Senin, 12 Juli 2010

Ikan Bakar Bumbu Kecap

Hari minggu akibat bangun siang jadilah di tukang sayur ga' kebagian apa2.. sayur abis, daging abis, udang apalagi, yang ada cuma ikan kembung ya udah embat aja meski ga' tau mau diapain ntar..untung di kulkas masih ada oyong, wortel dan tahu jadi lumayan tenang buat bikin sayur dan lauknya Adam ntar.

Sempat kepikiran pengen di goreng aja, tapi kok bosen makan kembung goreng terus. akhirnya kepikiran mending di bakar aja. Untuk bumbu ikan bakar ini, ambil yang gampang2 aja (gampang banget malah) secara ini bumbu ngasal tapi menurut lidahku lumayan juga..:)

Bahan :
- Ikan (pastinyah) terserah ikan apa aja mau ikan hiu juga boleh asal siap masaknya hehehe.. cuci bersih, kerat2 sedikit bagian badannya jangan telalu dalam dan lebar takutnya ntar malah ancur, kasih perasan jeruk nipis dan garam diamkan sampai garam meresap.. setelah itu cuci lagi sebentar takutnya masih ada sisa garam yang lengket di sela2 daging ikannya ntar malah keasinan.

Bumbu : (takaran sesuaikan sendiri ya..)
- bawang putih yang dihaluskan
- margarin
- kecap
- minyak untuk menggoreng

Cara memasak :
- Ikan yang sudah dibaluri jeruk nipis dan garam aku goreng sebentar, jangan sampe kering setengah mateng aja. Biar pas digoreng ga' lengket mending pake teflon aja atau bisa pake wajan biasa tapi ketiga wajan dipanaskan masukkan 1 sdm margarin terlebih dahulu baru tuang minyaknya.
- Setelah ikan dimasak setengah matang tiriskan.
- Sementara itu campur margarin, bawang putih halus dan kecap aduk2 sampai rata dan lumuri ikan dengan bumbu tsb.. setelah itu tata ikan di dalam alat pembakaran ikan (apa ya namanya..??) kemudian bakar diatas arang sambil sesekali dibalik dan dilumuri sisa bumbu yang ada.. bakar sampai matang, cara ngebakarnya jangan sering2 dikipas dan jangan terlalu heboh ya takutnya cuma gosong diluar aja.

Sambelnya.. cukup pake irisan tomat, bawang merah, cabe rawit yang dicampur dengan kecap manis, kalo mau seger dan lebih mantep lagi tambahkan bawang goreng dan perasan jeruk limau.


Siap2 nasi anget yang banyak ya..;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar