Selasa, 16 Juni 2009

Puyunghai Udang

Duh kalo ngomongin Puyunghai jadi inget waktu masih kos, dulu di daerah apa ya namanya ??? pokoknya deket kampus Unmuh 3 deh lokasinya sebelah Rhani Motor ada tuh yang jualan namanya Mie Rahayu Bhakti. Nah masakan disini mo nasi goreng, mie goreng, puyunghai pokoknya semua enyaaak banget. porsinya juga lumayan gedhe, racikan bumbunya pas banget tapi sayang dia bukanya cuma sebentar trus ga' tau lagi deh buka dimana, padahal kangen banget masakan disana...

Nah kemaren ngeliat stock udang kupas di kulkas jadi pengen bikin deh bikin puyunghai udang tapi yang ini resepnya ngasal, asal mirip aja dan ternyata hasilnya enak manis, asem, pedes plus tambahan potongan buah nenas jadi seger banget..
PUYUNGHAI UDANG ala Nely


Bahan :
- 200gr udang kupas (ukuran dan jenis terserah)
- 3btr telur ayam
- 2bh wortel, kupas dan cincang halus (diserut pake parutan keju juga boleh)
- Daun bawang secukupnya (diiris halus)
- Garam secukupnya

Cara membuat :
Campur semua bahan dalam baskom sampai rata kemudian didadar sampai matang, atau kalo mo ukuran personal didadarnya dikit2 aja pake sendok sayur, tata diatas piring, sisihkan

Bahan untuk saus :
- 1bh bawang bombay, iris halus
- 3sdm saos tomat
- 1 buah wortel, potong kotak kecil
- 1 sdm kacang polong
-buah nanas dikit aja potong kecil2 (kalo ga' suka boleh di skip)
- 1sdm saos sambel (buat yang suka pedes)
- 3sdm air
- garam secukupnya
- 1/2sdt gula
- minyak untuk menumis

Cara membuat saus :
tumis bawang bombay sampai layu masukkan potongan wortel dan tambahkan air, masukkan kacang polong biarkan sampai mendidih kemudian masukkan saos tomat, saos sambel, garam dan gula kemudian masukkan irisan buah nanas aduk rata, angkat dan tuang diatas puyunghai..sajikan.

Senin, 15 Juni 2009

Kailan Cah Ayam

Kalo lagi libur gitu suka bingung mo masak apa, iseng ke tukang sayur sebelah eh masih ada kailan.. langsung sambar aja, nyampe rumah bolak balik buku resep nemu deh resep yang cepat, praktis dan sehat, dan kebetulan di kulkas masih ada fillet dada ayam, siip lah

KAILAN CAH AYAM
Resep: Fatmah Bahalwan

Bahan:
- 2 ikat Baby Kailan, rebus
- 350 gr fillet ayam, potong dadu
- 1 bh bawang Bombay, iris tipis
- 3 bh bawang putih, cincang
- 3 sdm margarine

Bumbu:
- 1 sdm kecap asin
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm minyak wijen
- ½ sdt garam halus
- 1 sdt gula
- 1 sdt chicken powder (dengan kata lain Royco, Masako dll yang rasa ayam)

Cara membuatnya:
- Tata baby kalian rebus dalam piring saji, sisihkan.
- Panaskan margarine hingga leleh, tumis bawang putih dan bawangBombay hingga layu. Masukkan fillet ayam, aduk dan masak terus hingga ayammatang dan berubah warna.
- Tuangi semua bumbu, aduk rata, biarkan bumbu meresap ayam terlumuri semuanya. Beri sedikit air bila perlu. Didihkan, angkat.
- Tuang Cah Ayam keatas Kailan yang sudah siap. Sajikan segera

Kata papa enyaaak... ya iyalah lha wong 1 porsi dia yang ngabisin.

Minggu, 14 Juni 2009

Roti Isi

Bikin Roti kaya' gini jadi inget masa kecil dulu kalo ibu lagi bikin donat, hihihi seneng makannya ga' seneng buatnya... abisnya prosesnya bikin capek pake acara banting2 segala biar kalis.

Nah berhubung sekarang dah jadi ibu2 dan pengen juga anaknya mengkonsumsi cemilan2 sehat maka dengan segenap jiwa dan raga aku harus bisa bikin roti sendiri. Berhubung ga' ada bread maker (pengen sih beli tapi muahal banget) ya dibanting juga deh tapi tetep bersih kok..

Resepnya make Roti Isinya mbak Hana...

ROTI ISIBahan :
- 500 gr tepung terigu protein tinggi
- 11 gr yeast
- 3 gr bread inprover
- 110 gr gula pasir
- 5 gr susu bubuk
- 1 butir telur
- 250ml air es
- 1 gr garam
- 25 gr mentega

untuk isi bisa apa aja tergantung selera, kebetulan kemaren make isian :
- Keju
- Coklat
- Sosis
- Selai strawberry & blueberry

Cara Membuat :
1. Aduk semua bahan kering (terigu,yeast,gulapasir,susu bubuk,bread improver) sampai tercampur rata.
2. kemudian masukan telur dan air sedikit demi sedikit aduk sampai bergumpal-gumpal
3. lalu masukan garam dan mentega (ingat ya.. garam ga boleh ketemu yeast nanti yeastnya bisa mati) aduk sampai kalis
4. Istirahatkan adonan kurleb 30 menit (letakan di wadah tutup dengan lap yang lembab/kainbasah peras yang kenceng ya.. biar airnya ga netes)
5. setelah didiamkan tekan adonan dengan kepalan tangan sampai gasnya hilang, timbang adonan sesuai selera kalau aku kurleb 40 gr dan bulatkan adonan lalu diamkan kurleb 15 menit
6. setelah itu adonan bisa di isi dan di bentuk sesuai keinginan
7. letakan adonan roti yg telah di isi di Loyang yang telah di oles mentega putih diamkan kurleb 60-75 menit sampai mengembang 2 kali
8. olesi adonan roti yang sudah mengembang dengan bahan olesan panggang dengan suhu 180ÂșC selama kurleb 15 menit.


Jumat, 12 Juni 2009

Sate Kerang

Siang2 tengah bolong tiba2 pengen banget sate kerang, langsung deh telpon papa pulangnya suruh mampir dulu beli kerang dara di deket Hermina Bekbar.

Soal rasa mantap abis, soal takaran bumbu kira2 sendiri aja ya hehehe...

SATE KERANG ala Nely


Bahan :
- 2 kg kerang dara (yang masih utuh kulitnya) ato bisa beli kerang dara yang udah kupas kulit tapi serem takut make pewarna..

Bumbu halus:
- 5 bh cabe keriting
- 3 bh cabe merah besar (ato bisa pake 10bh cabe keriting semua)
- 3 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah

- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- 1sdt kecap manis
- Minyak untuk menumis
- tusuk sate

Cara Membuat :
- Cuci bersih kerang kemudian rebus hingga masak, tanda kerang masak biasanya cangkangnya akan sedikit terbuka.
- kupas kerang ambil isinya, lakukan sampai kerang habis kemudian tusuk dengan tusuk sate (terserah mo diisi berapa aja) sisihkan.
- tumis bumbu halus sampai harum kemudian tambahkan gula dan garam secukupnya dan tambahkan kecap manis agar warnanya lebih cantik. Matikan kompor.
- Lumuri sate kerang dengan bumbu tumisan tadi sampai habis kemudian bakar sebentar, jadi deh…
Atau kalo ga' mau repot2 nusuk dan bakar sate, setelah bumbu masak tinggal masukin aja kerang yang udah di bersihkan dari kulitnya jadi deh Sambel Goreng Kerang hehehe...

Sup Udang Sawi Putih

Resep ini dapet dari blognya mbak Ria Heliyanti..

Kebetulan kemaren abis bikin Hakau udang kan masih ada sisa dan banyak kulit dan kepala udang nganggur tuh trus keingetan resep Sop Udang Sawi Putihnya Ria yang pake kaldu dari rebusan kepala dan kulit Udang udin deh lanjut masaknya...

SOP UDANG SAWI PUTIH

Bahan :
- 2 liter air
- 250 gram udang *)
- 500 gram sawi putih (kurang lebih 1 bonggol sedang), potong lebar2 (selebar 2 ruas jari)
- 1 bh wortel, kupas dan iris tipis (....Nely)
- 2 siung bawang putih, iris kasar lalu digeprak
- 2 ruas jahe, potong dua lalu digeprak
- 2 btg daun bawang, iris kasar
- 2 sdm minyak goreng untuk menumis
- garam dan lada secukupnya
Cara membuatnya :
- Kupas udang, pisahkan bagian kulit dan kepalanya (untuk dibuat kaldu), Cuci bersih.
- Didihkan air lalu masukkan kulit dan kepala udang.
- Biarkan mendidih sebentar lalu kecilkan api, masak hingga 1/4-1/2 jam (makin lama makin gurih rasanya).
- Saring air kaldunya, kulit dan kepalanya dibuang.
- Didihkan lagi kaldu udangnya lalu masukkan jahe dan udang.
- Tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan ke dalam panci.
- Masukkan juga sawi putih, aduk rata.
- Tambahkan garam dan lada secukupnya.
- Masukkan daun bawang.
- Biarkan mendidih sebentar lalu angkat dan sajikan.

*) Udangnya boleh jenis apa saja. Kalau ukurannya besar, potong2 dulu udangnya sesuai selera. Tapi kalau kecil2, ya langsung dimasukkan ke panci.Kalau ingin lebih hot... boleh ditambahkan bubuk cabai.