Minggu, 03 Oktober 2010

Pancake

Siapa yang ga' tau makanan ini, gampang cara buatnya dan enak pula disantapnya. Cocok banget untuk sarapan di pagi hari mau di makan dengan madu, syrup, ice cream pokoknya oke2 aja..


Pancake (resepnya nyontek mbak Vania bisa dilihat di sini)
- 2 cup tepung terigu (serba guna)

- 2 sdm gula
- 4 sdt baking powder
- 1 sdt garam
- 2 telur
- 1 1/4 cup susu cair
- 1/4 cup vegetable oil / butter or margarine cair

Cara Membuat :
1. Dalam mangkok yg cukup besar campurkan; terigu, gula, baking powder dan garam. Sisihkan.
2. Dalam mangkok kecil, kocok telur kemudian campurkan susu dan vegetable oil.
3. Tuangkan campuran susu sedikit demi sedikit ke dalam campuran terigu dan aduk terus hingga campuran lembut.
4. Panaskan wajan datar (panas sedang) dan taruh sedikit margarine u/ sekedar meminyaki wajan.
5. Tuangkan 1/4 cup adonan ke atas wajan, biarkan hingga timbul gelembung2 pada permukaan bag atas & permukaan bawah mulai kecoklatan. Balik pancake dan biarkan bbrp saat hingga kecoklatan.


Minggu, 18 Juli 2010

Bakpau isi Ayam

Pengen makan bakpau ini sebenernya udah lamaa banget, apalagi kebayang rasa bakpau di Hotel Mulia slurrpppp..*ngeces* tapi sayang sejak ada resto jepang favorit si bos di dalam kawasan yang lebih deket ke pabrik, bos udah ga' pernah ngajakin kita nyicipin makanan di hotel2 berbintang lagi :(



Nah kemaren di depan pabrik ada yang jualan bakpao lagi  mangkal, karena ga' bawa duit maka kutinggal bentar ngambil duit di mess. Pas balik lagi ke depan pabrik eh tukang jualan bakpaunya dah pergi :(( nyeseeel banget kenapa tadi ga' disuruh nunggu dulu. Besok2nya kutungguin si bakpao dia ga' pernah nongol2 lagi..makin ngeces deh..:((



Kalo inget bakpao, aku jadi inget ibuku. Dulu sebelum keadaan kaya' sekarang buat tambahan uang dapur yang biasanya hanya ngandelin penghasilan bapak dari bengkel, tiap harinya ibu jualan bakpao dan bihun goreng. Hampir tiap malem kita ngumpul bantuin ibu bikin bakpao, aku ma adekku gantian guntingin daun buat alas bakpaonya dan ngisi kacang kedalam bakpaonya, sedangkan ibu bagian nguleni adonan dan bagian ngukus juga, ah jadi kangen masa2 sulit kami saaat itu..:). Tiap hari ibu nganterin dagangannya itu ke sekolah2, aku bagian nganterin bihun goreng ke sekolahanku sendiri tentunya dianterin becak soalnya aku sendiri ga' kuat bawa 100 bungkus bihun goreng sendirian. Dagangan ibu ini lumayan laris manis karena tiap harinya selalu bertambah jumlahnya. Alhamdulillah belom setahun ibu memperbanyak jenis dagangannya yang pada akhirnya menetap jualan nasi aja dan inilah pintu rejeki keluarga kami sampai sekarang. Alhamdulillah.. *Jadi inget ibu di rumah hiks..hiks..*

Nah berhubung keinginan makan bakpao ga' kesampaian jadi mending aku bikin aja deh sekalian. Malem sabtu dah googling dan dapet deh resep praktis tapi hasil tetap OK, resep bakapaonya nyontek dari Keluarga Nugraha..Pengennya hari itu juga sekalian bikin Hakau udang tapi badan dan keburu capek habis beberes rumah bagian belakang :)

Bakpao
Bahan :
- 250gr tepung terigu - ayak
- 150gr tepung self raising (atau bisa diganti dengan 150gr tepung terigu + 1/2sdt baking powder)
- 11gr ragi instant (biasanya 1 bungkus ukurannya udah 11gr)
- 200ml air hangat
- 150gr gula pasir
- 50gr mentega putih (shortening)

Bahan untuk Isi :
- 300gr daging ayam giling (bisa diganti daging sapi giling atau tuna juga boleh)
- 5 siung bawang putih - iris tipis
- 1/2 buah bawang bombay - iris tipis
- 1 batang bawang daun - rajang halus
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1sdt minyak wijen
- 2 sdt saus tiram
- 1 sdt kecap asin
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- 1sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan 50ml air
- minyak untuk menumis

Cara Membuat :
Buat Isiannya dulu ya..
1. Tumis bawang putih, bawang bombay dan bawang daun sampai wangi kemudian masukkan daging ayam dan aduk rata sampai daging berubah warna.
2. Tambahkan merica bubuk dan sisa bumbu2 lainnya (termasuk garam dan gula), aduk rata kembali.
3. Masukkan larutan maizena, kemudian aduk lagi samapai matang dan angkat.

Sekarang cara bikin bakpaonya :
1. Dalam 1 wadah campur jadi satu tepung terigu dan tepung self raising jadi satu, aduk rata.
2. Dalam wadah terpisah campurkan pula air hangat gula dan ragi instant, tunggu sampai berbuih (+/- 15menit)
3. Masukkan campuran ragi kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan tercampur rata. Pada saat ini adonan memang agak lengket di tangan tapi setelah agak lama sudah tidak lengket lagi.
4. Bentuk adonan jadi bulatan besar dan tutup dengan plastik bersih. Diamkan +/- 1 jam sampai adonan mengembang 2 kali lipat.
5. Setelah mengembang buka tutp adonan, tambahkan mentega putih dan uleni lagi sampai kali dan tercampaur rata.
6. Bagi adonan dalam beberapa bulatan2 kecil, pipihkan adonan dan isi bagian tengahnya dengan ayam (kemaren sebagian aku isi juga dengan coklat-DCC) tutup kembali dan bentuk jadi bulatan2 kemudian tata di atas kertas roti yang sudah dipotong2. *apabila saat akan mengisi adonan masih agak lengket, olesi tangan terlebih dahulu dengan sedikit minyak sayur.
7. Panaskan dandang sampai airnya mendidih, tata bakpao kemudian kukus selama 10 menit. Angkat dan sajikan.
 Paling enak dimakan waktu masih hangat :)

* yang belom tau penampakan tepung self raising gambarnya seperti di bawah ya.. tepung ini banyak ditemuai di supermarket..:)


Pertama bikin Bakpao ini langsung ludes sama 2 jagoan gembul dan sebagian kubagi ke tanteku, akhirnya aku bikin lagi dan Alhamdulillah tetangga dan temen juga ikut kebagian :)

Senin, 12 Juli 2010

Ikan Bakar Bumbu Kecap

Hari minggu akibat bangun siang jadilah di tukang sayur ga' kebagian apa2.. sayur abis, daging abis, udang apalagi, yang ada cuma ikan kembung ya udah embat aja meski ga' tau mau diapain ntar..untung di kulkas masih ada oyong, wortel dan tahu jadi lumayan tenang buat bikin sayur dan lauknya Adam ntar.

Sempat kepikiran pengen di goreng aja, tapi kok bosen makan kembung goreng terus. akhirnya kepikiran mending di bakar aja. Untuk bumbu ikan bakar ini, ambil yang gampang2 aja (gampang banget malah) secara ini bumbu ngasal tapi menurut lidahku lumayan juga..:)

Bahan :
- Ikan (pastinyah) terserah ikan apa aja mau ikan hiu juga boleh asal siap masaknya hehehe.. cuci bersih, kerat2 sedikit bagian badannya jangan telalu dalam dan lebar takutnya ntar malah ancur, kasih perasan jeruk nipis dan garam diamkan sampai garam meresap.. setelah itu cuci lagi sebentar takutnya masih ada sisa garam yang lengket di sela2 daging ikannya ntar malah keasinan.

Bumbu : (takaran sesuaikan sendiri ya..)
- bawang putih yang dihaluskan
- margarin
- kecap
- minyak untuk menggoreng

Cara memasak :
- Ikan yang sudah dibaluri jeruk nipis dan garam aku goreng sebentar, jangan sampe kering setengah mateng aja. Biar pas digoreng ga' lengket mending pake teflon aja atau bisa pake wajan biasa tapi ketiga wajan dipanaskan masukkan 1 sdm margarin terlebih dahulu baru tuang minyaknya.
- Setelah ikan dimasak setengah matang tiriskan.
- Sementara itu campur margarin, bawang putih halus dan kecap aduk2 sampai rata dan lumuri ikan dengan bumbu tsb.. setelah itu tata ikan di dalam alat pembakaran ikan (apa ya namanya..??) kemudian bakar diatas arang sambil sesekali dibalik dan dilumuri sisa bumbu yang ada.. bakar sampai matang, cara ngebakarnya jangan sering2 dikipas dan jangan terlalu heboh ya takutnya cuma gosong diluar aja.

Sambelnya.. cukup pake irisan tomat, bawang merah, cabe rawit yang dicampur dengan kecap manis, kalo mau seger dan lebih mantep lagi tambahkan bawang goreng dan perasan jeruk limau.


Siap2 nasi anget yang banyak ya..;)

Ayam Bakar

Dari hari jumat dah mupeng banget pengen bikin Ayam bakar kaya' bikinan ibuku sampe rasanya ngeces kalo inget ayam bakar ibu hehehe.. Biasanya tiap lebaran ibu selalu bikin Ayam bakar special yang nikmatnya tiada tara. Kita nyebutnya Ayam bakar Kretep, soalnya cara masaknyapun beda. Ayam yang digunakan harus Ayam kampung kalo ngga' rasanya emang kurang mantep. Biasanya kalo ibu bikin ayam ini ayam yang sudah dipotong2 dan dibersihkan dimasukkan kedalam kuali yang bagian dasarnya diisi batu kerikil trus dimasak sampe masak (lupa pake air apa ngga' tapi kaya'nya sih ngga'). Abis itu Ayam di kukus sebentar biar lebih empuk setelah itu dibumbui dengan bumbu khas keluarga kita dan kemudian dibakar.

