Rabu, 13 Januari 2010

Sop Balungan

Masih dengan tema Sop.. kali ini bikin Sop Balungan resepnya hampir sama kaya Sop Buntut bedanya cuma ga' pake pala ma cengkeh aja..tetep yummy...!!

Sop Buntut

Jakarta dan sekitarnya lagi diguyur hujan hampir tiap hari.. suasana kaya' gini nih yang bikin perut bawaannya laper mulu dan pengennya makan yang anget2,,, bongkar freezer eh ternyata masih ada buntut sapi abis lebaran idul adha kemaren.. bolak balik buku resep dapet resep sop buntutnya mbak Ria Heliyanti..yuk yuk segera isi perut hehehe..

SOP BUNTUT
Bahan :
1 ekor buntut sapi, potong2
3 ltr air
1 ruas jahe, memarkan
4 btr cengkeh
1 siung bawang putih, potong kasar lalu geprak
8 siung bawang merah, iris
1/2 bh bawang bombay, iris
1 sdm lada halus
1/2 btr pala, parut (parut pake parutan keju)
2 btg daun bawang, potong kasar
1 bh kentang, potong2
2 bh wortel, potong2
garam secukupnya


Cara membuatnya :
Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe dan potongan buntut sapi serta irisan bawang bombay. Rebus 1/2 jam lalu matikan api dan biarkan dingin selama beberapa jam hingga timbul lemak putih dipermukaan.
Buang semua lemak yang timbul lalu rebus lagi.
Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum lalu masukkan ke dalam panci. Tambahkan lada, garam dan pala.
Rebus sampai daging empuk lalu masukkan potongan kentang, wortel dan daun bawang. Masak lagi sebentar lalu angkat dan sajikan.


cara penyajiannya bisa ditambah irisan daun bawang lagi, sama irisan tomat..


Selasa, 12 Januari 2010

Udang Saos Tiram

Pulang kerja laper, kebayang udang saos tiram yang udangnya gede2 trus dimakan ma nasi anget aduuuh.. makin ngiler. Begitu turun dari elp langsung deh mampir ke tukang ikan, pulang naik ojek langsung masak nasi trus srang srong sreng... Alhamdulillah mantaaap ! 




Bahan :
- 1/2kg Udang basah - karena udangnya besar dan adam juga ikutan makan aku kupas kulit dan kepalanya sisakan kulit ekornya dan kerat bagian tengahnya buang kotorannya.
- 3 siung bawang merah - dihaluskan
- 2 siung bawang putih - dihaluskan
- 1/2 sdt merica
- 1/2 siung bawang bombay - diiris tipis
- 1 batang daun bawang - kl ga' suka boleh di skip
- 3bh cabe rawit - kl ga' suka boleh di skip
- 1 sdm saus tiram
- 2 sdm kecap manis
- 2 sdm mentega untuk menumis
- garam secukupnya
- bumbu penyedap secukupnya
- minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
1. udang dibersihkan- sisihkan
2. panaskan minyak dan mentega, tumis bawang bombay dan bawang daun sampai harum masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, tambahkan merica tumis sampai harum.
3. Masukkan udang, saus tiram, kecap, aduk sampai rata..tambahkan garam dan bumbu penyedap aduk dan biarkan sampai matang..
4. setelah matang angkat dan sajikan..

Sambal Goreng Tahu Puyuh

Iseng2 liburan tahun baru terjun langsung ke dapur..resep dapet dari Aneka resep olahan Tahu cuma ditambah petai doang (bukan karena suka petai tapi ada special request dari pak Senior hehe)..mayanlah...


 Bahan :
- Tahu 500 gram
- Telur Puyuh 25 butir
- Kerupuk rambak (kerupuk kulit) 1/4 kg
- Petai 2 lonjor


Bumbu :
- Bawang merah 8 siung
- Bawang putih 8 siung
- cabe merah 6 buah
- kemiri 6 buah
- Jahe 2Cm
- Lengkuas 5 Cm
- Daun salam 5 Lembar
- Serai 2 batang
- Gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya
- santan kental 300ml
- cabe rawit 10 buah


Cara membuat :
1. Potong tahu berbentuk dadu, lalu goreng setengah matang. Rebus telur puyuh hingga matang, lalu kupas kulitnya.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri dan jahe, lalu tumis hingga harum. Tambahkan santan kental dan aduk hingga mendidih.
3. Masukkan tahu, telur puyuh dan sisa bumbu lainnya, aduk secara merata. Biarkan hingga bumbu meresap. Masukkan kerupuk rambak, aduk, biarkan hingga layu, angkat dan sajikan.