Selasa, 26 April 2011

Zoupa Soup

Kepengen bikin Zoupa soup ini dah lamaaaa banget, cuma belom terlaksana karena belom ketemu puff pastry yang langsung pakai..hehehe..*emoh kalo suruh gilas menggilas..:P* Nah kebetulan dikasih tau mbak Dwi Sugiarti Juragan Pasta kalo di Berkat ada dan posisinya ada di kotak es krim...owalaaaah...bolak balik ke berkat ternyata si puff pastrynya disitu posisinya, maklum kemaren2 cuma celingukan ke tempat whipcream aja..:D. Jadilah begitu pas ada kesempatan langsung nyetock puff pastry... yang aku pilih Puff Pastry merk Edo, ada sih merk lain yang katanya lebih bagus dan lebih mahal..tapi pas aku cek kemasannya ntah mataku yang siwer tak priksa bolak balik ga' ada tulisan halalnya jadi ya tetep pilih yang merk Edo.

Nah minggu kemaren kondangan ke daerah Halim sana kebetulan ada menu Zoupa Soup ini, Adam doyaaaan banget. Diabilang Sop yang ada susunya hihihihi..jadilah begitu ada kesempatan (alias bos ga' masuk) aku pulang cepet dan bikin Zoupa Soup ini buat Adam.

Takarannya kira2 aja..isiannya juga terserah sesuai selera. Pengennya mo diisi ayam dan jagung pipil tapi ngeliat kondisi jagungnya kok ya mengenaskan jadinya memanfaatkan jamur kalengan yang di rumah aja.

Zoupa Soup
Bahan :
- Dada Ayam - Rebus sampai matang kemudian potong dadu, Air rebusannya simpen dulu.
- Jamur kalengan - makenya segenggam
- 1 siung bawang putih (ukuran keciiil) keprek dan cincang halus
- 1/2 bh bawang bombay - rajang halus
- Margarin untuk Menumis
- Tepung Terigu
- Susu Cair
- Garam
- Gula
- Lada Bubuk
- 1 butir kuning telur, kocok lepas untuk olesan
- Puff Pastry, potong kotak kira2 seukuran mulut mangkok

Cara Membuat :
1. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi kemudian masukkan lada bubuk dan tepung terigu..aduk sampai tepung menggumpal kemudian masukkan kaldu ayam (air rebusan ayam) aduk rata.
2. Masukkan bahan isian (ayam dan jamur kaleng) aduk rata, kemudian masukkan susu cair. Aduk sampai kuah sedikit mengental dan matang. Angkat. *jangan lupa dicicpin dulu pas apa ngga' rasanya*
3. Tuang Soup kedalam mangkok tahan panas (jangan terlalu penuh) dan tutup dengan puff pastry, olesi atasnya dengan kuning telur
4. Panggang soup dalam oven dengan suhu tinggi, aku pake suhu 210C, panggang hingga puff pastry mengembang dan berwanan kuning kecoklatan..:)

yang ini puff pastrynya masih setengah mateng.. kurang merekah lapisannya.. #cangkir kesayangan papa jadi korban# :))

*Untuk isian terserah mo pake apa aja, sosis, smoke beef, jamur, jagung pipil, ayam atau apaaa aja terserah.
*Beda tangan beda hasil..;)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar