Minggu, 21 Agustus 2011

Garang Asem Ayam

Udah lama pengen bikin garam asem lagi..dulu pernah bikin yang pake santen kali ini pengen yang ga' pake santen, dan ketemulah resep garang asem di blognya mbak Rachmah aslih mantep banget, bikinnya juga gampang banget..tinggal cemplang cemplung hihihi..*ini yang paling kusuka*


abis dikukus.. rasanya segeeer, papa doyan banget apalagi kalo dipedesin..bikin nagih katanya :D kalo diresep aslinya pake ampela, ati dll aku cuma pake daging ayam aja..enak kali ya kalo ada tambahan ati ampelanya #sluurrrp..



Resep kucopy disini ya...

Garang Asem ala mbak R ;)
Bahan:
1 bh Ayam,tanpa kepala, besar sedang saja, bersihkan semua lemaknya, potong2 kecil
5 bh jamur champignon segar, potong2
1 buah tomat hijau, potong memanjang agak tipis
6 buah belimbing wuluh,iris bulat-bulan2 buah cabe hijau, iris bulatan kasar
8 buah cabe rawit merah,buang tangkainya
1 ruas jari laos, iris-iris tipis
5 siung bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
2 batang serai
6 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
2 lbr daun salam, sobek-sobek
1/2 sdt garam
1 sdt gula
1 sdm kecap ikan

Caranya:
1. Panaskan kukusan, hingga airnya mendidih
2. Sediakan wadah tahan panas, saya gunakan loyang teflon persegi. Tata semua bumbu didalamnya, beserta potongan ayam dan jamur, bumbui garam, gula dan kecap asin. Aduk-aduk rata, tata rapi.
3. Siram dengan air , tergantung selera, mau kuah banyak ya , beri saja air asal semua tergenang secukupnya.
4. Kukus hingga kurleb 25 menit. Angkat wadah , siap disajikan dengan nasi pulen dan sambel kecap cabe rawit

Senin, 15 Agustus 2011

Virus Males

Bulan puasa ini ntah kenapa semangat masak dan motret malah ga' ada sama sekali..sampai hari ke-16 ini total masakan yang berhasil keluar dari dapur cuma soto ayam, rawon, chap chay, puyunghai, martabak telur, cumi asin tomat ijo, tahu isi dan kolak..itu juga kalo dihitung2 cuma 4 hari aja..sisa hari yang lain cuma ngandelin warung2 makan aja *mewek* 

Semangat motret juga blas ga' ada..padahal kan udah ada Neil tapi ntah kemana yang namanya semangat itu, kalo dibilang kecapean mungkin juga sih..kantor ga' ngasih toleransi yang gimanaaaa gitu pas ramadhan ini, apalagi aku sering cabut dari kantor jam setengah 6, otomatis buka puasa di jalan..buat lanjutin dirumah cuma beli gorengan sama bubur mutiara, abis itu lanjut masak nasi bentar trus lanjut taraweh abis taraweh biasanya beli lauk dulu di luar sekalian juga beli lauk buat sahur baru abis itu makan malem, makan aja kadang males kadang ngga'.. 

Sama juga buat sahur..paling cuma ngangetin lauk sembari ibadah sunnah baru sahur berdua papa. Itupun sahur ga' semangat tapi mendingan sih ketimbang tahun2 kemaren biasanya sahur cuma minum trus tidur lagi sampe subuh. Sekarang lumayan perut bisa diisi pagi2 tapi tetep porsinya cuma 2 sendok nasi yang berhasil masuk. 

Begituuu terus tiap harinya, sabtu minggu gimana ? sabtu minggu libur cuma pas minggu pertama aja itupun masak cuma rawon, kolak, tahu isi, dan martabak..kalo buat lauknya adam ga' usah dihitunglah..dia mah cuma sayur bening2 aja ma tempe atau tahu putih kukus juga udah mau. Minggu kedua ramadhan malah lebih parah lagi hari minggu tetep masuk kerja..*iiissshh* hasilnya hari senin langsung kliyengan, pucet bin ngantuk hahahha...

Ya Allah semoga si semangat cepetan dateng lagiii.. kasian Neil lama dianggurin padahal belinya juga butuh perjuangan :D

yang berhasil diabadikan cuma cumi asin tomat ijo doang..