Minggu, 22 April 2012

Sambal Mlanding

Wihiiiii... ikutan lagi buat IDFB Challenge #4 yang kali ini temanya "SAMBAL" duuh sapa sih yang ga kenal dan ga suka sambal.. Nah kali ini pengen ikutan bersambal2 ria dengan menu 'Sambal Mlanding'.. 


Di Madura Mlanding atau lebih dikenal dengan sebutan Pete Cina bisa jadi hidangan yang lezat mulai dari buah yang masih muda maupun biji2 buah yang sudah tua. Buah2 yang muda biasanya di rebus sebentar terus diperas dibuang airnya dan makannya dicocol sama sambal petis, kacang dan ranti (sejenis tomat). Berhubung buah yang masih muda udah ga ada jadi yang dimanfaatkan untuk sambal adalah biji2 yang sudah tua..


Sambal Mlanding
Bahan : 
- 1 genggam biji mlanding yang sudah dikupas dari kulitnya
- 1 siung bawah putih
- 5 siung bawah merah
- 2 buah cabe merah besar
- 10 buah cabe rawit merah (sesuaikan selara)
- 1 sachet terasi 
- 50gr ikan teri jengki/teri medan - cuci bersih dan goreng kering
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Minyak Goreng

Cara Membuat :
1. Haluskan bawang, cabe dan terasi kemudian tumis sampai wangi.
2. Masukkan ikan teri kemudian biji mlandhing/pete cina aduk dan tambahkan gula dan garam..aduk kembali jangan lupa dicicipi kemudian angkat dan hidangkan dengan nasi panas, beserta lauk lainnya.

Kalo si papa menikmati sambel ini cukup dengan nasi hangat dan daun kemangi aja, itupun nambah terus sampe habis 2 piring...hehehe...kata orang madura.."Arassah Onggu" :)

2 komentar:

  1. baru tau aku kalo lamtoro isok dijadiin sambel, taunya buat botok doang loh mbak...

    BalasHapus
  2. enak mbak dijadiin sambel...cobain deh :)

    BalasHapus