Jumat, 02 April 2010

Tragedi Sponge Cake Coklat

Rencananya kemaren mo bikin tiramisu dan dasarnya mo make sponge cake coklat. Pengennya bikin tiramisunya pas libur paskah kemaren, jadi nyiap2in bahan2nya termasuk bikin sponge cakenya kamis malem abis pulang kerja kan lumayan tuh jumat paginya tinggal ngocok tiramisunya dan selanjutnya selama tiramisu mengeras kita bisa jalan2 ke otista nemenin papa beli helm..

Nah, pulang kerja langsung deh nimbang2 bahan buat sponge cakenya. Abis jemput adam langsung tak tinggal ke dapur buat bikin sponge cake. Langkah pertama, ngocok telur dan gula lumayan sukses dan bisa sampe "jambul petruk" juga tapi karena bowl mixernya kekecilan jadi kutuang ke tempat yang lebih gedean sekalian masukin tepung maizena..aduk..aduk trus masukin mentega cair aduk..aduk baru tuang ke loyang dan siap2 dipangggang.

5 menit kemudian ngintip ke oven adonan mulai naik (agak tinggi), kupikir kok tumben naiknya agak cepet tapi yah kubiarin aja soalnya ini pertama kalinya bikin sponge cake coklat pikiranku yah mungkin emang cara kerjanya gitu..trus tak tinggal makan ayam bakar dulu bertiga di ruang tengah. Waktu balik ke dapur ngintip oven lagi lhoooo..kok adonannya malah turun banget ??? malah permukaannya jelek banget, ga' rata dan berlubang2 gedhe. Kalo bantet kaya'nya ga' mungkin sampe mimpes pes gitu deh..mikirnya apa karena tadi aku pindahin ke bowl yang gedean ??, apa emulsifernya jelek ??, apa karena tadi pas lagi ngocok tak tinggal bentar liatin adam ?? apa ovennya kepanasan ?? pokoknya pertanyaan campur aduk deh..

Ngeliat kue di oven tambah jelek gitu, ya udah deh pasrah aja besok bisa nyoba lagi aja.. sementara biarin sampe 45 menit matengin kue kutinggal beres2in wadah2 kotor, pas mau mindahin timbangan ke tempat semula disitu ada tepung dibungkus plastik, ngeliat tepung itu aku yo bingung kok ada tepung disini ?? ini tepung apa ?? Astaghfirullah...!! jadi aku bikin kue ga' pake tepung ??? mo ngakak mo kesel wis campur aduk ternyata tadi aku lupa masukin tepung terigu hahahaha.. panteeeeessss aja mimpes bin ngaret gitu..tapi pas dicobain papa katanya rasanya enak kaya' kue caramel/ kue sarang semut gitu hehehehehe..

Untung di rumah ada tangki penampungan, jadi kue gagalnya ga' kebuang percuma soalnya udah dihabisin ma papa kkkkkkkkk... 

Ooooohhh... akhirnya diriku mengalaminya juga.. setelah tempo hari lupa masukin putih telur pas bikin special cheese cake sekarang lupa masukin tepung pas bikin sponge cake.. bener2 pelajaran berharga dan moga ga' terjadi lagi yah..?!! hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar