Senin, 17 September 2012

Seng Geseng (Sarden Madura)

Satu lagi menu khas Madura, mungkin terdengar aneh tapi ya begitulah namanya. Biasanya menu ini disajikan bersama nasi jagung, sayur bening bayam dan sambal mangga. Kemaren kebetulan ada orang jual teri nasi di pasar rasanya seperti dapet hata karun, biasanya jarang-jarang lho makanya langsung samber.

Nyampe rumah langsung diolah.. resepnya gampang..



Seng Geseng (Sarden Madura)
Bahan :
- 1/4Kg Teri Nasi (bisa diganti ikan tongkol atau cuek pindang)
- 1 siung bawang putih
- 2 siung Bawang Merah
- 1 bh Cabe Merah
- Cabe rawit sesuai selera
- 1/2 Terasi (dari 1 sachet terasi merk A*C)
- sedikit Asam jawa
- Irisan Tomat (lebih mantap lagi tomat madura atau ranti)
- 1 ikat  Daun Bawang - potong kurleb 2cm
- 2sdm Minyak Goreng
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya

Cara Membuat :
1. Alasi wajan dengan daun pisang, tata ikan teri/tongkol/cuek pindang diatas wajan (kalo ibu makenya piring seng jaman dulu) bisa ditambahkan potongan tahu dan tempe, sisihkan
2. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe, asam, dan terasi kemudian tuang diatas tatanan ikan, tuangkan air secukupnya, taburi dengan sedikit garam dan gula, beri irisan tomat dan daun kemangi diatasnya (jangan diaduk) masak dengan api kecil hingga air 1/2nya baru masukkan minyak goreng diatasnya, didihkan lagi sebentar hingga air hampir sat/habis. Matikan api dan sajikan.

* Kalau di madura daun bawang mirip bawang batak/Lokio tp aromanya lebih tajam, karena kemaren ga ada jadi saya ganti daun kemangi.


yang belom tau penampakan tomat madura atau biasa disebut Ranti kaya gini (mungkin tempat lain juga ada sih tapi jarang nemuinnya)

Copyright :: All Rights Reserved
Registered :: 2012-09-17 14:49:23 UTC
Title :: Seng Geseng (Sarden Madura)
Category :: Blog

6 komentar:

  1. Selama ini teri nasi basah cuma aku goreng aja pake telur...he he...thanks for sharing ya mba Nely ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak.. kalo dirumah ya dimasak begini kadang dipepes

      Hapus
  2. Wih... enak nya....

    salam kenal admin blog

    komentakan artikel ini ya...

    http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    BalasHapus
  3. nyamnyaaam~~~ drumahku jg srg bikin gesseng iniii..rasanya mantep banget (^^,)b

    BalasHapus
  4. Aq juga sering buat tapi baru tau kalo dikasi terasi juga.. coba aahh

    BalasHapus