Senin, 12 Desember 2011

Rujak Bubur

Yup...satu lagi makanan khas Madura yang terkenal khususnya di daerah Pamekasan, Rujak Bubur atau di daerah sana terkenalnya "Rojak Tajin" Rojak = Rujak, Tajin = Bubur... Buat saya ini makanan istimewa jadi wajib ada tiap bulan puasa, selain Kue mentu tentunya. Buka puasa tanpa Rujak Bubur dan Kue Mentu kurang afdol rasanya buat saya hehehe..

Rujak Bubur ini, merupakan Bubur beras yang dimasak dengan santan hingga lunak kemudian bila suka bisa ditambahkan irisan potongan bawang daun (bukan bawang prei) dan sedikit garam.. Hhmmm... wangi dan gurih pokoknya..

Untuk bumbu rujaknya hanya dari Petis Ikan yang diulek dengan cabe rawit, sedikit garam dan gula, dan kalo suka bisa ditambahkan tomat atau sedikit air. Lalu diatas bubur bisa ditambahkan cacahan timun dan tauge matang. Tinggal guyur deh atasnya dengan Bumbu rujaknya...*Sluurrrp*



Waktu masih kecil (sekarang juga) cara asyik menikmati bubur tidak usah menggunakan sendok, cukup pake kripik singkong sebagai sendoknya..sekali hap sendok kripiknya juga ikutan dimakan... hehehee...


Minggu, 11 Desember 2011

Sate Bumbu

Sepintas mirip Sate Maranggi, Bahan utama yang dipakaipun sama yaitu daging sapi has dalam tapi dari bumbu dan rasa jauh berbeda. Resep sate ini merupakan resep turun temurun dari buyut, mbah dan ibu yang selanjutnya tentu saja diturunkan pada saya hehehe... Kalo di Madura orang-orang menyebutnya Sate Plappa.. Plappa sendiri artinya bumbu..:)


Sate Bumbu
Bahan :
- 1/2 Kg daging sapi has dalam - potong dadu kira2 1,5 - 2 Cm

Bumbu  :
- 6 Cabe merah besar - haluskan
- 5 Siung bawang putih ukuran sedang - haluskan
- 3 Siung bawang merah - haluskan
- 3bh Kemiri (goreng sebentar) - haluskan
- Asam jawa secukupnya - haluskan
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Kecap Manis secukupnya
- 2sdm Minyak Goreng

Cara Membuat :
1. Potong dadu daging sapi kemudian campur dengan bumbu halus, garam, gula, kecap manis dan minyak goreng.. diamkan kurang lebih satu jam sampai bumbu meresap.
2. Tusukkan 5bh daging sapi yang sudah dipotong2 sampai daging habis.
3. Bakar sate sambil sesekali diolesi sisa bumbu sampai matang (kalo dirasa kurang manis..olesen sisa bumbu bisa ditambahkan kecap manis :) Angkat dan hidangkan..

Minggu, 20 November 2011

Putri Mandi Ketan Hitam

Dalam rangka pengen nyetor buat Indonesian Food Blogger (IDFB) Challenge Chapter 2 yang tema kali ini "Indonesian Snack"... Dulu yang Chapter 1 ga' sempet ikutan jadi yang ini kudu bin harus hehehe...

Sebenernya Putri Mandi kaya' kue bugis disiram santan kental sih ya..*lha kok malah nanya* Kenal kue ini waktu si mbah sering julaan dulu... Kalo kue bugis di madura namanya "Pespes" bikinan si mbah enaaak banget, warnanya ijo cantik dari warna pandan suji. Berhubung rumah kondisinya masih kaya' kapal pecah (masak kemaren umpel-umpelan ma sofa, ember, kipas angin xixixii *curcol*) jadi pake ketan item ajalah.. hasilnya lumayan.. Resep dapet di Sajian Sedap cuma isinya tetep pake versinya si mbah..


Bahan bahan :
Bahan Kulit : 
- 125Gr Tepung Ketan Hitam
- 75Gr Tepung ketan putih
- 1/4 sendok teh garam
- 30Gr gula pasir
- 2 Sendok makan minyak goreng
- 200ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa

Bahan Isi : 
-100Gr Kelapa sedang parut
- 50Gr Gula merah, sisir
- Garam secukupnya
- 50ml Air
- 1lembar Daun pandan

Bahan Kuah :
-750ml Santan dari 1 butir kelapa
- 1lembar daun pandan, ikat
- 1 sdt Garam
- 1 1/2 sdm tepung beras
- 1 1/2 sdm tepung sagu

Cara Membuat :
1. Isi : Masak air, gula merah, garam dan daun pandan hingga gula larut, Angkat dan saring. Campur air gula dengan kalapa parut, masak diatas api kecil sambil diaduk hingga air habis. Angkat dan dinginkan. Bentuk adonan bulat kecil-kecil dan sisihkan.
2. Kulit : Campur tepung ketan putih, tepung ketan hitam, garam dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan minyak goreng. Aduk rata. Tuang santan hangat sedikit sedikit sambil diuleni sampai kalis. 
Ambil sedikit Adonan kulit, pipihkan dan beri isi. kemudian tutup dan bentuk bola-bola. Kukus 10 menit dengan api kecil sambil sesekali dibuka sampai matang. Angkat dan sisihkan.
3. Kuah : Campur semua bahan kuah dan masak sambil terus diaduk sampai meletup-letup.
4. Penyajian : Tata bola ketan diatas mangkuk dan siram dengan kuah. Sajikan.

Mo tau snack2 keren lainnya yang ada di Indonesian Food Blogger (IDFB) Challenge 2 ? cekidot...:)

Kamis, 10 November 2011

Cumi Bakar

Ceritanya.. si gembul Jr. ketagihan cumi bakarnya warung "Echo" ketimbang beli seporsi dapet sebiji harganya 15 ribu mending bikin sendiri. Pertamanya ga' ada niat sama sekali tapi entah kenapa yang senior kok kaya'nya ngebet banget pengen beli Cumi trus dibakar sendiri *jelas kan sekarang siapa yang sebenernya ketagihan..:P*

2 Hari datengin 3 pasar ga' dapet juga cumi yang seger akhirnya semalem ketemu juga.. langsung pilih yang agak jumbo.. Seperti biasa takaran pake kira2 

Bahan :
- Cumi Cumi - kemaren beli 1/2 Kg dapet 4 ekor.. lumayan kan ;)
- 1 batang sereh, dikeprek 
- 1Lbr daun salam
- Garam secukupnya
- Gula merah/ gula pasir secukupnya
- Kecap manis secukupnya

Bumbu halus :
- Bawang merah
- Bawang putih
- Jahe secukupnya
- Lengkuas secukupnya
- Kunyit secukupnya
- ketumbar sedikit

Cara membuat :
1. Bersihkan cumi-cumi dari kotoran dan tintanya..sisihkan
2. Panaskan margarin dan masukkan bumbu halus, daun salam, sereh, gram, gula dan kecap manis.. tumis sampe wangi.. rasa tergantung selera ya.. mo agak manis boleh mo agak asin boleh.. tumis hingga bumbu agak kesat dan *masukkan cumi-cumi, aduk rata hingga berubah warna..Angkat
3. Potong atau kerat cumi-cumi jangan sampai putus kemudian bakar hingga matang sambil sesekali diolesi sisa bumbu. *maksudnya biar cumi yang dibakar matang sampe kedalem2nya*

* Cumi dimasak bersama bumbu dimaksudkan agar bumbu sedikit menyerap dan cumi jadi setengah matang.


Hasilnya Yummy.. tambahin nasi anget dan dicocol di Sambel kecap...beuh mantep !! 


Senin, 07 November 2011

Jalan-Jalan

Hasil jalan-jalan ke Lippo Cikarang libur Idul Adha kemaren :D


Senin, 24 Oktober 2011

Donat Kentang

Adam lagi doyan donat.. tumben2an dibeliin 2 buah donat kentang abis. Nah minggu kemaren dia ga' kebagian donat jualannya tetangga jadi bunda bilang ntar siang bunda bikinin donat yang banyak buat Adam... 

Siang2 bak bik buk sendirian di dapur.. ga' pake lama setelah donat dah ngembang langsung deh digoreng. Sebagian ada yang dibolongin sebagian cuma dibentuk bulet. Rencana mo dibikin sate donat buat Adam dan teman2 mainnya.. ealaaaahh ternyata temen2nya yang mainan di depan rumah buanyaaak hehehehe...ga' jadi deh dibikin sate donat jadinya per anak cuma dapet 1 biji doang.. Adam abis 4, papa ga' keitung abis berapa sebagian dibagiin juga ke tetangga dan ke rumah mama.. bikin satu resep dapetnya 20biji...


Donat kentangnya pake resepnya NCC ya..enaaak empuk menul2..:D

Nasi Merah

Udah kapan hari beli beras merah tapi kelupaan terus mau dimasak, selain itu juga bingung lauk yang cocok buat  nemenin si nasi merah apaan soalnya belom pernah nyobain nasi merah. Nah sabtu kemaren diajakin papa mo badmintonan dan keingetan tuh ma si beras merah enak kali ya kalo papa ntar dibawain bekel timbelan gitu. Setelah nanya temen dikasih tau kalo gandengan yang enak itu ya kek ayam goreng, tahu, tempe, ikan asin dan sambel lalapan..:)


Pulang kerja panas2 ke pasar..sayang ga' dapet tahu yang bagus jadi temennya seadanya aja.. ada Ayam goreng bumbu kuning, tempe goreng (yang diungkep bareng ma Ayam beserta bumbunya), sambel dan daun selada. Begitu semua udah beres eh ga' taunya si papa ngasih tau kalo ga' jadi badmintonan. Ya udah akhirnya timbelannya nunggu papa pulang ke rumah...:)

Alhamdulillah papa ma Adam suka, Adam langsung abis dikasih seporsi, papa malah sampe nambah 2 kali hehehe...


Jumat, 14 Oktober 2011

IFP - Onde Onde

Hehehehe maap yang ini di repost lagi buat ngikutin Indonesian Food Party aka IFP yang didedengkotin sama Tata si Master bento *siap2 ditimpuk food pick se container* 




Akhir2 ini lagi sibuuuk banget ngurusin ini itu jadi waktu di dapur emang dikurangin, sebenernya kasian juga kalo tiap ke dapur ngeliat oven, mixer dan kawan2nya kaya'nya sediiih gitu wajahnya minta dipeluk..:P

Seperti cerita sebelumnyah..Onde-Onde ini bikinnya pas liburan kemaren bareng ibuku tersayang... Masalah takaran resepnya sebelumnya minta maap..namanya juga ibu2 jaman dulu diantara beberapa bahan yang ada takarannya masih pake takaran gelas hihihi... 

Hokeeeh...ga' pake lama ini diaaa..si Onde-onde nyempluk..


Resepnya bisa diintip disini yaa....

Kamis, 06 Oktober 2011

Cerita Mudik Lebaran

Udah telat banget ya cerita lebarannya... ga papalah ketimbang iseng ga' ada kerjaan..:)

Lebaran kemaren giliran mudik ke Pamekasan kampung halaman bunda. Dari Bekasi kita bertiga naik Kereta Argo Anggrek Gambir- Ps. Turi. Jangan ditanya senengnya adam naik kereta meski ini bukan pertama kalinya. 


Nyampe Surabaya udah ada Eyang kakung, om Hendy dan on Rizal yang jemput.. Dari. Ps Turi jalan2 dulu ke Sunan Ampel, dari kecil beneran penasaran kaya' apa sih masjid Sunan Ampel itu.. dan terjawab sudah.. Setelah sempet muter2 cari jalan masuk akhirnya nyampe juga di parkiran depan masjid sunan ampel yang baru..




