Selasa, 26 April 2011

Zoupa Soup

Kepengen bikin Zoupa soup ini dah lamaaaa banget, cuma belom terlaksana karena belom ketemu puff pastry yang langsung pakai..hehehe..*emoh kalo suruh gilas menggilas..:P* Nah kebetulan dikasih tau mbak Dwi Sugiarti Juragan Pasta kalo di Berkat ada dan posisinya ada di kotak es krim...owalaaaah...bolak balik ke berkat ternyata si puff pastrynya disitu posisinya, maklum kemaren2 cuma celingukan ke tempat whipcream aja..:D. Jadilah begitu pas ada kesempatan langsung nyetock puff pastry... yang aku pilih Puff Pastry merk Edo, ada sih merk lain yang katanya lebih bagus dan lebih mahal..tapi pas aku cek kemasannya ntah mataku yang siwer tak priksa bolak balik ga' ada tulisan halalnya jadi ya tetep pilih yang merk Edo.

Nah minggu kemaren kondangan ke daerah Halim sana kebetulan ada menu Zoupa Soup ini, Adam doyaaaan banget. Diabilang Sop yang ada susunya hihihihi..jadilah begitu ada kesempatan (alias bos ga' masuk) aku pulang cepet dan bikin Zoupa Soup ini buat Adam.

Takarannya kira2 aja..isiannya juga terserah sesuai selera. Pengennya mo diisi ayam dan jagung pipil tapi ngeliat kondisi jagungnya kok ya mengenaskan jadinya memanfaatkan jamur kalengan yang di rumah aja.

Zoupa Soup
Bahan :
- Dada Ayam - Rebus sampai matang kemudian potong dadu, Air rebusannya simpen dulu.
- Jamur kalengan - makenya segenggam
- 1 siung bawang putih (ukuran keciiil) keprek dan cincang halus
- 1/2 bh bawang bombay - rajang halus
- Margarin untuk Menumis
- Tepung Terigu
- Susu Cair
- Garam
- Gula
- Lada Bubuk
- 1 butir kuning telur, kocok lepas untuk olesan
- Puff Pastry, potong kotak kira2 seukuran mulut mangkok

Cara Membuat :
1. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi kemudian masukkan lada bubuk dan tepung terigu..aduk sampai tepung menggumpal kemudian masukkan kaldu ayam (air rebusan ayam) aduk rata.
2. Masukkan bahan isian (ayam dan jamur kaleng) aduk rata, kemudian masukkan susu cair. Aduk sampai kuah sedikit mengental dan matang. Angkat. *jangan lupa dicicpin dulu pas apa ngga' rasanya*
3. Tuang Soup kedalam mangkok tahan panas (jangan terlalu penuh) dan tutup dengan puff pastry, olesi atasnya dengan kuning telur
4. Panggang soup dalam oven dengan suhu tinggi, aku pake suhu 210C, panggang hingga puff pastry mengembang dan berwanan kuning kecoklatan..:)

yang ini puff pastrynya masih setengah mateng.. kurang merekah lapisannya.. #cangkir kesayangan papa jadi korban# :))

*Untuk isian terserah mo pake apa aja, sosis, smoke beef, jamur, jagung pipil, ayam atau apaaa aja terserah.
*Beda tangan beda hasil..;)




Senin, 18 April 2011

Special Cheese Cake for Nita

Pesenan dari mbak Nita (temen kantor) untuk ultahnya yang jatuh pas hari ini (19 April). Base cakenya seperti biasa Special Cheese Cake, toppingnya sesuai request pake buah2an aja.. masalah pagernya diserahkan ke aku mo dipagerin apa kuenya. Pertamanya mo dibikin pager dari coklat putih yang dihias pake bunga2 dari coklat warna warni (bingung toh..coklat kok warna warni hihihi) tapi ternyata lupa ga' beli plastik  mikanya, sementara plastik mika yang dirumah tebel banget jadi kaya'nya ga' bisa. 

Sebenernya bikin kue ini persiapannya dah mateng (ceileee bahasanyaa..) bahan2 juga udah ada tapi ternyata pas mo bikin kue ini kendalanya banyak..Pertama, pulang kerja kemaleman, nyampe rumah jam setengah 8. Kedua, mati lampuuu..(ajiiib) untung cepet nyala pas jam setengah 10 malem. Jam setengah 12 udah kelar urusan kue dan pesenan amris pengennya sekalian dipagerin ndilalah pas ngetim coklat putihnya kelamaan soalnya disambi nemenin Adam yang ga' tidur2 jadinya bukan encer tapi padet det.. Inget2 kaya'nya punya stock Stikko Finger ealaaah ternyata ga' cukup ngelilingin kuenya.. bener2 semalem puyeeeng banget, akhirnya tarik nafas dalam2..masukin kue ke kulkas..beresin dapur..nyuci loyang dan baskom2 trus tidurrr...

Jam 4 bangun beberes dapur baru deh goreng amris dulu sementara otak mikir "nih kue mo dipagerin apaan....? akhirnya "cliiing" yes ada ide tapiiiiii coklatnya ga' meleleh sempurna masih banyak yang ngegrindel jadi pas dikeluarin jalannya ga' mulus akhirnya taruh dulu..sholat subuh dulu trus beresein amris yang udah digoreng semua baru ngadepin kue lagi...

Akhirnya karena mepet udah jam setengah 6 langsung semprot aja tuh coklat dipinggiran atas kuenya ealaaah kok melelehnya cantik hehehehe..jadinya diterusin sampe sekelilingnya..;) abis itu baru 
nemplokin buah2annya..dan jadinya taraaa...



Minggu, 10 April 2011

Kebab Isi Ayam Saus Mangga

Udah lamaaa banget pengen makan kebab, sebenernya di deket rumah banyak yang jualan tapi kalo beli tiap hari kan lama2 tekor juga hehehe... yang aku pengen itu bikin kulit kebab sendiri trus isiannya bisa diisi macem2 sesuai selera. Saking penasarannya nyoba beli kulit kebabnya aja ke kedai2 yang jual kebab di pinggir jalan tapi ga' boleh..*singh* trus nyoba hunting resepnya tapi kok ya gimana yaaa...*males* akhirnya googling nyari yang jualan kulit kebab dan Alhamdulillah dapeeeet...

Tapi meski dapet tempatnya jauh ternyata, pertama ketemuan di pondok kelapa eh ternyata orangnya lagi ga' jualan jadilah kita (aku, papa & adam) gerimis2 ke pabriknya langsung di daerah pondok bambu sana.. ga' tanggung2 langsung nyetock 2 pack hehehehe..kan kata orangnya asal nyimpennya di freezer bisa tahan 3 bulan..cukup juga kan kalo tiap hari sarapan kebab..;)

Besoknya mulai berkreasi.. isian versiku kuiisi ayam fillet plus saus mangga ga' lupa juga ada lettuce, sedikit saos plus mayonese juga. rasanya ?? hampir samalah  kaya makan chicken pocketnya A&* cuma beda di kulitnya aja, kalo yang disana kulitnya lebih tebel dan empuk..kalo yang ini karena tipis jadi sedikit crispy kalo manggangnya garing hehehehe...

untuk ayamnya cara ngolahnya :
Ayam fillet yang sudah dipotong memanjang aku bumbui bawang putih bubuk, lada dan sedikit garam..biarkan 30 menit (atau semaleman) biarkan sampai bumbu meresap. kemudian siapkan tepung terigu, air, garem sedikit dan telur kocok, aduk jadi satu..celupkan ayam fillet yang sudah dibumbui kedalam campuran tepung kemudian gulingkan diatas tepung roti..goreng sampai mateng, biar cantik warnanya apinya kecil aja dan gorengnya deep fried.

Untuk saus mangganya : mangga matang (kemaren pake mangga gincu) trus blender halus, masukkan kedalam plastiksegitiga dan gunting ujungnya..sisihkan

Cara nyiapin kebabnya : keluarkan kulit kebab dari freezer dan panggang diatas wajan yang sudah diolesi sedikit margarin, panggang sampai ada gelembung2 kecilnya, kemudian lakukan pada sisi yang lain..dan angkat..Bentangkan kulit kebab isi dengan sayuran, kemaren aku pake lettuce, tata ayam gorengnya dan semprotkan dengan saus mangga, mayonese dan kalo pengen pedas tambahkan saos cabenya.. lipat atau gulung kemudian sajikan..:) Praktis kaaaan ?


*beda tangan beda hasil*