Berhubung kemaren ga' pake Ayam kampung jadi ya bumbunya yang simple dan masaknya juga yang praktis2 aja.

Bahan :
- 1 ekor ayam, belah jadi 4 bagian, cuci bersih, kukus sampai mateng/empuk, angkat dan tiriskan.

Bumbu : (takaran disesuaikan sendiri ya..)
- Cabe merah besar
- Bawang putih
- Bawang merah
- Kemiri
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Kecap manis (takaran sesuai selera, aku kemaren cuma pake 1sdt aja)

Cara memasak : Semua bumbu dihaluskan dan tumis sampai wangi. Tambahkan Garam, Gula dan Kecap aduk sampai rata (jangan lupa dicicipi ya, rasa sesuai selera aja) dan masukkan Ayam, Aduk rata lagi sampai Ayam sudah diselimuti bumbu. Setelah bumbu dan ayam tercampur rata angkat dan pindahkan kedalam piring kemudian bakar sebentar sambil ditambahkan sisa2 bumbu.


Abis itu makan pake nasi hangat..nyam..nyam..nyam :)

Senin, 07 Juni 2010

Chocolate Muffins

Masih dalam rangka menikmati libur sabtu minggu..


Kemaren sore Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan lebat, formasi di rumah lengkap bertiga. Lagi enak2an nonton TV papa bilang "ujan2 gini enaknya ngeteh nih sambil makan apa ya..."

Hmmm.. oke, tunggu 30 menit !!...langsung ngacir ke dapur ngambil mangkok, cup dan ngumpulin bahan.. manasin oven, tuang2 bahan, aduk dan tuang ke cetakan (kebetulan cetakan2 muffin emang selalu dalam keadaan sudah aku pasang papercupnya, maksudnya kalo lagi buru2 tinggal tuang2 adonan tanpa masang paper cup lagi ke cetakannya..praktis kan ?)..

Oke lanjut acara memanggang.. sementara kue masih dalam oven aku bikin teh dulu.. 20 menit kemudian..TING !! oven dah bunyi dan taraaaaa....

Bentar banget kan ? udah masaknya praktis, bentar, ga' banyak cucian tapi uenaaaak...

Bikin muffin ini emang gampang banget, udah ga' pake acara timbang menimbang, yang ga' punya mixer juga ga' usah berkecil hati karena bikin muffin ini ga' usah pake mixer cukup aduk aja dengan whisk atau kalo ga' ada pake sendok sayur juga boleeeh...

Yup lengkap sudah cemilan sore kita, ditengah hujan deras sambil nonton tv ditemenin muffin coklat dan teh anget kumpul bareng keluarga juga..bener2 precious moment :)

Adam punya cara sendiri menikmati muffin ini..


Resepnya ini ya..

Bahan "Chocolate Muffin"
1 cup tepung terigu serba guna (biasanya merk segitiga biru)
1/2 cup gula pasir
3 sdm bubuk coklat
2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1 btr telur utuh
3/4 cup susu cair
1/3 cup minyak

Cara Membuat
Dalam satu wadah masukkan tepung terigu, gula, coklat bubuk, baking powder dan garam, aduk rata. Buat lubang ditengahnya kemudian masukkan telur, susu cair dan minyak aduk rata kembali..Tuang kedalam cetakan muffin yang sudah dialasi papercup dan panggang dalam oven selamat +/_ 20menit dengan suhu 170 C (tergantung tigkat kepanasan oven masing2)..
*Kalau mo ditambah isian ya monggo sesuai selera aja, kebetulan kemaren aku tambahin kenari dan choco chips..:)

Minggu, 06 Juni 2010

Ayam Goreng Bumbu Kuning

Hari sabtu bunda libur, kebetulan juga ga' kepikiran mo kemana2 jadi acaranya memasak hehehe..

Jumat Sore emang udah kepikiran pengen bikin Ayam Goreng Bumbu Kuning, kalo kemaren2 bikin ayam goreng bumbunya beli bumbu racik di pasar kali ini bumbunya bikin sendiri dan ternyata emang lebih enak , sekalian juga dibuat komplit plus sayur lalapan dan sambel terasi yang top markotop menurut lidah kami..




Ayam Goreng Bumbu Kuning
1 ekor ayam, potong beberapa bagian sesuai selera
2 lbr daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
200 ml air
Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
5 butir kemiri
1 sdt ketumbar
8 siung bawang putih
4 cm kunyit, bakar
4 cm lengkuas
4 cm jahe
1 ½ sdt garam


Cara Mengolah :
1. Cuci bersih Ayam, lumuri ayam dengan bumbu halus, diamkan selama 30menit biar bumbu meresap.
2. Masak ayam, tambahkan daun salam,batang serai dan air di atas api sedang. Didihkan, kecilkan api. Tutup.(jangan lupa sambil diaduk ya tapi ngaduknya jangan terlalu heboh takutnya ayamnya ancur..)
3. Masak hingga air tinggal sedikit.Angkat dan dinginkan.
4. Goreng ayam dalam minyak banyak dan panas hinggal berwarna kuning keemasan. Angkat dan Sajikan.