Dari depan masjid ini kita diarahkan ke Masjid Sunan Ampel yang Lama. Sebelum masuk daerah Masjid kita melewati areal pemakaman Sunan Ampel. Karena jam kita dateng ke Masjid sunan Ampel menjelang sholat dzuhur jadi areal pemakan ditutup sementara.

Kalo ga' salah waktu itu pas malam ganjil bulan Ramadhan.. Banyak peziarah yang mungkin sekalian datang ke masjid untuk i'tikaf di masjid.. jadinya masjid rameeee banget. 


Alhamdulillah ngerasain juga sholat di masjid Sunan Ampel. 




Selesai sholat kami jalan2 di sekitar masjid yang memang ada semacam pusat perbelanjaan khas timur tengah atau barang2 berbau islami lah.. dari makanan, aksesoris sampe baju2pun ada. Bentuknya semacam lorong kecil yang dikanan kirinya dipenuhi kios..



Abis dari sana kita pulang yang tentunya ngelewatin lagi Areal pemakaman Sunan Ampel.. aku sendiri ga' masuk soalnya di dalam areal pemakaman ga' boleh moto2..yo wislah..jadinya cuma liat2 aja dihalaman luar..


Capek muter2 kamipun pulaaang menuju pamekasan..eh ngelewatin Bangkalan ga' afdol rasanya kalo ga' mampir ke Bebek Sinjay.. maap cuma oleh2 foto plangnya aja..nyampe rumah bebeknya langsung diserbu pemirsa yang budiman hehehe.. Tapi beneran ini pertama kali nyobain bebek goreng dan langsung jatuh hati... Daging bebeknya empuk, bumbunya meresap gurih, ada kremesannya yang agak sedikit pedas tapi ntah kenapa meskipun sambelnya juga melegenda si sambel pencit rasanya kurang klop kalo dimakan sama bebek gorengnya..rasanya gimanaaa gitu pokoknya kurang serasi lah..:)



Ngantrinya Naudzubillah..ini keliatan yang ngantri sedikit tapi tanyain aja tiap orang pesennya berapa ? rata2 diatas 10 semua hihihii...

Lanjut besok2 lagi ya...

Kamis, 22 September 2011

Onde-Onde

Ini hasil eksperimen bareng ibu waktu liburan kemaren.. Rasa Isiannya enak cuma kurang puas aja sama kulit luarnya, menurutku kurang "ngetan" (kurang berasa ketannya). bentuknya sih udah bagus dan waktu digoreng ga' "meletus" *balon kaliii* 

Menurut ibu kalo kulit luarnya dari ketan semua waktu di goreng bakalan jelek dan banyak yang bocor... iya juga sih ngeliat Onde2 langganan yang rasanya udah yahud menurutku dan berasa ketannya bentuknya emang kurang cantik :D


Resepnya nyusul ya..contekannya ketinggalan di rumah :D
Ini dia resepnya..
Bahan Kulit :
- 1/2Kg tepung ketan
- 2sdm tepung beras
- 1 gelas kecil gula halus (ukuran gelasnya kira2 1/3 ukuran gelas blimbing)
- 1/4Kg kentang (kukus dan lumatkan hingga halus)
- 4btr kuning telur 
- Garam secukupnya
- Air secukupnya
- 200gr wijen


Bahan Isian :
- 1/2Kg Kacang hijau kupas, rendam kurleb 1 jam kemudian kukus hingga matang, setelah matang selagi hangat haluskan dan tambahkan gula halus. Untuk takaran gula halusnya terserah anda gampangnya cicipin aja tingkat kemanisannya sesuai selera kalo udah dirasa pas tinggal di bentuk bulat2. Ukuran juga terserah mau besar kecil monggooo... 


Cara Membuat Kulit Onde-onde :
1. Kocok gula halus dan kuning telur sampai tercampur rata, kemudian masukkan bahan2 lain   aduk rata kembali, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan bisa dibentuk.
2. Ambil sedikit adonan kulit, bentuk bulat dan pipihkan. Isi dengan isian kacang hijau lalu tutup dan bulatkan kembali sampai kacang hijau terbungkus seluruh adonan kulit. Lakukan hingga adonan kulit habis.
3. Taburkan wijen dalam loyang lebar, taruh beberapa buah onde2 dan lakukan seperti gerakan mengayak (memutar juga boleh) hingga onde2 menggelinding dan kulitnya tertutup oleh wijen. 
4. Panaskan minyak kemudian goreng onde2 hingga berwarna kuning kecoklatan.. Minyaknya yang banyak ya sampai onde2nya terendam, metode gorengnya deep fried gitu kali ya..


*kalo liat onde2 jadi inget guyonan guru SD dulu, kata bule orang Indonesia itu rajin2 buktinya sanggup nempelin wijen satu2 ke kulit onde2..:P*


Sebelum digoreng..



Rabu, 21 September 2011

Kersen


Siapa yang tak kenal buah ini... Waktu masih kecil dulu sering banget manjat pohon kersen yang ada di belakang rumah mbah bareng sama sepupu2.. Malah sepertinya ini kegiatan wajib sepulang sekolah. Kalo ngeliat buah kersen yang sudah berwarna merah langsung pada berebut, kadang sampe sore masih aja nongkrong diatas, begitu turun kantong sudah penuh terisi buah kersen yang wangi dan manis.

Nah mudik kemaren metik buah kersen jadi jadwal rutin Adam dan bunda. Habis bantuin eyang langsung ngacir ke halaman sebelah sambil bawa galah. Cukup 15 menit bunda dan Adam bisa bawa semangkok kecil buah kersen ini yang selanjutnya langsung jadi cemilan paginya eyang uti. Ternyata buah kersen dan daunnya banyak manfaatnya lho salah satunya bisa jadi antiseptik, bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penelitian herbal dari malaysia didapat hasil bahwa rebusan daun Kersen dapat digunakan untuk membunuh bakteri C.Diptheriea, S. Aureus, P Vulgaris, S Epidemidis dan K Rizhophil pada percobaan yang dilakukan secara invitro...Hebat juga ya khasiatnya :) Nah untuk Eyang buah kersen ini lumayan buat ngurangin rasa nyeri karena asam urat yang eyang derita beberapa tahun belakangan ini.

Minggu, 21 Agustus 2011

Garang Asem Ayam

Udah lama pengen bikin garam asem lagi..dulu pernah bikin yang pake santen kali ini pengen yang ga' pake santen, dan ketemulah resep garang asem di blognya mbak Rachmah aslih mantep banget, bikinnya juga gampang banget..tinggal cemplang cemplung hihihi..*ini yang paling kusuka*


abis dikukus.. rasanya segeeer, papa doyan banget apalagi kalo dipedesin..bikin nagih katanya :D kalo diresep aslinya pake ampela, ati dll aku cuma pake daging ayam aja..enak kali ya kalo ada tambahan ati ampelanya #sluurrrp..



Resep kucopy disini ya...

Garang Asem ala mbak R ;)
Bahan:
1 bh Ayam,tanpa kepala, besar sedang saja, bersihkan semua lemaknya, potong2 kecil
5 bh jamur champignon segar, potong2
1 buah tomat hijau, potong memanjang agak tipis
6 buah belimbing wuluh,iris bulat-bulan2 buah cabe hijau, iris bulatan kasar
8 buah cabe rawit merah,buang tangkainya
1 ruas jari laos, iris-iris tipis
5 siung bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
2 batang serai
6 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
2 lbr daun salam, sobek-sobek
1/2 sdt garam
1 sdt gula
1 sdm kecap ikan

Caranya:
1. Panaskan kukusan, hingga airnya mendidih
2. Sediakan wadah tahan panas, saya gunakan loyang teflon persegi. Tata semua bumbu didalamnya, beserta potongan ayam dan jamur, bumbui garam, gula dan kecap asin. Aduk-aduk rata, tata rapi.
3. Siram dengan air , tergantung selera, mau kuah banyak ya , beri saja air asal semua tergenang secukupnya.
4. Kukus hingga kurleb 25 menit. Angkat wadah , siap disajikan dengan nasi pulen dan sambel kecap cabe rawit

Senin, 15 Agustus 2011

Virus Males

Bulan puasa ini ntah kenapa semangat masak dan motret malah ga' ada sama sekali..sampai hari ke-16 ini total masakan yang berhasil keluar dari dapur cuma soto ayam, rawon, chap chay, puyunghai, martabak telur, cumi asin tomat ijo, tahu isi dan kolak..itu juga kalo dihitung2 cuma 4 hari aja..sisa hari yang lain cuma ngandelin warung2 makan aja *mewek* 

Semangat motret juga blas ga' ada..padahal kan udah ada Neil tapi ntah kemana yang namanya semangat itu, kalo dibilang kecapean mungkin juga sih..kantor ga' ngasih toleransi yang gimanaaaa gitu pas ramadhan ini, apalagi aku sering cabut dari kantor jam setengah 6, otomatis buka puasa di jalan..buat lanjutin dirumah cuma beli gorengan sama bubur mutiara, abis itu lanjut masak nasi bentar trus lanjut taraweh abis taraweh biasanya beli lauk dulu di luar sekalian juga beli lauk buat sahur baru abis itu makan malem, makan aja kadang males kadang ngga'.. 

Sama juga buat sahur..paling cuma ngangetin lauk sembari ibadah sunnah baru sahur berdua papa. Itupun sahur ga' semangat tapi mendingan sih ketimbang tahun2 kemaren biasanya sahur cuma minum trus tidur lagi sampe subuh. Sekarang lumayan perut bisa diisi pagi2 tapi tetep porsinya cuma 2 sendok nasi yang berhasil masuk. 

Begituuu terus tiap harinya, sabtu minggu gimana ? sabtu minggu libur cuma pas minggu pertama aja itupun masak cuma rawon, kolak, tahu isi, dan martabak..kalo buat lauknya adam ga' usah dihitunglah..dia mah cuma sayur bening2 aja ma tempe atau tahu putih kukus juga udah mau. Minggu kedua ramadhan malah lebih parah lagi hari minggu tetep masuk kerja..*iiissshh* hasilnya hari senin langsung kliyengan, pucet bin ngantuk hahahha...

Ya Allah semoga si semangat cepetan dateng lagiii.. kasian Neil lama dianggurin padahal belinya juga butuh perjuangan :D

yang berhasil diabadikan cuma cumi asin tomat ijo doang..


Jumat, 29 Juli 2011

Marhaban ya Ramadhan


Maafin ya kalo ada salah2 kata, atau komen2 yang ga' dijawab..
- Mohon Maaf lahir Batin -

Senin, 11 Juli 2011

Bola Bola Coklat

Memanfaatkan remahan cake dan kukis yang ga' disentuh Adam, jadi dari pada disimpen lama dan akhirnya kebuang juga jadilah disulap jadi bola2 cantik ini.. pagi2 bawa ke kantor banyak yang suka dan bilang enak..*Seneng jingkrak2*

Bikinnya gampang..remahan kue dan kukis di campur dan dihalusin..kasih susu coklat aduk rata, trus dipulur2 *halah bahasanya* pokoknya dibulet2in, cemplungin ke coklat leleh..taruh di cup dan hias pake coklat putih..masukin kulkas..siap dihidangkan..:D


Special Cheese Cake for Sukma

Pesenan B'day Cake dari Sukma.. Semoga sehat terus ya bu..semoga lancar dan sehat sampai persalinan ntar..:)

Pager coklatnya cuma pake model uwer2 *wkwkkwk* bingung mau dihias model apa secara ngerjain dah maleeem banget..baru tidur jam 1 itu juga suara dah serak2 sumbang..untung kuenya beres dan kelar malam itu juga kalo ngga' dijamin bangun kesiangan hahahaha...

Pagernya keliatan minimalis dan gampang tapi jangan salah aslinya itu kek bongkar pasang..jam 12 malem nongkrong di depan kulkas, buat nutupin pager yang bongkel2 nyari akal dikasih hiasan dari coklat putih, pengennya bikin hiasan pake cetakan coklat tapi dah ga' keburu akhirnya hiasannya diuwer2 juga diatas plastik..masukin kulkas..kering langsung tempel..gitu terus..:))

Ini hasil begadang semalem..


ini hiasan uwer2nya..:))


Kamis, 07 Juli 2011

Special Cheese Cake for Mr. Park B'day

Special Cheese Cake jadi favorite B'day cake di kantorku dan kantor papa..jadi jangan heran kalo yang sering muncul di blog ini ya si Cheese cake ini.. selain rasanya yang ga' terlalu manis, topping buah2an juga bikin kue ini lebih keliatan seger dan terlihat "wah.." Bakulnya juga seneng soalnya ga' perlu pake spuit macem2 buat ngiasnya hehehe..paling juga puyeng doang mikir hiasan pinggirannya :D


Topping atas kue ini aku kasih coklat biar buah2annya ga' jalan2 dan kegeser ke pinggir soalnya takut ngerusak pager coklatnya. 

Dan seperti biasa..kue ini selalu menuai pujian..Alhamdulillah..:)

*Jadi tau kenapa kurir kue ongkosnya mahal..ternyata tugasnya lebih berat dari pasukan pengibar bendera :)) *



Tiramisu *Gadungan*

Pesenan dari Wiwin..pertamanya bingung mo bikin kue apaan, dari wiwin sendiri sih terserah bakulnya hehehe.. Akhirnya setelah dipikirin mateng2 jadilah deal ma wiwin mo bikin Tiramisu. Hari sabtu dah semangat 45 ke Berkat mo nyari mascarpone tapi ternyata Berkat sekarang ga' nyetock Mascarpone alasannya karena jangka waktu expirenya pendek.. Langsung meluncur ke Giant kirain disana ada tapi ternyata kosong, mulai stress deh..nyoba ke carefour sama super indo kosong juga huaaaa....

Malem browsing kali aja ada resep Mascarpone gadungan dan Alhamdulillah adaaaa...kebetulan di rumah selalu nyetock krim kental dan lemon jadilah malem2 langsung bikin.  Besoknya mulai ngadon sponge cake coklatnya...

Ini hasil tiramisunya..

Minggu, 22 Mei 2011

Black Forest Cupcake

Hari minggu kemaren gateeel banget pengen bikin kue..dari siang dah ditahan2 eh akhirnya meledak juga jam 9 malem bakiiiiing..:)) Pilih resep yang gampang, kebetulan minggu yang lalu abis beli tabloid saji dan ada resep2 cupcake..comot 1 resep blackforest cupcake dan mulai nongkrong di dapur. Aslih bikin kue ini ga' lebih dari 30 menit..hasilnya juga enak, empuk ga' bikin keselek :D


Black Forest Cupcake
Bahan cake :
- 4 butir telur
- 100gr gula pasir
- 1/2sdt garam
- 1/2sdm emulsifer (TBM/SP) ---> aku pake dikiiiit aja cuma seujung sendok teh
- 100gr tepung protein sedang
- 30gr coklat bubuk
- 1/2 sdt baking powder ---> pake dikiiiit aja
- 30gr minyak goreng
- 50ml susu cair
- 1/2sdt coklat pasta

Bahan Isi : Selai dark cherry ----> aku ga' pake

Bahan Hiasan : 
- 100gr buttercream
- 100gr coklat masak pekat, serut..----> aku pake meses dan chocochips :D

Cara Membuat :
1. Siapkan dandang/klakat dan panaskan dengan api sedang, jangan lupa tutup dengan serbet tutupnya.
2. Kocok telur, gula, garam dan emulsifer sampai mengembang. Masukkan Tepung terigu, coklat dan baking powder yang sudah diayak. Aduk rata
3. Masukkan campuran minyak, susu dan pasta coklat yang sudah diaduk rata kedalam adonan cake aduk rata kembali. Tuang adonan kedalam cetakan cupcake yang sudah dilapisi kertas..isi sampai penuh dan masukkan kedalam dandang..kukus selama 12 menit.
5. Belah bagian atas cupcake, olesi dengan selai dark cherry dan tutup kembali, Hias atasnya dengan buttercream dan coklat serut, hidangkan. (aku cukup olesi dengan buttercream, taburi meses dan hias dengan cherry merah) 


Selasa, 03 Mei 2011

Cheese Stick

Masih lanjutan Puff Pastry juga..:D


Waktu bikin fruit Pastry Pizza ini kan ada sisa2 potongannya jadinya ku gabung jadi satu trus digiling lagi baru abis itu di potong panjang2..abis itu dipilin dan tata diatas loyang yang sudah dialasi kertas roti..panggang kira2 sampai setengah matang kemudian keluarkan dari oven. Olesi semua bagian dengan kuning telur dan tabur dengan parutan keju, atau juga bisa pake oregano. panggang lagi sampai matang dan warnanya cantik. Kemaren sebagian aku bentuk bunga kecil2 dan aku isi tengahnya pake marmalade baru deh dipanggang..sama enaknya :)

Fruit Pastry Pizza

Masih Lanjutan soal ngabisin Stock Puff pastry.. Kemaren kan udah dibikin Zuppa Soup..nah sekarang bentuknya lain. pas tayangin Ala Chef beberapa waktu yang lalu farah Quin pernah bikin beginian, sampe 2 kali malah tapiii...kulitnya seperti bahan buat Pie gitu..nah berhubung malees banget mo bikin jadinya kulit pizzanya aku bikin dari stock puff pastry yang ada. Buahnya bun diganti sesuai isi kulkas hehehe..

Fruit Pastry Pizza
Bahan :
- 1 lembar Puff Pastry (uk. 20 x 20)
- 1 bh kiwi, kupas dan potong2
- 1 kaleng jeruk
- buah lechy secukupnya
- buah naga secukupnya
- 1sdm madu
- simple syrup secukupnya
- 1sdm tepung roti
- 1 butir kuning telur

Cara Membuat :
1. Bentangkan Puff Pastry diatas loyang Pizza (loyang apa aja juga bisa) 
2. Campur semua buah buahan..tuang madu dan simple syrupnya lalu taburkan tepung roti..aduk rata..tuang campuran buah keatas kulit pastry dan panggang dengan suhu tinggi.
3. Kira2 begitu puff Pastry mengembang keluarkan dari oven dan oles kulit pastry dengan kuning telur panggang lagi sampai matang.



Rasanya enaaak..rasanya gurih, seger, asem, manis :D

Simple syrup aku bikinnya dari 2sdm air dicampur dengan 2dm gula pasir..larutkan diatas kompor.

*Beda tangan beda rasa*

Buah bisa diisi apa aja terserah dan suka2...ini karena stock di kulkas aja dan kebetulan warnanya kumplit merah, kuning, hijau, putih :)

Selasa, 26 April 2011

Zoupa Soup

Kepengen bikin Zoupa soup ini dah lamaaaa banget, cuma belom terlaksana karena belom ketemu puff pastry yang langsung pakai..hehehe..*emoh kalo suruh gilas menggilas..:P* Nah kebetulan dikasih tau mbak Dwi Sugiarti Juragan Pasta kalo di Berkat ada dan posisinya ada di kotak es krim...owalaaaah...bolak balik ke berkat ternyata si puff pastrynya disitu posisinya, maklum kemaren2 cuma celingukan ke tempat whipcream aja..:D. Jadilah begitu pas ada kesempatan langsung nyetock puff pastry... yang aku pilih Puff Pastry merk Edo, ada sih merk lain yang katanya lebih bagus dan lebih mahal..tapi pas aku cek kemasannya ntah mataku yang siwer tak priksa bolak balik ga' ada tulisan halalnya jadi ya tetep pilih yang merk Edo.

Nah minggu kemaren kondangan ke daerah Halim sana kebetulan ada menu Zoupa Soup ini, Adam doyaaaan banget. Diabilang Sop yang ada susunya hihihihi..jadilah begitu ada kesempatan (alias bos ga' masuk) aku pulang cepet dan bikin Zoupa Soup ini buat Adam.

Takarannya kira2 aja..isiannya juga terserah sesuai selera. Pengennya mo diisi ayam dan jagung pipil tapi ngeliat kondisi jagungnya kok ya mengenaskan jadinya memanfaatkan jamur kalengan yang di rumah aja.

Zoupa Soup
Bahan :
- Dada Ayam - Rebus sampai matang kemudian potong dadu, Air rebusannya simpen dulu.
- Jamur kalengan - makenya segenggam
- 1 siung bawang putih (ukuran keciiil) keprek dan cincang halus
- 1/2 bh bawang bombay - rajang halus
- Margarin untuk Menumis
- Tepung Terigu
- Susu Cair
- Garam
- Gula
- Lada Bubuk
- 1 butir kuning telur, kocok lepas untuk olesan
- Puff Pastry, potong kotak kira2 seukuran mulut mangkok

Cara Membuat :
1. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi kemudian masukkan lada bubuk dan tepung terigu..aduk sampai tepung menggumpal kemudian masukkan kaldu ayam (air rebusan ayam) aduk rata.
2. Masukkan bahan isian (ayam dan jamur kaleng) aduk rata, kemudian masukkan susu cair. Aduk sampai kuah sedikit mengental dan matang. Angkat. *jangan lupa dicicpin dulu pas apa ngga' rasanya*
3. Tuang Soup kedalam mangkok tahan panas (jangan terlalu penuh) dan tutup dengan puff pastry, olesi atasnya dengan kuning telur
4. Panggang soup dalam oven dengan suhu tinggi, aku pake suhu 210C, panggang hingga puff pastry mengembang dan berwanan kuning kecoklatan..:)

yang ini puff pastrynya masih setengah mateng.. kurang merekah lapisannya.. #cangkir kesayangan papa jadi korban# :))

*Untuk isian terserah mo pake apa aja, sosis, smoke beef, jamur, jagung pipil, ayam atau apaaa aja terserah.
*Beda tangan beda hasil..;)




Senin, 18 April 2011

Special Cheese Cake for Nita

Pesenan dari mbak Nita (temen kantor) untuk ultahnya yang jatuh pas hari ini (19 April). Base cakenya seperti biasa Special Cheese Cake, toppingnya sesuai request pake buah2an aja.. masalah pagernya diserahkan ke aku mo dipagerin apa kuenya. Pertamanya mo dibikin pager dari coklat putih yang dihias pake bunga2 dari coklat warna warni (bingung toh..coklat kok warna warni hihihi) tapi ternyata lupa ga' beli plastik  mikanya, sementara plastik mika yang dirumah tebel banget jadi kaya'nya ga' bisa. 

Sebenernya bikin kue ini persiapannya dah mateng (ceileee bahasanyaa..) bahan2 juga udah ada tapi ternyata pas mo bikin kue ini kendalanya banyak..Pertama, pulang kerja kemaleman, nyampe rumah jam setengah 8. Kedua, mati lampuuu..(ajiiib) untung cepet nyala pas jam setengah 10 malem. Jam setengah 12 udah kelar urusan kue dan pesenan amris pengennya sekalian dipagerin ndilalah pas ngetim coklat putihnya kelamaan soalnya disambi nemenin Adam yang ga' tidur2 jadinya bukan encer tapi padet det.. Inget2 kaya'nya punya stock Stikko Finger ealaaah ternyata ga' cukup ngelilingin kuenya.. bener2 semalem puyeeeng banget, akhirnya tarik nafas dalam2..masukin kue ke kulkas..beresin dapur..nyuci loyang dan baskom2 trus tidurrr...

Jam 4 bangun beberes dapur baru deh goreng amris dulu sementara otak mikir "nih kue mo dipagerin apaan....? akhirnya "cliiing" yes ada ide tapiiiiii coklatnya ga' meleleh sempurna masih banyak yang ngegrindel jadi pas dikeluarin jalannya ga' mulus akhirnya taruh dulu..sholat subuh dulu trus beresein amris yang udah digoreng semua baru ngadepin kue lagi...

