Minggu, 18 Juli 2010

Bakpau isi Ayam

Pengen makan bakpau ini sebenernya udah lamaa banget, apalagi kebayang rasa bakpau di Hotel Mulia slurrpppp..*ngeces* tapi sayang sejak ada resto jepang favorit si bos di dalam kawasan yang lebih deket ke pabrik, bos udah ga' pernah ngajakin kita nyicipin makanan di hotel2 berbintang lagi :(



Nah kemaren di depan pabrik ada yang jualan bakpao lagi  mangkal, karena ga' bawa duit maka kutinggal bentar ngambil duit di mess. Pas balik lagi ke depan pabrik eh tukang jualan bakpaunya dah pergi :(( nyeseeel banget kenapa tadi ga' disuruh nunggu dulu. Besok2nya kutungguin si bakpao dia ga' pernah nongol2 lagi..makin ngeces deh..:((



Kalo inget bakpao, aku jadi inget ibuku. Dulu sebelum keadaan kaya' sekarang buat tambahan uang dapur yang biasanya hanya ngandelin penghasilan bapak dari bengkel, tiap harinya ibu jualan bakpao dan bihun goreng. Hampir tiap malem kita ngumpul bantuin ibu bikin bakpao, aku ma adekku gantian guntingin daun buat alas bakpaonya dan ngisi kacang kedalam bakpaonya, sedangkan ibu bagian nguleni adonan dan bagian ngukus juga, ah jadi kangen masa2 sulit kami saaat itu..:). Tiap hari ibu nganterin dagangannya itu ke sekolah2, aku bagian nganterin bihun goreng ke sekolahanku sendiri tentunya dianterin becak soalnya aku sendiri ga' kuat bawa 100 bungkus bihun goreng sendirian. Dagangan ibu ini lumayan laris manis karena tiap harinya selalu bertambah jumlahnya. Alhamdulillah belom setahun ibu memperbanyak jenis dagangannya yang pada akhirnya menetap jualan nasi aja dan inilah pintu rejeki keluarga kami sampai sekarang. Alhamdulillah.. *Jadi inget ibu di rumah hiks..hiks..*

Nah berhubung keinginan makan bakpao ga' kesampaian jadi mending aku bikin aja deh sekalian. Malem sabtu dah googling dan dapet deh resep praktis tapi hasil tetap OK, resep bakapaonya nyontek dari Keluarga Nugraha..Pengennya hari itu juga sekalian bikin Hakau udang tapi badan dan keburu capek habis beberes rumah bagian belakang :)

Bakpao
Bahan :
- 250gr tepung terigu - ayak
- 150gr tepung self raising (atau bisa diganti dengan 150gr tepung terigu + 1/2sdt baking powder)
- 11gr ragi instant (biasanya 1 bungkus ukurannya udah 11gr)
- 200ml air hangat
- 150gr gula pasir
- 50gr mentega putih (shortening)

Bahan untuk Isi :
- 300gr daging ayam giling (bisa diganti daging sapi giling atau tuna juga boleh)
- 5 siung bawang putih - iris tipis
- 1/2 buah bawang bombay - iris tipis
- 1 batang bawang daun - rajang halus
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1sdt minyak wijen
- 2 sdt saus tiram
- 1 sdt kecap asin
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- 1sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan 50ml air
- minyak untuk menumis

Cara Membuat :
Buat Isiannya dulu ya..
1. Tumis bawang putih, bawang bombay dan bawang daun sampai wangi kemudian masukkan daging ayam dan aduk rata sampai daging berubah warna.
2. Tambahkan merica bubuk dan sisa bumbu2 lainnya (termasuk garam dan gula), aduk rata kembali.
3. Masukkan larutan maizena, kemudian aduk lagi samapai matang dan angkat.

Sekarang cara bikin bakpaonya :
1. Dalam 1 wadah campur jadi satu tepung terigu dan tepung self raising jadi satu, aduk rata.
2. Dalam wadah terpisah campurkan pula air hangat gula dan ragi instant, tunggu sampai berbuih (+/- 15menit)
3. Masukkan campuran ragi kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan tercampur rata. Pada saat ini adonan memang agak lengket di tangan tapi setelah agak lama sudah tidak lengket lagi.
4. Bentuk adonan jadi bulatan besar dan tutup dengan plastik bersih. Diamkan +/- 1 jam sampai adonan mengembang 2 kali lipat.
5. Setelah mengembang buka tutp adonan, tambahkan mentega putih dan uleni lagi sampai kali dan tercampaur rata.
6. Bagi adonan dalam beberapa bulatan2 kecil, pipihkan adonan dan isi bagian tengahnya dengan ayam (kemaren sebagian aku isi juga dengan coklat-DCC) tutup kembali dan bentuk jadi bulatan2 kemudian tata di atas kertas roti yang sudah dipotong2. *apabila saat akan mengisi adonan masih agak lengket, olesi tangan terlebih dahulu dengan sedikit minyak sayur.
7. Panaskan dandang sampai airnya mendidih, tata bakpao kemudian kukus selama 10 menit. Angkat dan sajikan.
 Paling enak dimakan waktu masih hangat :)

