Selasa, 16 Juni 2009

Puyunghai Udang

Duh kalo ngomongin Puyunghai jadi inget waktu masih kos, dulu di daerah apa ya namanya ??? pokoknya deket kampus Unmuh 3 deh lokasinya sebelah Rhani Motor ada tuh yang jualan namanya Mie Rahayu Bhakti. Nah masakan disini mo nasi goreng, mie goreng, puyunghai pokoknya semua enyaaak banget. porsinya juga lumayan gedhe, racikan bumbunya pas banget tapi sayang dia bukanya cuma sebentar trus ga' tau lagi deh buka dimana, padahal kangen banget masakan disana...

Nah kemaren ngeliat stock udang kupas di kulkas jadi pengen bikin deh bikin puyunghai udang tapi yang ini resepnya ngasal, asal mirip aja dan ternyata hasilnya enak manis, asem, pedes plus tambahan potongan buah nenas jadi seger banget..
PUYUNGHAI UDANG ala Nely


Bahan :
- 200gr udang kupas (ukuran dan jenis terserah)
- 3btr telur ayam
- 2bh wortel, kupas dan cincang halus (diserut pake parutan keju juga boleh)
- Daun bawang secukupnya (diiris halus)
- Garam secukupnya

Cara membuat :
Campur semua bahan dalam baskom sampai rata kemudian didadar sampai matang, atau kalo mo ukuran personal didadarnya dikit2 aja pake sendok sayur, tata diatas piring, sisihkan

Bahan untuk saus :
- 1bh bawang bombay, iris halus
- 3sdm saos tomat
- 1 buah wortel, potong kotak kecil
- 1 sdm kacang polong
-buah nanas dikit aja potong kecil2 (kalo ga' suka boleh di skip)
- 1sdm saos sambel (buat yang suka pedes)
- 3sdm air
- garam secukupnya
- 1/2sdt gula
- minyak untuk menumis

Cara membuat saus :
tumis bawang bombay sampai layu masukkan potongan wortel dan tambahkan air, masukkan kacang polong biarkan sampai mendidih kemudian masukkan saos tomat, saos sambel, garam dan gula kemudian masukkan irisan buah nanas aduk rata, angkat dan tuang diatas puyunghai..sajikan.

1 komentar:

  1. simpel dan cocok untuk lauk makan malam bersama keluarga apalagi disantap saat hujan

    BalasHapus