Minggu, 17 Juni 2012

Arsik Ikan Mas

Dulunya sering denger atau baca soal masakan Arsik yang merupakan makanan khas Batak tapi ga tau rasanya kaya apa, nah pas kopdaran sama mbak pepy yang lagi pulang ke Indonesia kemaren teh Nicke bawain Arsik buat mba pepy, jadilah makan rame2 termasuk Adam yang ternyata doyan banget.

Saking penasarannya sama masakan ini jadilah hunting beberapa bahan yang sebelumnya belom pernah tau penampakan dan rasanya kaya Kecombrang, Andaliman sama Bawang Batak alias Lokio (tukang sayur sebelah rumah nyebutnya lengkio)

Setelah bahan2 semua ngumpul tinggal nunggu hasil pancingan ikan masnya hahaha.. maklum ikan mas di rumah kan saban hari ada, sampe eneg liat yang namanya ikan mas, apalagi kalo hasil pancingan si Om lagi banyak wuiih sampe digelar di depan rumah sapa aja boleh ngambil gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun bahkan tetangga samping kanan samping kiri saking seringnya dikasih ikan mas sampe bilang ke tante " bu, saya jangan dikasih ikan mas lagi ya.. ntaran aja deh kalo anak2 udah ga bosen lagi" wkwkwkwk.. 

Nah kemaren bahan2 udah pada ngumpul semua jadi deh bikin.. resep sesuai rekomendasi dari teh Nicke, pake resep Arsik Ikan masnya Dapur Radissa bisa diliat disana resep aslinya.. dan copy resepnya bisa diliat di bawah ya..

ARSIK IKAN MAS

(untuk 2 ekor ikan mas merah @ 6-8 ons)
Bumbu Halus :
15 siung Bawang Merah
5 siung Bawang Putih
8 butir Kemiri
15 Cabe Merah Keriting ( sesuai selera) - pake 4 cabe merah besar dan 6 cabe rawit *nely
5 cm Jahe
3cm Lengkuas Muda
10cm Batang Sereh bagian Putih nya
3 cm Kunyit tua
1 sdt ketumbar halus

Bumbu pelengkap :
Daun Salam 6 lembar
Daun Kunyit 4 lembar sedang
Lengkuas Tua Geprek
Batang Sereh 10-12 batang
Kuncup Bunga Kecombrang/ Kencong 3 - 5 buah
Andaliman 20-25 butir digeprek
Bawang Batak ( saya nggak tahu nama lainnya, maaf), 150gram
Asam kandis 2 buah
Tomat 2 buah diparut
Garam secukupnya ( dicampur ke bumbu halus)
Gula sedikit *nely

Cara Membuat:
- Susun diatas kuali/wajan, batang sereh yang sudah digeprek, kuncup bunga kecombrang juga yang sudah digeprek, diatasnya taruh beberapa lembar daun salam dan daun kunyit.
- 1/4 bagian bumbu halus dimasukkan ke belahan perut ikan yang sudah dibersihkan, balur ikan dengan sebagian bumbu halus, letakkan diatas susunan alas tadi, siram dengan sisa bumbu halus dan andaliman yang sudah digeprek
- taburkan lagi daun salam, daun kunyit dan lengkuas geprek, asam kandis. beri air sedikit saja, jangan sampai ikan tenggelam.
- Tutup wajan, masak dengan api kecil. setengah masak, taburkan bawang batak dan parutan tomat, tutup lagi
- masak sampai air asat/habis sekitar 1- 2 jam.
- Ikan dibiarkan saja, jangan di bolak balik.

Dan hasilnyaaaaa... taraaaa.... ^^


Buat yang belum tau penampakan bumbu2 khasnya masakan Arsik ini seperti ini

Bawang Batak (Lokio)


Kecombrang/ Honje/ Rias

Andaliman

Bahan atau bumbu2 ini biasanya ada di pasar di tempat bumbu2 batak, biasanya semua udah tersedia.. jadi ga misah2 beli ini disini beli itu disitu..

Selamat menikmati :D



5 komentar:

  1. bawang batak ? serius? baaruu tahu!
    mirip pesmol ya...kuning getu.

    mbak fotomu jan apik mbak. isok saingan mbek Anton ..hahhaah.

    Soal senayan...yupp bener mbak, aku jualan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak mandaaaa...*peluk* iya kata temen yang dari sunda bilangnya mirip acar kuning, pesmol tp mungkin sensasi dari andaliman dan kecombrang bikin beda, bawang batak kayanya di daerah jatim banyak kalo di madura bilangnya "bawang buntok" tapi emang aroma bawangnya lebih terasa bawang buntok sih :D...makasih mbak manda.. ntar tgl 24 aku juga ke senayan kok, sisain kupang lontongnya buat aku yaaaa :))

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca tentang arsik ikan mas.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus
  4. niat banget masaknya mbak
    salam kenal ya.....
    jd malu nih, sbg org batak, arsik jd staple food di rmh,
    tp blm pernah dipoasting di blogku..
    hehehe

    BalasHapus