* yang belom tau penampakan tepung self raising gambarnya seperti di bawah ya.. tepung ini banyak ditemuai di supermarket..:)


Pertama bikin Bakpao ini langsung ludes sama 2 jagoan gembul dan sebagian kubagi ke tanteku, akhirnya aku bikin lagi dan Alhamdulillah tetangga dan temen juga ikut kebagian :)

Senin, 12 Juli 2010

Ikan Bakar Bumbu Kecap

Hari minggu akibat bangun siang jadilah di tukang sayur ga' kebagian apa2.. sayur abis, daging abis, udang apalagi, yang ada cuma ikan kembung ya udah embat aja meski ga' tau mau diapain ntar..untung di kulkas masih ada oyong, wortel dan tahu jadi lumayan tenang buat bikin sayur dan lauknya Adam ntar.

Sempat kepikiran pengen di goreng aja, tapi kok bosen makan kembung goreng terus. akhirnya kepikiran mending di bakar aja. Untuk bumbu ikan bakar ini, ambil yang gampang2 aja (gampang banget malah) secara ini bumbu ngasal tapi menurut lidahku lumayan juga..:)

Bahan :
- Ikan (pastinyah) terserah ikan apa aja mau ikan hiu juga boleh asal siap masaknya hehehe.. cuci bersih, kerat2 sedikit bagian badannya jangan telalu dalam dan lebar takutnya ntar malah ancur, kasih perasan jeruk nipis dan garam diamkan sampai garam meresap.. setelah itu cuci lagi sebentar takutnya masih ada sisa garam yang lengket di sela2 daging ikannya ntar malah keasinan.

Bumbu : (takaran sesuaikan sendiri ya..)
- bawang putih yang dihaluskan
- margarin
- kecap
- minyak untuk menggoreng

Cara memasak :
- Ikan yang sudah dibaluri jeruk nipis dan garam aku goreng sebentar, jangan sampe kering setengah mateng aja. Biar pas digoreng ga' lengket mending pake teflon aja atau bisa pake wajan biasa tapi ketiga wajan dipanaskan masukkan 1 sdm margarin terlebih dahulu baru tuang minyaknya.
- Setelah ikan dimasak setengah matang tiriskan.
- Sementara itu campur margarin, bawang putih halus dan kecap aduk2 sampai rata dan lumuri ikan dengan bumbu tsb.. setelah itu tata ikan di dalam alat pembakaran ikan (apa ya namanya..??) kemudian bakar diatas arang sambil sesekali dibalik dan dilumuri sisa bumbu yang ada.. bakar sampai matang, cara ngebakarnya jangan sering2 dikipas dan jangan terlalu heboh ya takutnya cuma gosong diluar aja.

Sambelnya.. cukup pake irisan tomat, bawang merah, cabe rawit yang dicampur dengan kecap manis, kalo mau seger dan lebih mantep lagi tambahkan bawang goreng dan perasan jeruk limau.


Siap2 nasi anget yang banyak ya..;)

Ayam Bakar

Dari hari jumat dah mupeng banget pengen bikin Ayam bakar kaya' bikinan ibuku sampe rasanya ngeces kalo inget ayam bakar ibu hehehe.. Biasanya tiap lebaran ibu selalu bikin Ayam bakar special yang nikmatnya tiada tara. Kita nyebutnya Ayam bakar Kretep, soalnya cara masaknyapun beda. Ayam yang digunakan harus Ayam kampung kalo ngga' rasanya emang kurang mantep. Biasanya kalo ibu bikin ayam ini ayam yang sudah dipotong2 dan dibersihkan dimasukkan kedalam kuali yang bagian dasarnya diisi batu kerikil trus dimasak sampe masak (lupa pake air apa ngga' tapi kaya'nya sih ngga'). Abis itu Ayam di kukus sebentar biar lebih empuk setelah itu dibumbui dengan bumbu khas keluarga kita dan kemudian dibakar.

Berhubung kemaren ga' pake Ayam kampung jadi ya bumbunya yang simple dan masaknya juga yang praktis2 aja.

Bahan :
- 1 ekor ayam, belah jadi 4 bagian, cuci bersih, kukus sampai mateng/empuk, angkat dan tiriskan.

Bumbu : (takaran disesuaikan sendiri ya..)
- Cabe merah besar
- Bawang putih
- Bawang merah
- Kemiri
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Kecap manis (takaran sesuai selera, aku kemaren cuma pake 1sdt aja)

Cara memasak : Semua bumbu dihaluskan dan tumis sampai wangi. Tambahkan Garam, Gula dan Kecap aduk sampai rata (jangan lupa dicicipi ya, rasa sesuai selera aja) dan masukkan Ayam, Aduk rata lagi sampai Ayam sudah diselimuti bumbu. Setelah bumbu dan ayam tercampur rata angkat dan pindahkan kedalam piring kemudian bakar sebentar sambil ditambahkan sisa2 bumbu.


Abis itu makan pake nasi hangat..nyam..nyam..nyam :)