*(Kalo sisa bumbu ayam yang udah diungkep masih banyak, bisa juga ditambahin lagi tahu atau tempe yang udah dipotong sedang, tinggal tambahin sedikit air dan masak lagi sampai airnya sat)


untuk sambel terasinya ini resep ngasal tapi tetep enak..


Bahan untuk sambel..3 bh cabe merah besar, potong asal aja
5 bh cabe rawit (atau tergantung selera)
1 bh tomat, potong 4 bagian
1 sachet terasi (kemaren make merk A*C)
8 siung bawang merah
garam secukupnya
gula secukupnya
minyak goreng (dikit aja)

Caranya :.
Goreng cabe, bawang dan tomat sampai tomat layu. Setelah itu masukkan terasi, goreng sebentar sampai terasi hancur (jangan sampe gosong) Angkat dan ulek semua bahan, tambahkan gula dan garam secukupnya, ulek lagi (jangan lupa dicicipi untuk menghasilkan rasa sesuai selera..sajikan)


Alhamdulillah..papa suka banget, Adam juga ikutan makan tapi cuma tahu, tempe dan ayamnya aja.. eh ya dimakan pake telur dadar juga enak lho.. (sambil mengenang kehidupan jadi anak kost dulu, kalo tanggal tua ngirit ga' bisa beli lalapan ayam, lalapan telur dadarpun jadi hehehe..)

Selasa, 20 April 2010

Soun Goreng Campur2

Hari minggu kemaren bangunnya agak kesiangan, abis sholat subuh eh mlungker lagi pelukan ma adam hihihi.. emang pengen bener2 menikmati hari minggu dengan santai, kalo bisa sih ga' usah masak tapi kasian Adam soalnya begitu bangun dia bisanya langsung minta "unda..maem..!!" nah kalo dah kaya gitu kan kasian juga..

Untungnya semalem dah tak bikinin Sop Ceker dan Chicken Drum Stick yang udah dimasukin kulkas, jadi kalo pangeranku satu ini mo maem tinggal angetin dan goreng.. lha terus nasib papanya ?? hihihiihi oprak oprek isi kulkas, dapet 1 buah wortel, 8 buah buncis, 3 buah jagung muda, 3 buah bakso dan sedikit jamur kuping... pengennya dibikin tumis2an eh keingetan ada soun yang ukuran kecil di Kotak Ajaib dan dengan sedikit sentuhan tongkat ajaib..CRIIIING !! jadilah masakan ini..

                        

Bumbunya gampang, sama kaya' bikin mie goreng cuma bawang putih, bawang merah dan merica doang..eh sedikit minyak wijen biar sedeeep :)

Sayurannya ya dicuci dulu dong dan dipotong2 sesuai selera..jangan lupa jamur kupingnya direndam dulu di air panas begitu pula sounnya rendam bentar aja di air panas pokoknya dah layu udah buang aja airnya, jangan diminum ya..xixiixi

Aslih masakan ini ga' tahan lama, apalagi papa porsi segini dalam sekali makan..hebat kan ?! :D

Senin, 19 April 2010

Beetroot Chiffon Cake

Awalnya bingung mo ikutan chiffon week tapi belom ada ide mo bikin chiffon dari bahan apa, ndilalah hari sabtu bosku minta dibikinin kue atau sejenis bolu yang lembut soalnya beliau lagi bermasalah dengan giginya..

Pulang kerja langsung puter otak mo dibikinin apa secara beliau makanannya tergolong “sehat” banget.. malem2 pas lagi duduk2 ma keluarga.. Criiing !! langsung keingetan kalo beliau suka banget buah beet.. tralala trilili... besoknya langsung deh ke giant terdekat nyari beet untungnya ada yang buka pagi.. Setelah komprang kampring di dapur Alhamdulillah jadi yuhuuuuuu… hasilnya lembuuut banget dan ga’ begitu manis (kalo ini yakin bos bakalan suka), suami dan anak yang biasanya ga’ terlalu suka kue jenis bolu2an malah suka banget pas dibawa ke kantor hari ini setengah loyang (udah dipotong2) bosku ternyata sukaaaaaa... hehehe rasanya sueneng banget malah bosku minta dibikin lagi ..:D



Beetroot Chiffon Cake
Bahan A :


- 8 kuning telur
- 80ml santan
- 50ml sari buah beet (peras airnya dengan menggunakan juicer)
- 75ml minyak goreng
- 120 gr terigu protein sedang
- 10 gr maizena


Bahan B :
- 6 putih telur
- 125 gr gula kastor
- 10 gr maizena
- 1 sdt vanilla essence (sebenernya yang ini buat jaga2 kalo bau beet dan telurnya terlalu kuat)

Cara membuat :
- Campur kuning telur, sari buah beet, santan dan minyak goreng aduk sampai tercampur rata .
- Masukkan tepung terigu dan maizena ke dalamn adonan kuning telur dengan menggunakan whisker, Aduk sampai rata dan tidak bergerindil.
- Di wadah terpisah, Kocok putih telur sampe berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok terus sampe mulai berjejak, tambahkan maizena dan vanilla essence, kocok lagi sampe soft peak.
- Masukkan 3 sendok kocokan putih telur ke dalam campuran tepung dan aduk rata perlahan sampai tercampur. Dan Ulangi sampai kocokan putih telur habis , aduk rata kembali.
- Tuang adonan ke dalam loyang chiffon yang tidak dioles lemak sama sekali. Oven selama kurleb 45 menit dengan suhu 160 derajat dengan menggunakan api bawah terlebih dahulu dan Tambahkan dengan api atas saat 5 menit terakhir.
- Setelan chiffon matang angkat dan balikkan loyang panas di atas botol, diamkan sampai dingin. Setelah dingin, kerat bagian bawah menggunakan pisau. Bagian dalam dikerat menggunakan tusuk sate.

Selasa, 06 April 2010

Tiramisu..

Akhirnyaaaa.... rasanya sueneng banget bisa nyelesain PR ini (PR dari diri sendiri :D) heheehe..Setelah sekian lama berburu mascaryo eh mascarpone akhirnya dapet juga meski Expired datenya tinggal dikit lagi. Perasaan dari tahun lalu deh berburu keju ini, emang sih berburunya cuma di Berkat aja soalnya kalo mesti berburu ke Ani atau Titan takutnya keburu rusak di jalan. Sebenernya kemaren2 dah pernah nemu si mascaryo ini di Berkat tapi Expire Datenya dah lewat beberapa hari, kata mas2nya sih ga' papa tapi aku ga' mau nanggung resiko dah beli mahal2 malah beracun kekkkkkk...

Yuk lanjuuut...

Bikin Tiramisu ini penuh perjuangan banget, dari yang bikin Sponge cakenya gagal gara2 lupa masukin terigu, trus waktu bikin sponge cake lagi yang kedua (kali ini tepung terigunya aku kalungin biar ga' lupa hahha) eh ndilalah pas mo nyaring tepung2an dan bubuk coklat saringannya malah terjun bebas ke adonan hahahaha... yo wis lah ga' pake saring2an langsung tumplek aja dan Alhamdulillah jadi juga..teksturnya lembut dan penampilannya cantik, mulus seperti iniiiii..:)


Besoknya...setelah nidurin jagoan baru deh bergaul dengan Mixer (bahkan mixer National dan Signora aku pake dua2nya) karena bikin lapisan Tiramisu ini ternyata dari awal sampe akhir kerjaannya kocok aduk terus hehehe.. Resep dapet dari blognya mbak Riana ya..

TIRAMISU

Recipe by Fatmah Bahalwan


Bahan:
250 gr keju mascarphone
300 ml whipped cream
100 gr gula bubuk
½ sdt esence vanilli
4 btr kuning telur
50 gr gula kastor

Bahan lain:
2 sdm kopi instant, cairkan dengan
150 ml air hangat
1 sdm gula pasir
150 ml kahlua / rhum (bila suka)
20 bh lady finger atau sponge cake coklat 3 lembar ukuran 22x22x3cm


Garnish:
Whipped cream dan coklat bubuk secukupnya


Cara membuat:
1.Kocok keju mascarphone, sisihkan.
2.Kocok whipped krim dan gula bubuk hingga kental dan kaku. Sisihkan dalam kulkas agar tidak meleleh.
3.Kocok kuning telur, gula kastor, dan vanilli hingga kental, lalu lanjutkan mengocok di atas air mendidih (kocok tim) hingga telur hangat. Angkat, teruskan mengocok hingga telur kembali dingin. Matikan mikser.
4.Keluarkan whipped cream dari dalam kulkas. Masukkan keju mascarphone yg sudah dikocok, aduk rata (atau kocok dengan mixer speed 1), tuangkan pula kocokan kuning telur, aduk hingga rata benar.
5.Ditempat lain, campur gula, air kopi, dan rhum (optional), aduk rata, sisihkan.


Penyelesaian :
1.Siapkan loyang bongkar pasang atau gelas saji, susun lady finger (ato cake coklat sesuai selera) di bagian dasar hingga rata, perciki dengan cairan kopi hingga lembab. Tuangkan adonan mascarphone, ratakan.
2.Susun lagi lady finger, seperti paling bawah tuang lagi dengan adonan mascarphone.
3.Buat dua atau tiga susun paling atas, hias dengan whipped krim, lalu ayakkan coklat bubuk.
4.Bekukan dalam kulkas selama 4 jam.


Note:
•Pengocokan mascarpone hanya bertujuan untuk menghilangkan bungkahan-bungkahan kejunya saja, bukan untuk membuatnya mengembang.
•Jika menggunakan keju mascarpone merk Puglia, keju sebaiknya tidak dikocok, karena keju mascarpone merk ini sangat rentan pecah. Langsung campurkan keju ke dalam whipped cream.


hasilnya seperti ini..


penampakan dari atas..


Rasanya ??? hmmm yummiiiiii..:D


Tiramisu yang aku buat ini kopinya aku buat sedikit kental jadi bener2 mantafff, papa suka karena dia memang suka banget ngopi :D

Tiramisu ini dibuatnya minggu sore dan baru difoto tadi pagi, soalnya di Tambun susah banget nyari Strawberry, jadi selama itu papa ga' berani nyolek2 si Tiramisu sebelum aku foto hihihihi padahal tiap buka kulkas dari raut mukanya keliatan kaya'nya ngiler pengen nyaplok 1 aja kekekekkkkk... sorry ya pa sekarang puasin2 deh ya :D

Jumat, 02 April 2010

Tragedi Sponge Cake Coklat

Rencananya kemaren mo bikin tiramisu dan dasarnya mo make sponge cake coklat. Pengennya bikin tiramisunya pas libur paskah kemaren, jadi nyiap2in bahan2nya termasuk bikin sponge cakenya kamis malem abis pulang kerja kan lumayan tuh jumat paginya tinggal ngocok tiramisunya dan selanjutnya selama tiramisu mengeras kita bisa jalan2 ke otista nemenin papa beli helm..

Nah, pulang kerja langsung deh nimbang2 bahan buat sponge cakenya. Abis jemput adam langsung tak tinggal ke dapur buat bikin sponge cake. Langkah pertama, ngocok telur dan gula lumayan sukses dan bisa sampe "jambul petruk" juga tapi karena bowl mixernya kekecilan jadi kutuang ke tempat yang lebih gedean sekalian masukin tepung maizena..aduk..aduk trus masukin mentega cair aduk..aduk baru tuang ke loyang dan siap2 dipangggang.

5 menit kemudian ngintip ke oven adonan mulai naik (agak tinggi), kupikir kok tumben naiknya agak cepet tapi yah kubiarin aja soalnya ini pertama kalinya bikin sponge cake coklat pikiranku yah mungkin emang cara kerjanya gitu..trus tak tinggal makan ayam bakar dulu bertiga di ruang tengah. Waktu balik ke dapur ngintip oven lagi lhoooo..kok adonannya malah turun banget ??? malah permukaannya jelek banget, ga' rata dan berlubang2 gedhe. Kalo bantet kaya'nya ga' mungkin sampe mimpes pes gitu deh..mikirnya apa karena tadi aku pindahin ke bowl yang gedean ??, apa emulsifernya jelek ??, apa karena tadi pas lagi ngocok tak tinggal bentar liatin adam ?? apa ovennya kepanasan ?? pokoknya pertanyaan campur aduk deh..

Ngeliat kue di oven tambah jelek gitu, ya udah deh pasrah aja besok bisa nyoba lagi aja.. sementara biarin sampe 45 menit matengin kue kutinggal beres2in wadah2 kotor, pas mau mindahin timbangan ke tempat semula disitu ada tepung dibungkus plastik, ngeliat tepung itu aku yo bingung kok ada tepung disini ?? ini tepung apa ?? Astaghfirullah...!! jadi aku bikin kue ga' pake tepung ??? mo ngakak mo kesel wis campur aduk ternyata tadi aku lupa masukin tepung terigu hahahaha.. panteeeeessss aja mimpes bin ngaret gitu..tapi pas dicobain papa katanya rasanya enak kaya' kue caramel/ kue sarang semut gitu hehehehehe..

Untung di rumah ada tangki penampungan, jadi kue gagalnya ga' kebuang percuma soalnya udah dihabisin ma papa kkkkkkkkk... 

Ooooohhh... akhirnya diriku mengalaminya juga.. setelah tempo hari lupa masukin putih telur pas bikin special cheese cake sekarang lupa masukin tepung pas bikin sponge cake.. bener2 pelajaran berharga dan moga ga' terjadi lagi yah..?!! hehehehe

Kamis, 18 Maret 2010

Roti Kepang dan Mixer Baruku :)

Duluuuu... cita2nya pengen banget punya bread maker kenwood sampe dimasukin ke progress tahunan segala, tapi sampe sekarang belom punya2 juga hhihihi.. Sebenernya ini pengen cerita lagi merawani mixer baru hadiah dari ibunda tercinta dan tersayang, makanya kemaren libur 3 hari tak bela2in pulang berdua adam, eh ndilalah barangnya dikirim lewat ESL juga soalnya rada ngeri ilang dibandara..

Nah kemaren berhubung lagi bolos langsung deh geduprakan di dapur ma adam :).. hasilnya puaaas banget dengan cara kerja mixer ini, bener2 hemat tenaga dan waktu. Kalo dulu mo bikin roti males ngebanting adonan, sekarang tinggal merem dah langsung kalis hehehe norak ya ?! pokoknya bener2 puas deh.. jadi untuk sementara si bread maker kenwoodnya dihapus dulu dari progress tahunan soalnya untuk sementara pekerjaan banting membanting sudah bisa diserahkan ke mixer yang ini...:D

Dan hasil untuk baking kemaren ini dia, taraaaaa...


Roti Kepang isi keju dan Roti manisnya isi coklat, rasanya sih sama aja cuma beda isi dan bentuk.. yang ini resepnya dari buku resep Signora tapi pendapat pribadi kurang puas dengan hasil resepnya, lebih nendang pake resep Roti manis specialnya mbak Hana yang lebih pas rasanya dan lebih empuk.

Selasa, 16 Maret 2010

Bread Pudding

Sekali sendok.. rasanya biasa mirip srikoyo, disendok lagi..hmm bikin penasaran, sendok lagi ah..lho kok enak ?!, sendok lagi..ahaaaa custardnya enaaak, sendok lagi..sendok lagi eeeeh abis setengah loyang hehehe...

Ini cara baru memanfaatkan roti yang udah mendekati tanggal kadaluarsanya. Resep aslinya diambil dari sini ya.. tapi ada sedikit penambahan ukuran, soalnya jenis roti yang aku punya agak asin jadi ya aku tambahin lagi gulanya..


Selasa, 02 Maret 2010

Pepes Jangkang

Pernah denger yang namanya Jangkang ? yup, mungkin untuk orang Surabaya dan sekitarnya kenal dengan yang namanya Jangkang, sejenis kepiting kecil yang katanya hidup di muara sungai ataukah laut ? saya sendiri juga ga' tau jawabannya.. yang jelas hewan ini jika diolah akan jadi makanan yang lezat dan mantap.

Biasanya pengolahan Jangkang ada dua variasi, tergantung selera masing2.. ada yang suka dengan dadar jangkang (didadar dengan campuran telur, brambang dan irisan cabe lalu digoreng) tapi saya lebih suka kalo Jangkang ini di pepes.. Soal rasa buat saya nilainya hampir 100 hehehe.. sensasi kretes-kretes dan gurihnya Jangkang ini yang bikin pengen pulang kampung terus hehehe..

Cukup dengan nasi putih hangat yuk nikmati lezatnya Jangkang buatan Ibu :D


Senin, 08 Februari 2010

Chap Cay & Udang Goreng Mentega ala Nely

Penggemar masakan Solaria ? sama..!! tapi daripada lama2 ngantri makan di Solaria mending bikin sendiri yuk.. memanfaatkan bahan2 yang ada di kulkas malah jadi masakan special buat keluarga tercinta..<3 <3

Chap Cay ala Nely
(sorry ukurannya ngasal, asal cemplang cemplung aja intinya sering2 dicicipin aja..kalo kurang ya tambahin..kalo lebih yah tambahin lagi hahaha..)

Bahan :
- 1 ikat sawi - potong2 sesuai selera
- 1 kaleng jamur champignon (kalo yang ini stocknya banyak banget di kulkas maklum baru pulkam :P)
- 5 buah bakso - potong sesuai selera
- 10 ekor udang *ukuran kecil
- daging ayam - potong kecil2
- 1 buah wortel - kupas dan potong sesuai selera
- 1 kuntum kembang kol/brokoli *kemaren kelupaan dimasukin hihihihi...

bumbu :
- 4 siung bawang merah - iris halus
- 3 siung bawang putih -  geprak dan iris halus
- sdt merica bubk - dikit aja karena adam ga' begitu suka makanan yang ada mericanya ;)
- 1 sdm margrin untuk menumis
- garam
- bumbu penyedap
- 1 sendok tepung maizena larutkan dengan air * kalo ga' suka bisa di skip

Cara membuat :
1. Cuci bersih semua bahan dan sayuran.. sisihkan
2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi kemudian masukkan merica aduk rata, masukkan potongan daging ayam, udang.. aduk sampai udang dan ayam berubah warna dan matang kemudian tambahkan sedikit air. setelah agak mendidih masukkan wortel, jamur dan bakso aduk rata..setelah dikira matang masukkan sawi dan kembang kol..aduk rata kembali, kalo ingin kuahnya agak kental bisa ditambah larutan tepung maizena sampai dirasa kekentalan cukup..angkat dan sajikan.

Udang Goreng Mentega Ala Nely
Bahan :
- 1/2 Kg udang berukuran besar - buang kepala dan kulitnya (sisakan ekornya) kemudian belah punggungnya dan cuci bersih..
- 5sdm tepung bumbu serbaguna

Saus :
- 2 siung bawang putih - geprak dan iris halus
- 1/2 siung bawang bombay - iris buat
- 1/2 ruas jahe iris tipis
- 1 sdm mentega
- 1sdm minyak wijen
- 2 sdm kecap inggris
- 2 sdm kecap manis
- garam dan gula secukupnya
- Minyak Goreng

Cara membuat :
1. Panaskan minyak goreng.. baluri udang dengan tepung bumbu (tanpa air) kemudian goreng sampai matang, angkat dan tiriskan.

