Minggu, 26 April 2009

Pizza Home Made

Pengen banget makan Pizza tapi dah terlanjur ga' suka ma yang namanya Pizza H** jadi pengen bikin Pizza sendiri aja. Setelah semedi di depan buku kumpulan resep kue akhirnya setelah menimbang dan memutuskan jadilah Pizza ini, toppingnya make bahan seadanya aja tapi untuk urusan rotinya kembali lagi ke resep hehehe..

Resep rotinya lupa punyanya siapa ya, waktu itu ada yang laporan SMOKED CHICKEN & SAUSAGE PIZZA di NCC eh tinggal main copas aja tapi lupa ga' nyantumin empunya resep, buat yang punya resep makasih banyak dan numpang ya nyontek resepnya.. Rotinya empuuuk banget, bahkan sampe tadi pagipun rotinya masih empuk lho..


PIZZA HOME MADE


Bahan dasar pizza:
250 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdt ragi instan
1/2 sdm gula pasir
165 ml air hangat
25 gr minyak zaitun (olive oil) -- kemaren pake minyak goreng biasa tapi tetep enak kok ..*Nely
1 sdt garam

Bahan dasar topping pizza:
250gr daging giling
1 buah bawang bombay, iris tipis
1 botol kecil saus tomat
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1 sdm margarine untuk menumis
5bh sosis sapi
1 blok keju cheddar --- (abisnya yang ada cuma itu, kalo pake mozarella ato quick melt enak kali ya ?! *Nely)

Cara membuat:
* Topping Pizza
- Tumis bawang bombay sampai layu kemudian masukkan daging giling dan garam masak hingga daging matang, masukkan saus tomat dan gula aduk rata setelah rata angkat, sisihkan.

*Roti Pizza
- Campur tepung terigu, ragi instan, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
- Tambahkan minyak zaitun dan garam. Uleni sampai kalis elastis. Diamkan satu jam.
Kempiskan adonan. Bagi 2 adonan. Bulatkan. Giling tipis adonan. Letakkan di loyang yang dioles margarine. Bentuk bulat tipis.
- Oles dengan Topping pizza diatasnya, taburi dengan sosis dan parutan keju cheddar.
- Oven 15 sampai 20 menit dengan suhu 180 derajat celcius

dan percayalah kata2 ini..."sepotong takkan cukup..!!"

Pennylane Brownies

Dah lama pengen banget nyobain kue ini, akhirnya hari Sabtu kemaren keturutan juga. Pulang kantor langsung deh bak bik buk di dapur dan ternyata bener2 deh bikin kue ini ga' cuma sedap sekejab tapi setelah hasilnya keluar dari oven jadi santap sekejap hehehe... gimana ngga' sedap sekejab lha wong dari start nimbang2 bahan, ngocok adonan sampe kue mateng cuma membutuhkan waktu kurang dari 1 jam hebat kan ?!, mana ga' banyak makan tempat (alias ngirit nyuci peralatan) dan dikatakan santap sekejab karena dalam waktu 2 jam 2 loyang brownies ini tandas licin (untung masih nyisain buat dibawa ngemil di kantor kalo ngga' dah ada di perut papa semua hehehe)

Emang sengaja kue ini ga' dikasih taburan apa2 diatasnya, soalnya masih taraf percobaan jadi kalo gagal ga' terlalu sakit hati hehehe *dasar pelit. Bikin kue ini udah nyontek plek berdasarkan resep dari mbak Riana Ambarsari sampe waktu pengocokan dan ngovennya pun tepat banget waktu ngocoknya aja sampe ngedumel sendiri "bantet bantet deh lo.." soalnya katanya bikin kue ini harus "think bantet" cumaaaaa begitu udah mateng papa bilangnya kuenya mentah soalnya masih ada bagian yang basah padahal udah bener gitu tuh, udah dijelasin ntar kue ini agak padet tapi nunggu dingin dulu tetep aja ngeyel bilangnya "enak sih tapi masih mentah, tuh masih lembek kan..?!" hiiii gemes deh ma orang ini, akhirnya biar ga' ngomel dipanggang aja lagi 1 loyang sekitar 5menitan dan hasilnya malah agak kering tapi tetep enak sih, curangnya malah dia yang ngabisin yang dia bilang masih lembek sampe pas mo difoto malah kebagian yang agak kering...huh !!

Brownies ini konon katanya dikatakan "bener" kalo diatasnya udah retak kaya' gini (bener ga' ya?)dan Alhamdulllah ya kalo bener...
PENNYLANE BROWNIESOriginal recipe from Riana Ambarsari*

*Ingredients:
4 butir telur
210 gram terigu
60 gram coklat bubuk
450 gram gula pasir
1 sdt vanili
1/2 sdt garam
225 ml minyak
120 gram kacang cincang kasar ---- (kemaren pake kacang kenari *Nely)
85 gram coklat chip

*Directions:
1. Telur dikocok sampai mengembang.
2. Masukkan gula sambil dikocok terus. Masukkan bahan-bahan lainnya, aduk perlahan-lahan sampai tercampur.
3. Olesi loyang dengan mentega, panaskan oven 160 derajat celcius.
4. Tuang adonan ke loyang, panggang sekitar 35 menit. Test dengan tusukgigi/lidi yang bersih.
5. Dinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.Notes:
Note : kocok telurnya hanya 5 menit aja.
Kue ini enaaaaaaaak banget, percayalah..sepotong takkan cukup !!

Sup Tomat Bola Ayam

Hari minggu kemaren bingung mo masak apa ya buat Adam, secara selama ini menunya ya gitu2 aja. Setelah bolak balik buku kumpulan resep2 masakan langsung deh pengen nyobain sup ini, untungnya kemaren nyetock daging ayam giling….

Resep aslinya dari bu Fatmah Bahalwan (makasih bu Fat..) dan Alhamdulillah Adam suka karena dia emang penggemar yang namanya Sup apalagi kalo wortelnya banyak hhmmm langsung deh mulutnya mangap selebar2nya hahaha… eh... Sup ini ga' cuma Adam yang suka lusy ma Indri juga rebutan lho... jadilah hari ini mereka request minta bikinin lagi hehehe

SUP TOMAT BOLA AYAM
Penulis: Fatmah Bahalwan




Bahan:
500 gr tomat merah, seduh dengan air panas.
1 ltr kaldu ayam
5 sdm saus tomat
5 bh sosis ayam, iris tipis
100 gr kacang polong (kemaren ga’ make soalnya udah muter2 di pasar ga’ ketemu juga, akhirnya diganti posisinya ma wortel…*Nely)

Bahan Bola Ayam:
250 gr ayam giling
½ sdt garam
¼ sdt lada halus
1 ltr air mendidih


Bumbu:
1 bh bawang Bombay, iris tipis
5 bh bawang putih, cincang halus
1 sdt lada halus
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
3 sdm margarine
2 sdm tepung maizena, cairkan dg sedikit air


Cara membuatnya:
- Bola ayam: campur dan aduk, ayam giling, lada halus dan garam,buat bulatan spt bola kecil, celupkan pada air yg sedang mendidih, biarkan matang dan mengapung. Angkat. Sisihkan.
- Blender tomat hingga halus, saring. Buang ampasnya. Sisihkan.
- Panaskan wajan dengan api sedang, lelehkan margarine, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga layu, tuangi kaldu. Didihkan, tuangkanair tomat dan saus tomat. Masukkan sosis ayam, bola ayam, dan bumbu lainnya,aduk rata, masukkan kacang polong, didihkan, tuangi cairan tepung maizena.
Didihkan sekali lagi, angkat.
- Sajikan bersama Crouton (roti bawang yg diiris dadu). --- ga' ada hehehe langsung aja digado ma Adam cs--*Nely

Kamis, 23 April 2009

Udang Aneka Saos

Namanya aneh ya ? abisnya bingung mo dikasih nama apaan, mo dikasih nama udang saos tiram lha kan makenya beraneka ragam saos ?!! wis ga papa ya namanya itu aja...

Masakan ini cocok buat yang tipenya praktis (alias pemalas) kaya aku hehehe... ga' pake cara halus menghaluskan bumbu cuma potong2, goreng dan cemplang cemplung ajah...

Yuk mariii...


Bahan :
  • 1/4kg udang, buang kepalanya dan cuci bersih (ukuran dan jenis terserah kebetulan kemaren dapet ukuran yang masih TK xixixixi..)
  • 1 buah wortel, kupas dan iris memanjang
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • 1/2 buah bawang bombay, iris sesuai selera
  • 3sdm saos tomat
  • 1sdm saos sambal (kemaren makenya cap belibis jadi takaran segitu dah nendang banget pedesnya)
  • 1sdm kecap inggris
  • 1sdt saus tiram
  • 1/2sdt penyedap rasa (royco rasa ayam)
  • minyak untuk goreng udang dan menumis
  • air secukupnya
Cara Membuat:
1. Goreng udang sampai matang (kalo bisa jangan sampai garing soalnya udang bisa jadi keras). angkat sisihkan
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum menggunakan minyak sisa gorengan udang setelah harum masukkan irisan wortel dan tambahkan air secukupnya
3. tambahkan saos tiram, saos tomat, saos sambal, penyedap rasa dan kecap inggris aduk rata kemudian masukkan udang goreng, aduk rata lagi sampai mendidih kemudian angkat dan sajikan..
Gampil kan ?

Senin, 13 April 2009

1st Order (Klappertart)

Ini yang namanya bekel berbuah pesanan hehehe.. pertama ga' nyangka aja soalnya niatnya cuma bawain papa bekel 2 cup klappertart buat cemilan di kantor. Eh ternyata ma orang ndut ini malah ditawarin ke temen2nya dan kalo mau bisa mesen ke istri tercinta hehehe...
Seneng bukan main dapet orderan pertama ini meskipun pesennya ga' banyak yah lumayan bangetlah sebagai pemula, karena ga' nyiapin bahan dan packingan buat dibawa ke kantor langsung deh berbondong2 ke Jatinegara belanja keperluan, anehnya kali ini papa ga' pake cemberut diajakin ke pasar malah senyum mulu..

Bikin Klappertart ini sebenernya gampang, karena mo dibawa papa pagi2 jadi nimbang2 bahannya udah dari semalem trus setel weker jam 4 pagi. Begitu weker bunyi langsung berkecimpung di dapur, untungnya Adam masih bobo jadi bebas bergerilya di dapur sendirian. Jam setengah 7 Klappertart sudah dikeluarkan dari oven, eh ya karena oven listrik di rumah kecil mungil jadi pake bantuan oven serbaguna pemberian eyang dan Alhamdulillah semua berhasil, berhasil..berhasil horre !! *gayanya dora

nih dia penampakannya... fresh from the oven


yuk mari dinikmati !!

Ote-Ote Sambel Petis

Makanan ini enak banget kalo pas dimakan lagi hujan2, temennya cabe ijo ma sambel petis hmmmm enyaaakk... ahh jadi inget masa ngekos di Malang dulu.. Eh ya kalo di daerah Malang dan sekitarnya namanya biasanya sih ote-ote tapi ada yang nyebut Heci ato Weci, tapi apalah arti sebuah nama yang penting rasanya sama... bikin yuk, gampang kok bikinnya dan ga' usah nanyain takaran ya soalnya takaran pake feeling aja hehehe

Ote-Ote Sambel Petis







Bahan:
- 250gr Tepung Terigu
- 2 buah wortel potong sebesar korek api
- 1 butir telur
- 250 gr udang yang ukuran kecil
- kol diiris tipis --- tapi kemaren ga' make soalnya rasanya jadi aneh, gantinya sejumput toge aja
- daun bawang iris secukupnya (banyak juga boleh)
- Garam secukupnya
- Royco rasa ayam secukupnya
- air secukupnya juga
Cara membuat :
1. campur semua bahan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, usahakan jangan terlalu encer.
2. Panaskan minyak diatas wajan, masukkan 1/2sdm margarine ke dalam minyak (maksudnya biar ga' lengket) dan rendam sendok sayur ke dalam minyak panas.
3. Taruh adonan ke dalam sendok sayur yang sudah direndam tadi beri 1 ato 2 ekor udang diatasnya kemudian masukkan ke dalam wajan dan goreng, biasanya kalo sudah licin adonan akan lepas sendiri dari sendok sayurnya (kalo ga' lepas2 juga dari sendok sayurnya dicongkel aja pake sutil kecil/sendok) goreng hingga matang.
4. Lakukan seperti diatas sampai adonan habis.
untuk sambal petis:
1sdm petis udang
3 bh cabe rawit
Ulek petis udang dan cabe rawit kemudian encerkan dengan sedikit air.
Ote-ote siap diserbu...

Minggu, 12 April 2009

Sus isi Vla

Kemaren liburan lumayan banget buat ngasah tangan (hehehe bukan ngasah otak ya..) biar lebih uokeh ngolah kue hehehe. Setelah bebenah rumah, bingung mo ngapain pengen main ma Adam eh tuh anak dah kompak banget ma papa mlungker di kamar. Yo wis belajar bikin kue aja yuuuk... kalo bisa sih pake bahan2 yang ada di rumah aja, setelah bolak balik buku resep pilihan jatuh ke Kue Sus, setelah ngecek bahan2 dan semua ada langsung deh bakbikbuk di dapur, hasilnya taraaaaa....


ini penampakan waktu baru diangkat dari oven, hmmm hasilnya enak bentuknya menul2 cantik.. dan gambar dibawah penampakan setelah diisi dan dihias pake DCC..
Kue SusSumber: 52 Kue Populer by Sedap Sekejap
Untuk 30 buah

Bahan-bahan kulit:
100 gr margarine
200 ml air
1/2 sdt garam
125 gr terigu protein tinggi
4 butir telur

Bahan-bahan Isi:
375 ml susu cair
75 gr gula pasir
40 gr tepung maizena
1 btr kuning telur
150 whipped cream bubuk
300 ml air
rhum secukupnya --- ga' make

Cara membuat:
1. Sus: Rebus air, margarin, dan garam sambil diaduk sambil mendidih. Matikan api, masukan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal. Nyalakan api kecil. Masak sampai lakos. Angkat dan biarkan hangat.
2. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok rata. Masukan keplastik segitiga.
3. Semprot dengan spuit diloyang yang dioles margarin
4. Oven 30 menit dengan suhu 200 derajat celcius.
5. Isi: Kocok whipped cream bubuk dengan air es sampai mengembang. Simpan dalam lemari es. 6. Rebus susu cair, tepung maizena, dan gula pasir sambil diaduk sampai meletup-letup. Ambil sedikit adonan. Tambahkan kuning telur. Aduk rata.
7. Tuang kerebusan susu. Masak lagi hingga meletup-letup. Angkat dan biarkan hangat. Tambahkan rhum. Aduk rata.
8. Setelah hangat tuang ke whipped cream kocok sambil dikocok perlahan. Masukan ke kantong segitiga.
9. Belah sus. Semprot sus dengan isinya.
Hasilnya beneran 30 biji, tapi difoto tinggal dikit soalnya sambil dicemilin hehehe

Krengsengan

Dalam rangka IFWN (Indonesian Food Week NCC), mo ikutan juga ah ngeramein acara ini. Pertama bingung mo bikin apaan setelah googling sana sini akhirnya dapet juga resep masakan favorite dari daerah Surabaya sana (thanks buat mbak Ria-Icip2).

Sebelumnya sempet bingung nyari petis udangnya, akhirnya punya ide juga hehehe jadi pulang kantor pura2 beli rujak cingur di warung Jatim, trus mepet2 deh ke ibunya pura2 nanya kalo beli petis udang dimana, Alhamdulillah hasil mepet2nya ma ibu itu ditawarin beli petis udangnya aja hehehe...

Krengsengan udah di coba di dapur, hasilnya hmmm.. nikmat !! ga' usah pake lauk lain lagi cukup ma nasi yang masih ngepul2 hehehe... pas makan krengsengen ini jadi inget ma temenku yang di Texas sana *kedip2 ngelirik ibunya Derrick hehehe... mari dinikmati bareng2

Krengsengan
Bahan :
1/2 kg daging kambing bagian paha, potong2
1 bh tomat, potong2
1 sdt lada halus
3 lbr daun jeruk, iris halus
2 sdm kecap manis
garam secukupnya
1/2 ltr air
minyak goreng untuk menumis

Bumbu dihaluskan :
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih5 bh cabe merah keriting
5 bh cabe rawit merah
1 ruas jahe
2 sdm gula jawa
2 mata asam jawa
2 sdm petis udang

Cara membuatnya :
Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan potongan daging kambing.
Aduk rata sampai berubah warnanya.
Masukkan sisa bahan lalu masak hingga airnya mulai sat.
Sajikan dengan bawang goreng dan nasi hangat.