Kamis, 22 September 2011

Onde-Onde

Ini hasil eksperimen bareng ibu waktu liburan kemaren.. Rasa Isiannya enak cuma kurang puas aja sama kulit luarnya, menurutku kurang "ngetan" (kurang berasa ketannya). bentuknya sih udah bagus dan waktu digoreng ga' "meletus" *balon kaliii* 

Menurut ibu kalo kulit luarnya dari ketan semua waktu di goreng bakalan jelek dan banyak yang bocor... iya juga sih ngeliat Onde2 langganan yang rasanya udah yahud menurutku dan berasa ketannya bentuknya emang kurang cantik :D


Resepnya nyusul ya..contekannya ketinggalan di rumah :D
Ini dia resepnya..
Bahan Kulit :
- 1/2Kg tepung ketan
- 2sdm tepung beras
- 1 gelas kecil gula halus (ukuran gelasnya kira2 1/3 ukuran gelas blimbing)
- 1/4Kg kentang (kukus dan lumatkan hingga halus)
- 4btr kuning telur 
- Garam secukupnya
- Air secukupnya
- 200gr wijen


Bahan Isian :
- 1/2Kg Kacang hijau kupas, rendam kurleb 1 jam kemudian kukus hingga matang, setelah matang selagi hangat haluskan dan tambahkan gula halus. Untuk takaran gula halusnya terserah anda gampangnya cicipin aja tingkat kemanisannya sesuai selera kalo udah dirasa pas tinggal di bentuk bulat2. Ukuran juga terserah mau besar kecil monggooo... 


Cara Membuat Kulit Onde-onde :
1. Kocok gula halus dan kuning telur sampai tercampur rata, kemudian masukkan bahan2 lain   aduk rata kembali, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan bisa dibentuk.
2. Ambil sedikit adonan kulit, bentuk bulat dan pipihkan. Isi dengan isian kacang hijau lalu tutup dan bulatkan kembali sampai kacang hijau terbungkus seluruh adonan kulit. Lakukan hingga adonan kulit habis.
3. Taburkan wijen dalam loyang lebar, taruh beberapa buah onde2 dan lakukan seperti gerakan mengayak (memutar juga boleh) hingga onde2 menggelinding dan kulitnya tertutup oleh wijen. 
4. Panaskan minyak kemudian goreng onde2 hingga berwarna kuning kecoklatan.. Minyaknya yang banyak ya sampai onde2nya terendam, metode gorengnya deep fried gitu kali ya..


*kalo liat onde2 jadi inget guyonan guru SD dulu, kata bule orang Indonesia itu rajin2 buktinya sanggup nempelin wijen satu2 ke kulit onde2..:P*


Sebelum digoreng..



9 komentar:

  1. seperti biasa aku nyicipi testernya aja deh :)

    BalasHapus
  2. Mbak aku punya pertanyaan banyak neh:

    1. Bener tah sampeyan penasaran sama wajahku?
    2. Sekarang sudah tahu yah?
    3. Dan ini serius, aku pernah bikin onde-onde bagus imut gethu, pas tak angkat mimpesssss, hayo kenapaaa?????

    BalasHapus
  3. OMG ! That's Delicious look and yummy recipes. awesome posting

    BalasHapus
  4. @Lidya : yaaah testernya cuma foto doaaang :D

    BalasHapus
  5. @mbak Manda :
    1. Ho'oh penasaran banget..saiki penasaran pengen ngerasain kupang lontongnyah..:P
    2. uwiiis hhihihi berkat kulinus..coba gitu mbak foto bareng sahrukh khan-nya...:P
    3. kaget paling..lho yang ngegoreng kok onde2 juga hahahaha...piss mbaaak mandaaaa kalo mau marah sambit pake sepiring kupang lontong aja yaaa...

    BalasHapus
  6. B&B Brugge : thanks for your visit :)

    BalasHapus
  7. OOT aku mau lontong kupang.. #ditimpukondesatuloyang

    BalasHapus
  8. @Julia : kemaren ke surabaya udah nyicipin belom ? aku dong udaaaah sekali makan 3 piring haghagahag..

    BalasHapus
  9. mbak kok aku goreng onde2 meletus terus ya?? apa musti pake kentang?? kelihatannya ribet kalo pake kentang...

    BalasHapus