
  2. terima kasih atas infonya
    salam sukses
    http;//gunung-air.com

    BalasHapus