Akhirnya karena mepet udah jam setengah 6 langsung semprot aja tuh coklat dipinggiran atas kuenya ealaaah kok melelehnya cantik hehehehe..jadinya diterusin sampe sekelilingnya..;) abis itu baru 
nemplokin buah2annya..dan jadinya taraaa...



Minggu, 10 April 2011

Kebab Isi Ayam Saus Mangga

Udah lamaaa banget pengen makan kebab, sebenernya di deket rumah banyak yang jualan tapi kalo beli tiap hari kan lama2 tekor juga hehehe... yang aku pengen itu bikin kulit kebab sendiri trus isiannya bisa diisi macem2 sesuai selera. Saking penasarannya nyoba beli kulit kebabnya aja ke kedai2 yang jual kebab di pinggir jalan tapi ga' boleh..*singh* trus nyoba hunting resepnya tapi kok ya gimana yaaa...*males* akhirnya googling nyari yang jualan kulit kebab dan Alhamdulillah dapeeeet...

Tapi meski dapet tempatnya jauh ternyata, pertama ketemuan di pondok kelapa eh ternyata orangnya lagi ga' jualan jadilah kita (aku, papa & adam) gerimis2 ke pabriknya langsung di daerah pondok bambu sana.. ga' tanggung2 langsung nyetock 2 pack hehehehe..kan kata orangnya asal nyimpennya di freezer bisa tahan 3 bulan..cukup juga kan kalo tiap hari sarapan kebab..;)

Besoknya mulai berkreasi.. isian versiku kuiisi ayam fillet plus saus mangga ga' lupa juga ada lettuce, sedikit saos plus mayonese juga. rasanya ?? hampir samalah  kaya makan chicken pocketnya A&* cuma beda di kulitnya aja, kalo yang disana kulitnya lebih tebel dan empuk..kalo yang ini karena tipis jadi sedikit crispy kalo manggangnya garing hehehehe...

untuk ayamnya cara ngolahnya :
Ayam fillet yang sudah dipotong memanjang aku bumbui bawang putih bubuk, lada dan sedikit garam..biarkan 30 menit (atau semaleman) biarkan sampai bumbu meresap. kemudian siapkan tepung terigu, air, garem sedikit dan telur kocok, aduk jadi satu..celupkan ayam fillet yang sudah dibumbui kedalam campuran tepung kemudian gulingkan diatas tepung roti..goreng sampai mateng, biar cantik warnanya apinya kecil aja dan gorengnya deep fried.

Untuk saus mangganya : mangga matang (kemaren pake mangga gincu) trus blender halus, masukkan kedalam plastiksegitiga dan gunting ujungnya..sisihkan

Cara nyiapin kebabnya : keluarkan kulit kebab dari freezer dan panggang diatas wajan yang sudah diolesi sedikit margarin, panggang sampai ada gelembung2 kecilnya, kemudian lakukan pada sisi yang lain..dan angkat..Bentangkan kulit kebab isi dengan sayuran, kemaren aku pake lettuce, tata ayam gorengnya dan semprotkan dengan saus mangga, mayonese dan kalo pengen pedas tambahkan saos cabenya.. lipat atau gulung kemudian sajikan..:) Praktis kaaaan ?


*beda tangan beda hasil*


Senin, 14 Maret 2011

Gurame Bakar Bumbu Bali

Aslinya aku ga' suka ikan air tawar, ntah kenapa tiap nyicipin ikan air tawar kok berasa makan tanah hehehe...Tapi setelah nyobain yang namanya olahan ikan gurame bau tanahnya udah ga' berasa lagi jadii saat itu juga memberanikan diri masak ikan gurame sendiri hehehe..

Tau olahan Gurame Bakar pake bumbu bali gini sebenernya pas bulan February kemaren, saat ada ultah temen dan kita diajakin makan2 di Saung J**i daerah kalimalang sana dan ada menu ini..jadilah kita pesen, rasanya enaaaak.. manis, pedes, asin, asem nyampur jadi satu.. Pas kita pesen lagi untuk kedua kalinya dengan embel2 "jangan lama-lama ya mas" eh sama masnya malah dijawab "emang mau makan ikan mentah ini kan kalo dibakar lama" yeeee bener2 deh nih orang pengen kusambit pake batok kelapa, ilfil jadinya ma tuh orang mo makan kesana lagi jadi males..*curcol*

Nah minggu kemaren, kebetulan di tukang sayur ada ikan Guramenya jadi deh nyobain 1 ekor doang trus nyuruh abang2nya bersihin sekalian dibelah separoh.. dan ini jadinya..Resep ngasal yang penting rasanya sama hehehehe...


Bahan :
- 1 ekor ikan Gurame, bersihkan sisik dan insang ikan sebersih bersihnya dan kotoran dalemnya kemudian belah jadi 2 tapi satu sisi jangan sampe putus.
- 1/2 bh jeruk lemon, ambil airnya
- 1/2 ruas Kunyit, diparut

Bumbu yang dihaluskan : 
- 3 buah cabe merah besar
- 3 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah

Bumbu Tambahan : 
- 1 sdm saos tomat (kira2 sendiri takarannya)
- 1 sdm saos sambel (kira2 sendiri takarannya)
- kecap manis (kira2 sendiri takarannya)
- Garam
- Gula (sedikit)

Cara membuat :
1. Setelah ikan gurami dibersihkan lumuri dengan perasan jeruk lemon, garam dan parutan kunyit..diamkan sampai kira-kira 30 menit.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi masukkan  saos tomat, saos sambel, kecap manis, gula dan garam.. aduk rata sambil sesekali dicicipi rasanya (kalo dirasa masih belom pas rasanya tinggal tambahin sendiri ya..)
3. Cuci bersih gurame (lagi) kemudian masukkan dalam panggangan kawat, panggang ikan (diatas bara arang) sebentar sampai setengah matang dan tidak berair, kemudian oles semua sisi ikan dengan bumbu, bakar lagi sampai ikan dan bumbu matang (tentunya sambil dibolak balik biar matengnya rata) hehehe..:)

Tinggal nambahin nasi anget atau nasi liwet sama sayur lalapannya...slurrrp *makannya gelar tiker dibawah pohon mangga*

** Tips : 
1. Ngeliat dari pengalaman kemaren, biar guramenya ga' bau tanah.. bersihkan sisik dan insangnya sebersih2nya. Air perasan jeruk lemon (nipis juga bisa) dan parutan kunyit juga bisa menghilangkan bau tanah.
2. Biar ikan ga' lengket di kawat pemanggangnya sebelumnya olesi dengan margarin..

