Rabu, 06 Juni 2012

Kue Rangi

Jajanan jadul khas betawi..


Kaget juga waktu mama laporan Adam doyan banget makan kue Rangi sampe abis 2 papan..heh ? kue rangi ? apaan tuh ? sama ga kaya kue pancong ? maklum emaknya kan kelahiran madunten jadi kue semacam ini ga kenal sama sekali.

Kebetulan kemaren ada yang yang lewat depan rumah, langsung aja deh.. cegat !!

Ngobrol ngalor ngidul ma bapaknya, dari bahannya apa aja, seharinya habis ngga sampe ke tempat tinggal bapaknya dimana.. (mo ngapel bu ?) hehehe...

Jadi kue rangi ini bahan dasarnya cuma tepung sagu sama kelapa sedang (ga tua ga muda) yang dipasrah kasar, trus dipanggang di atas cetakan yang mirip kue pancong tapi cetakannya lebih ramping.


Setelah itu baru cetakannya ditutup sampe adonan matang.

Ini baru jajanan tradisonal, jaman udah modern gini si bapak tetep mempertahankan masak pake tungku dan kayu bakar.. kue pancong yang biasa ngider di rumah aja kemana2 yang gelendotan si tabung gas warna ijo itu.. :)


Nah setelah adonan matang, baru atasnya diolesin "saus" gula merah..


cara ngangkat kuenya juga lucu.. pake tusukan besi :D


coba kalo pake daun ya.. pasti lebih wangi, tapi dari pada pake styrofoam mending pake koran bekas :D


Rasanya emang enak dan bikin nagih, ga berasa tambahan zat2 lain kaya pengembang atau apalah itu.. murni cuma rasa sagu dan kelapa..:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar