Minggu, 21 Agustus 2011

Garang Asem Ayam

Udah lama pengen bikin garam asem lagi..dulu pernah bikin yang pake santen kali ini pengen yang ga' pake santen, dan ketemulah resep garang asem di blognya mbak Rachmah aslih mantep banget, bikinnya juga gampang banget..tinggal cemplang cemplung hihihi..*ini yang paling kusuka*


abis dikukus.. rasanya segeeer, papa doyan banget apalagi kalo dipedesin..bikin nagih katanya :D kalo diresep aslinya pake ampela, ati dll aku cuma pake daging ayam aja..enak kali ya kalo ada tambahan ati ampelanya #sluurrrp..



Resep kucopy disini ya...

Garang Asem ala mbak R ;)
Bahan:
1 bh Ayam,tanpa kepala, besar sedang saja, bersihkan semua lemaknya, potong2 kecil
5 bh jamur champignon segar, potong2
1 buah tomat hijau, potong memanjang agak tipis
6 buah belimbing wuluh,iris bulat-bulan2 buah cabe hijau, iris bulatan kasar
8 buah cabe rawit merah,buang tangkainya
1 ruas jari laos, iris-iris tipis
5 siung bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
2 batang serai
6 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
2 lbr daun salam, sobek-sobek
1/2 sdt garam
1 sdt gula
1 sdm kecap ikan

Caranya:
1. Panaskan kukusan, hingga airnya mendidih
2. Sediakan wadah tahan panas, saya gunakan loyang teflon persegi. Tata semua bumbu didalamnya, beserta potongan ayam dan jamur, bumbui garam, gula dan kecap asin. Aduk-aduk rata, tata rapi.
3. Siram dengan air , tergantung selera, mau kuah banyak ya , beri saja air asal semua tergenang secukupnya.
4. Kukus hingga kurleb 25 menit. Angkat wadah , siap disajikan dengan nasi pulen dan sambel kecap cabe rawit

4 komentar:

  1. belum buka puasa jadi gak bisa nyicipi

    BalasHapus
  2. seger bgt ya.... eh mbak, sampeyan tibake koncoe anton tah...oalaaaa mbulet tibae

    BalasHapus
  3. iya hahaha..anton temen itu adik tingkat sekaligus temen satu club :D

    BalasHapus