Selasa, 06 April 2010

Tiramisu..

Akhirnyaaaa.... rasanya sueneng banget bisa nyelesain PR ini (PR dari diri sendiri :D) heheehe..Setelah sekian lama berburu mascaryo eh mascarpone akhirnya dapet juga meski Expired datenya tinggal dikit lagi. Perasaan dari tahun lalu deh berburu keju ini, emang sih berburunya cuma di Berkat aja soalnya kalo mesti berburu ke Ani atau Titan takutnya keburu rusak di jalan. Sebenernya kemaren2 dah pernah nemu si mascaryo ini di Berkat tapi Expire Datenya dah lewat beberapa hari, kata mas2nya sih ga' papa tapi aku ga' mau nanggung resiko dah beli mahal2 malah beracun kekkkkkk...

Yuk lanjuuut...

Bikin Tiramisu ini penuh perjuangan banget, dari yang bikin Sponge cakenya gagal gara2 lupa masukin terigu, trus waktu bikin sponge cake lagi yang kedua (kali ini tepung terigunya aku kalungin biar ga' lupa hahha) eh ndilalah pas mo nyaring tepung2an dan bubuk coklat saringannya malah terjun bebas ke adonan hahahaha... yo wis lah ga' pake saring2an langsung tumplek aja dan Alhamdulillah jadi juga..teksturnya lembut dan penampilannya cantik, mulus seperti iniiiii..:)


Besoknya...setelah nidurin jagoan baru deh bergaul dengan Mixer (bahkan mixer National dan Signora aku pake dua2nya) karena bikin lapisan Tiramisu ini ternyata dari awal sampe akhir kerjaannya kocok aduk terus hehehe.. Resep dapet dari blognya mbak Riana ya..

TIRAMISU

Recipe by Fatmah Bahalwan


Bahan:
250 gr keju mascarphone
300 ml whipped cream
100 gr gula bubuk
½ sdt esence vanilli
4 btr kuning telur
50 gr gula kastor

Bahan lain:
2 sdm kopi instant, cairkan dengan
150 ml air hangat
1 sdm gula pasir
150 ml kahlua / rhum (bila suka)
20 bh lady finger atau sponge cake coklat 3 lembar ukuran 22x22x3cm


Garnish:
Whipped cream dan coklat bubuk secukupnya


Cara membuat:
1.Kocok keju mascarphone, sisihkan.
2.Kocok whipped krim dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Sisihkan dalam kulkas agar tidak meleleh.
3.Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mikser.
4.Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarphone yg sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mixer speed 1), tuangkan pula kocokan kuning telur, aduk hingga rata benar.
5.Ditempat lain, campur gula, air kopi, dan rhum (optional), aduk rata, sisihkan.


Penyelesaian :
1.Siapkan loyang bongkar pasang atau gelas saji, susun lady finger (ato cake coklat sesuai selera) di bagian dasar hingga rata, perciki dengan cairan kopi hingga lembab. Tuangkan adonan mascarphone, ratakan.
2.Susun lagi lady finger, seperti paling bawah tuang lagi dengan adonan mascarphone.
3.Buat dua atau tiga susun paling atas, hias dengan whipped krim, lalu ayakkan coklat bubuk.
4.Bekukan dalam kulkas selama 4 jam.


Note:
•Pengocokan mascarpone hanya bertujuan untuk menghilangkan bungkahan-bungkahan kejunya saja, bukan untuk membuatnya mengembang.
•Jika menggunakan keju mascarpone merk Puglia, keju sebaiknya tidak dikocok, karena keju mascarpone merk ini sangat rentan pecah. Langsung campurkan keju ke dalam whipped cream.


hasilnya seperti ini..


penampakan dari atas..


Rasanya ??? hmmm yummiiiiii..:D


Tiramisu yang aku buat ini kopinya aku buat sedikit kental jadi bener2 mantafff, papa suka karena dia memang suka banget ngopi :D

Tiramisu ini dibuatnya minggu sore dan baru difoto tadi pagi, soalnya di Tambun susah banget nyari Strawberry, jadi selama itu papa ga' berani nyolek2 si Tiramisu sebelum aku foto hihihihi padahal tiap buka kulkas dari raut mukanya keliatan kaya'nya ngiler pengen nyaplok 1 aja kekekekkkkk... sorry ya pa sekarang puasin2 deh ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar