Senin, 12 Juli 2010

Ayam Bakar

Dari hari jumat dah mupeng banget pengen bikin Ayam bakar kaya' bikinan ibuku sampe rasanya ngeces kalo inget ayam bakar ibu hehehe.. Biasanya tiap lebaran ibu selalu bikin Ayam bakar special yang nikmatnya tiada tara. Kita nyebutnya Ayam bakar Kretep, soalnya cara masaknyapun beda. Ayam yang digunakan harus Ayam kampung kalo ngga' rasanya emang kurang mantep. Biasanya kalo ibu bikin ayam ini ayam yang sudah dipotong2 dan dibersihkan dimasukkan kedalam kuali yang bagian dasarnya diisi batu kerikil trus dimasak sampe masak (lupa pake air apa ngga' tapi kaya'nya sih ngga'). Abis itu Ayam di kukus sebentar biar lebih empuk setelah itu dibumbui dengan bumbu khas keluarga kita dan kemudian dibakar.

Berhubung kemaren ga' pake Ayam kampung jadi ya bumbunya yang simple dan masaknya juga yang praktis2 aja.

Bahan :
- 1 ekor ayam, belah jadi 4 bagian, cuci bersih, kukus sampai mateng/empuk, angkat dan tiriskan.

Bumbu : (takaran disesuaikan sendiri ya..)
- Cabe merah besar
- Bawang putih
- Bawang merah
- Kemiri
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Kecap manis (takaran sesuai selera, aku kemaren cuma pake 1sdt aja)

Cara memasak : Semua bumbu dihaluskan dan tumis sampai wangi. Tambahkan Garam, Gula dan Kecap aduk sampai rata (jangan lupa dicicipi ya, rasa sesuai selera aja) dan masukkan Ayam, Aduk rata lagi sampai Ayam sudah diselimuti bumbu. Setelah bumbu dan ayam tercampur rata angkat dan pindahkan kedalam piring kemudian bakar sebentar sambil ditambahkan sisa2 bumbu.


Abis itu makan pake nasi hangat..nyam..nyam..nyam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar