Minggu, 14 Juni 2009

Roti Isi

Bikin Roti kaya' gini jadi inget masa kecil dulu kalo ibu lagi bikin donat, hihihi seneng makannya ga' seneng buatnya... abisnya prosesnya bikin capek pake acara banting2 segala biar kalis.

Nah berhubung sekarang dah jadi ibu2 dan pengen juga anaknya mengkonsumsi cemilan2 sehat maka dengan segenap jiwa dan raga aku harus bisa bikin roti sendiri. Berhubung ga' ada bread maker (pengen sih beli tapi muahal banget) ya dibanting juga deh tapi tetep bersih kok..

Resepnya make Roti Isinya mbak Hana...

ROTI ISIBahan :
- 500 gr tepung terigu protein tinggi
- 11 gr yeast
- 3 gr bread inprover
- 110 gr gula pasir
- 5 gr susu bubuk
- 1 butir telur
- 250ml air es
- 1 gr garam
- 25 gr mentega

untuk isi bisa apa aja tergantung selera, kebetulan kemaren make isian :
- Keju
- Coklat
- Sosis
- Selai strawberry & blueberry

Cara Membuat :
1. Aduk semua bahan kering (terigu,yeast,gulapasir,susu bubuk,bread improver) sampai tercampur rata.
2. kemudian masukan telur dan air sedikit demi sedikit aduk sampai bergumpal-gumpal
3. lalu masukan garam dan mentega (ingat ya.. garam ga boleh ketemu yeast nanti yeastnya bisa mati) aduk sampai kalis
4. Istirahatkan adonan kurleb 30 menit (letakan di wadah tutup dengan lap yang lembab/kainbasah peras yang kenceng ya.. biar airnya ga netes)
5. setelah didiamkan tekan adonan dengan kepalan tangan sampai gasnya hilang, timbang adonan sesuai selera kalau aku kurleb 40 gr dan bulatkan adonan lalu diamkan kurleb 15 menit
6. setelah itu adonan bisa di isi dan di bentuk sesuai keinginan
7. letakan adonan roti yg telah di isi di Loyang yang telah di oles mentega putih diamkan kurleb 60-75 menit sampai mengembang 2 kali
8. olesi adonan roti yang sudah mengembang dengan bahan olesan panggang dengan suhu 180ÂșC selama kurleb 15 menit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar