Minggu, 20 Februari 2011

Sus Buah

Kangen kue sus bikinan ibuku yang gede2 nyempluk ditambah lagi vla yang nikmat tiada bandingannya..slurrrp.. Mengobati rasa kangen akhirnya bikin sendiri, bedanya cuma di Vlanya aja..sama2 enak tapi masih penasaran sama vla bikinan ibu..

Resep untuk kulit susnya sama kaya' yang pernah aku bikin dulu, liat disini resepnya cuma isi vlanya aku bikin sesimple mungkin, soalnya bikinnya aja jam 3 sore dan itupun buru2 ngejar sinar matahari biar dapet foto yang lebih cantik..daaan bentuk susnya ga' cuma bulet2 tapi aku bentuk keranjang  pake cetakan muffin..hehe


Kue Sus
Sumber: 52 Kue Populer by Sedap Sekejap

Bahan-bahan kulit:
100 gr margarine
200 ml air
1/2 sdt garam
125 gr terigu protein tinggi *aku pake yang protein sedang - kunci biru*
4 butir telur
1/2 sdt baking powder

Cara Membuat :
1. Sus: Rebus air, margarin, dan garam sambil diaduk sambil mendidih. Matikan api, masukan campuran tepung terigu dan tepung terigu yang sudah diayak. Aduk sampai bergumpal. Nyalakan api kecil. Masak sampai kalis. Angkat dan biarkan hangat.
2. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok rata. Masukan keplastik segitiga yang digunting ujungnya
3. Semprot adonan mengelilingi cetakan muffin yang sudah diolesi margarin.
4. Oven 30 menit dengan suhu 200 derajat celcius. 

Tips biar Susnya mekar, tinggi dan kokoh kalo aku pertamanya pake api bawah dulu baru setelah adonan naik baru pake api atas bawah dan biarkan sampe bagian atasnya berwarna sedikit kecoklatan..baru angkat. 
Kadang lamanya ngoven tergantung dari jenis masing2 oven karena tingkat kepanasan masing2 oven bisa saja berbeda, jadi ga' saklek harus 30menit..bisa lebih atau bisa juga kurang dari 30 menit..:)

Resep untuk Vla (takarannya pake feeling jd kira2 aja)
- 250ml Whipped cream cair (pake merk anchor)
- 125ml susu cair
- Gula (lupa berapa sendok tp ukur sendiri tingkat kemanisannya)
- 1/2 sdt Vanili bubuk 
- 1 1/2 Sdm tepung maizena
- 1 1/2 Sdm tepung terigu
- 2 kuning telur


Cara Membuat Vla :
1. Didihkan Whipcream cair, 75 susu cair dan gula sambil terus diaduk lalu masukkan vanili bubuk aduk rata.
2. Campurkan 50ml susu cair dengan tepung terigu dan tepung maizena aduk rata sampai tidak bergerindil lalu masukkan kedalam campuran whipcream dan susu cair, aduk cepat, ambil satu sendok adonan dan masukkan kedalam kuning telur, aduk rata dan tuang ke dalam adonan vla, masak hingga meletup-letup, angkat dan masukkan kedalam plastik segitiga.
3. Ambil kulit sus, kemudian semprotkan vla kedalamnya..hias atasnya dengan buah2an sesuai selera.. kemudian olesi atasnya dengan agar2 biar cantik dan mengkilap.. Karena kemaren buat konsumsi sendiri jadi ga' diolesin agar2 cuma dihias pake kiwi, cherry dan jeruk..:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar