Minggu, 06 Juni 2010

Ayam Goreng Bumbu Kuning

Hari sabtu bunda libur, kebetulan juga ga' kepikiran mo kemana2 jadi acaranya memasak hehehe..

Jumat Sore emang udah kepikiran pengen bikin Ayam Goreng Bumbu Kuning, kalo kemaren2 bikin ayam goreng bumbunya beli bumbu racik di pasar kali ini bumbunya bikin sendiri dan ternyata emang lebih enak , sekalian juga dibuat komplit plus sayur lalapan dan sambel terasi yang top markotop menurut lidah kami..




Ayam Goreng Bumbu Kuning
1 ekor ayam, potong beberapa bagian sesuai selera
2 lbr daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
200 ml air
Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
5 butir kemiri
1 sdt ketumbar
8 siung bawang putih
4 cm kunyit, bakar
4 cm lengkuas
4 cm jahe
1 ½ sdt garam


Cara Mengolah :
1. Cuci bersih Ayam, lumuri ayam dengan bumbu halus, diamkan selama 30menit biar bumbu meresap.
2. Masak ayam, tambahkan daun salam,batang serai dan air di atas api sedang. Didihkan, kecilkan api. Tutup.(jangan lupa sambil diaduk ya tapi ngaduknya jangan terlalu heboh takutnya ayamnya ancur..)
3. Masak hingga air tinggal sedikit.Angkat dan dinginkan.
4. Goreng ayam dalam minyak banyak dan panas hinggal berwarna kuning keemasan. Angkat dan Sajikan.


*(Kalo sisa bumbu ayam yang udah diungkep masih banyak, bisa juga ditambahin lagi tahu atau tempe yang udah dipotong sedang, tinggal tambahin sedikit air dan masak lagi sampai airnya sat)


untuk sambel terasinya ini resep ngasal tapi tetep enak..


Bahan untuk sambel..3 bh cabe merah besar, potong asal aja
5 bh cabe rawit (atau tergantung selera)
1 bh tomat, potong 4 bagian
1 sachet terasi (kemaren make merk A*C)
8 siung bawang merah
garam secukupnya
gula secukupnya
minyak goreng (dikit aja)

Caranya :.
Goreng cabe, bawang dan tomat sampai tomat layu. Setelah itu masukkan terasi, goreng sebentar sampai terasi hancur (jangan sampe gosong) Angkat dan ulek semua bahan, tambahkan gula dan garam secukupnya, ulek lagi (jangan lupa dicicipi untuk menghasilkan rasa sesuai selera..sajikan)


Alhamdulillah..papa suka banget, Adam juga ikutan makan tapi cuma tahu, tempe dan ayamnya aja.. eh ya dimakan pake telur dadar juga enak lho.. (sambil mengenang kehidupan jadi anak kost dulu, kalo tanggal tua ngirit ga' bisa beli lalapan ayam, lalapan telur dadarpun jadi hehehe..)

1 komentar:

  1. Jika ingin sukses usaha ayam goreng crispy dengan sangat mudah silahkan Klik Disini salam sukses. :)

    BalasHapus