Senin, 07 Juni 2010

Chocolate Muffins

Masih dalam rangka menikmati libur sabtu minggu..


Kemaren sore Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan lebat, formasi di rumah lengkap bertiga. Lagi enak2an nonton TV papa bilang "ujan2 gini enaknya ngeteh nih sambil makan apa ya..."

Hmmm.. oke, tunggu 30 menit !!...langsung ngacir ke dapur ngambil mangkok, cup dan ngumpulin bahan.. manasin oven, tuang2 bahan, aduk dan tuang ke cetakan (kebetulan cetakan2 muffin emang selalu dalam keadaan sudah aku pasang papercupnya, maksudnya kalo lagi buru2 tinggal tuang2 adonan tanpa masang paper cup lagi ke cetakannya..praktis kan ?)..

Oke lanjut acara memanggang.. sementara kue masih dalam oven aku bikin teh dulu.. 20 menit kemudian..TING !! oven dah bunyi dan taraaaaa....

Bentar banget kan ? udah masaknya praktis, bentar, ga' banyak cucian tapi uenaaaak...

Bikin muffin ini emang gampang banget, udah ga' pake acara timbang menimbang, yang ga' punya mixer juga ga' usah berkecil hati karena bikin muffin ini ga' usah pake mixer cukup aduk aja dengan whisk atau kalo ga' ada pake sendok sayur juga boleeeh...

Yup lengkap sudah cemilan sore kita, ditengah hujan deras sambil nonton tv ditemenin muffin coklat dan teh anget kumpul bareng keluarga juga..bener2 precious moment :)

Adam punya cara sendiri menikmati muffin ini..


Resepnya ini ya..

Bahan "Chocolate Muffin"
1 cup tepung terigu serba guna (biasanya merk segitiga biru)
1/2 cup gula pasir
3 sdm bubuk coklat
2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1 btr telur utuh
3/4 cup susu cair
1/3 cup minyak

Cara Membuat
Dalam satu wadah masukkan tepung terigu, gula, coklat bubuk, baking powder dan garam, aduk rata. Buat lubang ditengahnya kemudian masukkan telur, susu cair dan minyak aduk rata kembali..Tuang kedalam cetakan muffin yang sudah dialasi papercup dan panggang dalam oven selamat +/_ 20menit dengan suhu 170 C (tergantung tigkat kepanasan oven masing2)..
*Kalau mo ditambah isian ya monggo sesuai selera aja, kebetulan kemaren aku tambahin kenari dan choco chips..:)

Minggu, 06 Juni 2010

Ayam Goreng Bumbu Kuning

Hari sabtu bunda libur, kebetulan juga ga' kepikiran mo kemana2 jadi acaranya memasak hehehe..

Jumat Sore emang udah kepikiran pengen bikin Ayam Goreng Bumbu Kuning, kalo kemaren2 bikin ayam goreng bumbunya beli bumbu racik di pasar kali ini bumbunya bikin sendiri dan ternyata emang lebih enak , sekalian juga dibuat komplit plus sayur lalapan dan sambel terasi yang top markotop menurut lidah kami..




Ayam Goreng Bumbu Kuning
1 ekor ayam, potong beberapa bagian sesuai selera
2 lbr daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
200 ml air
Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
5 butir kemiri
1 sdt ketumbar
8 siung bawang putih
4 cm kunyit, bakar
4 cm lengkuas
4 cm jahe
1 ½ sdt garam


Cara Mengolah :
1. Cuci bersih Ayam, lumuri ayam dengan bumbu halus, diamkan selama 30menit biar bumbu meresap.
2. Masak ayam, tambahkan daun salam,batang serai dan air di atas api sedang. Didihkan, kecilkan api. Tutup.(jangan lupa sambil diaduk ya tapi ngaduknya jangan terlalu heboh takutnya ayamnya ancur..)
3. Masak hingga air tinggal sedikit.Angkat dan dinginkan.
4. Goreng ayam dalam minyak banyak dan panas hinggal berwarna kuning keemasan. Angkat dan Sajikan.


*(Kalo sisa bumbu ayam yang udah diungkep masih banyak, bisa juga ditambahin lagi tahu atau tempe yang udah dipotong sedang, tinggal tambahin sedikit air dan masak lagi sampai airnya sat)


untuk sambel terasinya ini resep ngasal tapi tetep enak..


Bahan untuk sambel..3 bh cabe merah besar, potong asal aja
5 bh cabe rawit (atau tergantung selera)
1 bh tomat, potong 4 bagian
1 sachet terasi (kemaren make merk A*C)
8 siung bawang merah
garam secukupnya
gula secukupnya
minyak goreng (dikit aja)

Caranya :.
Goreng cabe, bawang dan tomat sampai tomat layu. Setelah itu masukkan terasi, goreng sebentar sampai terasi hancur (jangan sampe gosong) Angkat dan ulek semua bahan, tambahkan gula dan garam secukupnya, ulek lagi (jangan lupa dicicipi untuk menghasilkan rasa sesuai selera..sajikan)


Alhamdulillah..papa suka banget, Adam juga ikutan makan tapi cuma tahu, tempe dan ayamnya aja.. eh ya dimakan pake telur dadar juga enak lho.. (sambil mengenang kehidupan jadi anak kost dulu, kalo tanggal tua ngirit ga' bisa beli lalapan ayam, lalapan telur dadarpun jadi hehehe..)