Rabu, 05 Agustus 2009

Creme Brulee

Pertama ngerasain kue ini (sebenernya kue apa pudding ya ?) di Breadtalk. Hampir tiap jajan kesana penganan yang satu ini ga' pernah lewat selain double impact dan fire lossnya.. Menurut sensor lidah kaya' ada campuran susu dan kuning telur tapi setelah nyoba bikin sendiri tetep ga'berhasil juga.

Nah kemaren pas balik lagi kesana sempet ngintip name tagnya oalahhhh ternyata namanya Creme Brule, maklum baru ngelirik nam tagnya abisnya selama ini kalo kesana karena dah hafal posisinya dan yang dibeli ya itu2 aja jadi langsung main samber aja ga' liat2 namanya apaan hehehe.. nyampe rumah langsung deh semedi ma mbah google dan dapet deh, variasinya banyak tapi kucoba bikin resep pertama dulu ya.. bikinnya gampang banget ga' lebih dari 10 menit adonan dah siap masuk oven, bahan2nya juga ga' susah nyarinya dan hasilnyaa hmmmmm lembut dan creamy2 yummy...!! Perbedaan dari yang di Breadtalk yang ini lebih berasa Creamnya sedang yang di Breadtalk lebih dominan rasa kuning telurnya tapi sama2 enak hehehe... yuk cobain !! eh ya aku modif sdikit ya dari yang aku dapet dari si mbah..



CREME BRULEE

Bahan :
- 500 ml cream (heavy cream klo di indo merek yg bgs itu Elle & Vire) --- aku kemaren pakenya yang merk Anchor *Nely
- 70g gula merah/pasir
- 1 sendok makan vailla extract (ga' punya, jadi pake yang Vanilla essence...*Nely)
- 6 kuning telor (ukuran sedang...*Nely)

Cara Menbuat :
- Panasin oven jd 180°C.
- Panaskan cream di dalam panci, tunggu sampe mendidih, pas udah mendidih langsung angkat dr kompor.
- Sementara nunggu cream panas, kocok kuning telur dan gula sampe putih, tambahkan vanilla.
- Tuangkan cream yg udah agak dingin kedalam telur kocok. Supaya telurnya gak jd scramble egg, gini tekniknya. Masukkan 1/3 adonan telur ke panci cream, aduk, lalu masukan lg ke 2/3 adonan telur lg, jd telurnya di "tempering" dulu.
- Udah deh tinggal dimasukkin ke Aluminium foil/mangkok keramik tahan panas... dibakarnya pake au bain marie, jd aluminium foilnya ditaro diatas tempat lain yg lebih besar, dan beri air mendidih setinggi 1/2 tinggi aluminium foil/mangkok tahan panas. Gunanya dibakar diatas air supaya creamnya gk jd kering. Bakar 25-30min.
- Dinginkan

Pas mau dimakan, taro 2 sendok kecil gula merah/pasir diatas ramekin, dan bakar pake torch sampe permukaannya jd kyk caramel (dari resep aslinya).

Kemaren karena ga' punya torch jadi bikin caramel manual trus tuang ke atas creme brulee hias dengan strawberry..*Nely

*Nely = modif by Nely

Tidak ada komentar:

Posting Komentar