Selamat Mencoba

Kamis, 10 Maret 2011

Birthday Cake for "Big" Bos

Pesenan temen2 kantor buat bos tercinta hehehe.. Base cakenya Lapis surabaya, pagernya pake Stikko yang Vanilla, Toppingnya sesuai permintaan yaitu buah buahan segar..

                                   

Mari kita potong kuenyaaa...

                    

Minggu, 27 Februari 2011

Pizza Panggang Makaroni

Makaroni salah satu makanan favoritnya Adam, apalagi kalo dibikinin sup makaroni plus ceker wuihhhh sehari bisa berkali kali makan..hehehehe.. Nah tadi pagi pengen masakin dia menu makaroni juga tapi dalam bentuk lain. 

Resep Pizza Makaroni Panggang ini dapet dari tabloid saji edisi kemaren, cuma disini aku tambahin bawang putih dan bawang bombay yang dicincang halus. kenapa ditambahin bawang ? sebenernya bisa sih ga' ditambahin bawang tapi karena keluarga kita ada riwayat penyakit Jantung dan kanker jadi sebisa mungkin bawang2an harus masuk dalam makanan kita, dah pada tau kan Manfaat Bawang ? ;) Alhamdulillah Adam suka bawang, apalagi bawang goreng..daun bawang (bawang prey) mentah aja dia suka hehehe.. 

Setelah jadi ternyata rasanya ga' beda jauh sama Macaroni Schotel, jadi buat yang ga' punya oven gampang bisa dibikin di wajan teflon biasa :) 

Ini jadinya, karena ini pake cetakan Kue lumpur yang kecil2 (ga' kecil banget sih) jadinya 13 buah..rasanya lekkerr..yang terpenting mah Adam dan papa suka hehehe...


Pizza Panggang Makaroni
Bahan :
- 100gr makaroni pipa, rebus sampai lunak
- 200ml susu cair
- 3btr telur, kocok lepas
- 1/2 siung bawang bombay, cincang halus (*Nely)
- 1 siung bawang, cincang halus (*Nely)
- 1sdm margarin
- 2sdm tepung terigu
- 3/4 sdt garam
- 1/4 sdt merica
- 1/4 sdt pala bubuk

Topping :
- Jamur kalengan
- sosis Ayam, iris tipis (*Nely-pake smoke beef yang dipotong kecil2)
- Keju Quick melt/mozarella (*Nely-pake cheddar)
- Saus Tomat 
- Oregano bubuk (*Nely)

Cara Membuat :
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi, sisihkan
2. Panaskan margarin sampai meleleh, tambahkan tepung terigu aduk hingga rata dan menggumpal, tuang susu cair sedikit demi sedikit dan aduk rata sampai licin, kemudian masukkan tumisan bawang dan makaroni aduk rata.
3. Tambahkan garam, merica dan lada bubuk aduk rata, matikan api dan tambahkan telur kocok, aduk rata kembali.
4. Tuang adonan kedalam cetakan kue lumpur yang sudah dipanaskan dan diolesi sedikit minyak, aduk rata hingga setengah matang kemudian tambahkan bagian atasnya dengan jamur dan smoked beef. Kalo aku setelah bagian ini baru olesi atasnya dengan saus tomat,taburi keju parut dan oregano. 

Buat yang suka pedes tinggal tambahin saus sambal aja..:)


ini cetakan yang aku pake kemaren, jangan tanya beli dimana soalnya ini juga pemberian ibuku tersayang..:)





Minggu, 20 Februari 2011

Mantau Isi Ayam Jamur

Biasanya kalo makan mantau cuma ditemenin sama siomay dan lumpia, lama2 bosen juga..pengen gitu sekali2 makan mantau yang ada variasinya. 

Jadinya begitu si bocah udah ngorok langsung deh perang di dapur..
Resep asal cemplung, bahan ya seadanya aja,, ga' usah nanyain takaran pokoknya kira2 aja hehehe..

Bahan :
- 1 bungkus Mantau (pake yang frozen merk Edo)
- fillet dada Ayam, potong kotak
- Jamur Kalengan (pake segenggam aja)
- 1 sdm margarin untuk menumis
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1/2 siung bawang bombay, cincang halus
- 1 cm jahe, kupas dan keprek
- Lada (kemaren pake lada hitam)
- Saus Tiram
- Kecap manis
- Minyak Wijen
- Garam
- Gula
- Penyedap rasa
- Kaldu Ayam
- 1 sdm Tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :
1. Tumis margarin, minyak wijen, bawang putih, bawang bombay dan jahe sampai wangi kemudian masukkan  lada dan ayam aduk rata sampai ayam berubah warna kemudian masukkan Jamur.. Aduk rata.
2. Tambahkan Kaldu Ayam disusul kemudian masukkan garam, gula, saus tiram, kecap manis dan penyedap rasa bila perlu.. aduk rata.
3. Masukkan larutan tepung maizena masak hingga mengental dan meletup-letup kemudian angkat.
4. Kukus mantau hingga matang kemudian belah tapi jangan sampai putus, isi dengan ayam jamur dan hidangkan.

Kemaren fotonya kelamaan nunggu si peterseli (yang ujung2nya si papa salah beli Daun Dil hihihi) jadilah pake Daun selada aja :)) *ga'nyambung lageee..*


Ayam jamur ini bisa juga lho dihidangkan sama nasi, Adam doyan banget.. apalagi dimasukin ke dalam menu bentonya..:)