2. Untuk sausnya, panaskan margarin.. tumis bawang merah, bawang putih dan jahe sampai wangi, masukkan minyak wijen aduk rata kembali. Kemudian masukkan kecap inggris dan kecap manis, cicipi kalo rasanya kurang bisa ditambah gula dan garam secukupnya. aduk sampai mendidih kemudian tambahkan larutan tepung maizena, aduk sampai kental dan mendidih, angkat dan sajikan..

hasilnya...







Rabu, 13 Januari 2010

Sop Balungan

Masih dengan tema Sop.. kali ini bikin Sop Balungan resepnya hampir sama kaya Sop Buntut bedanya cuma ga' pake pala ma cengkeh aja..tetep yummy...!!

Sop Buntut

Jakarta dan sekitarnya lagi diguyur hujan hampir tiap hari.. suasana kaya' gini nih yang bikin perut bawaannya laper mulu dan pengennya makan yang anget2,,, bongkar freezer eh ternyata masih ada buntut sapi abis lebaran idul adha kemaren.. bolak balik buku resep dapet resep sop buntutnya mbak Ria Heliyanti..yuk yuk segera isi perut hehehe..

SOP BUNTUT
Bahan :
1 ekor buntut sapi, potong2
3 ltr air
1 ruas jahe, memarkan
4 btr cengkeh
1 siung bawang putih, potong kasar lalu geprak
8 siung bawang merah, iris
1/2 bh bawang bombay, iris
1 sdm lada halus
1/2 btr pala, parut (parut pake parutan keju)
2 btg daun bawang, potong kasar
1 bh kentang, potong2
2 bh wortel, potong2
garam secukupnya


Cara membuatnya :
Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe dan potongan buntut sapi serta irisan bawang bombay. Rebus 1/2 jam lalu matikan api dan biarkan dingin selama beberapa jam hingga timbul lemak putih dipermukaan.
Buang semua lemak yang timbul lalu rebus lagi.
Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum lalu masukkan ke dalam panci. Tambahkan lada, garam dan pala.
Rebus sampai daging empuk lalu masukkan potongan kentang, wortel dan daun bawang. Masak lagi sebentar lalu angkat dan sajikan.


cara penyajiannya bisa ditambah irisan daun bawang lagi, sama irisan tomat..


Selasa, 12 Januari 2010

Udang Saos Tiram

Pulang kerja laper, kebayang udang saos tiram yang udangnya gede2 trus dimakan ma nasi anget aduuuh.. makin ngiler. Begitu turun dari elp langsung deh mampir ke tukang ikan, pulang naik ojek langsung masak nasi trus srang srong sreng... Alhamdulillah mantaaap ! 




Bahan :
- 1/2kg Udang basah - karena udangnya besar dan adam juga ikutan makan aku kupas kulit dan kepalanya sisakan kulit ekornya dan kerat bagian tengahnya buang kotorannya.
- 3 siung bawang merah - dihaluskan
- 2 siung bawang putih - dihaluskan
- 1/2 sdt merica
- 1/2 siung bawang bombay - diiris tipis
- 1 batang daun bawang - kl ga' suka boleh di skip
- 3bh cabe rawit - kl ga' suka boleh di skip
- 1 sdm saus tiram
- 2 sdm kecap manis
- 2 sdm mentega untuk menumis
- garam secukupnya
- bumbu penyedap secukupnya
- minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
1. udang dibersihkan- sisihkan
2. panaskan minyak dan mentega, tumis bawang bombay dan bawang daun sampai harum masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, tambahkan merica tumis sampai harum.
3. Masukkan udang, saus tiram, kecap, aduk sampai rata..tambahkan garam dan bumbu penyedap aduk dan biarkan sampai matang..
4. setelah matang angkat dan sajikan..

Sambal Goreng Tahu Puyuh

Iseng2 liburan tahun baru terjun langsung ke dapur..resep dapet dari Aneka resep olahan Tahu cuma ditambah petai doang (bukan karena suka petai tapi ada special request dari pak Senior hehe)..mayanlah...


 Bahan :
- Tahu 500 gram
- Telur Puyuh 25 butir
- Kerupuk rambak (kerupuk kulit) 1/4 kg
- Petai 2 lonjor


Bumbu :
- Bawang merah 8 siung
- Bawang putih 8 siung
- cabe merah 6 buah
- kemiri 6 buah
- Jahe 2Cm
- Lengkuas 5 Cm
- Daun salam 5 Lembar
- Serai 2 batang
- Gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya
- santan kental 300ml
- cabe rawit 10 buah


Cara membuat :
1. Potong tahu berbentuk dadu, lalu goreng setengah matang. Rebus telur puyuh hingga matang, lalu kupas kulitnya.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri dan jahe, lalu tumis hingga harum. Tambahkan santan kental dan aduk hingga mendidih.
3. Masukkan tahu, telur puyuh dan sisa bumbu lainnya, aduk secara merata. Biarkan hingga bumbu meresap. Masukkan kerupuk rambak, aduk, biarkan hingga layu, angkat dan sajikan.