Selasa, 24 Maret 2009

Ayam Kecap Seger

Ga' cuma namanya yang seger tapi rasanya juga seger banget. Ceritanya waktu ke Toko Titan kita kelaperan abis kalap belanja di dalem, nyampe diluar bingung mo makan dimana secara blank daerah situ diliat2 kok yang banyak malah ruko2 gitu, nah pas ngelirik ke samping ada warung nasi pake gerobak gitu yang lumayan banyaklah pelanggannya (kaya'nya sih orang2 kantor sekitar soalnya pas kesana hari senin dan pas jam 12 siang) ya udin deh kita langsung ambil posisi disana hehehe

Bunda pesennya Ayam Kecap plus sambel biar sekalian Adam bisa numpang juga, begitu udah masuk mulut wuih rasanya bener2 mantaf kaya'nya sih bumbunya sederhana dan disitu nyempil juga belahan jeruk Limau. Nyampe rumah langsung deh nyari resep Ayam Kecap ini di om google dan nyasar di MPnya mbak Lizy wihiiiiii seneng banget langsung besoknya bikin, marrreeee...

Ayam Kecap Seger



Bahan :
1/2 ekor ayam buang kulit (aku gak suka kulit ayam)
2 buah jeruk nipis (diambil airnya untuk ayam)
garam secukupnya
2 buah jeruk limau/1 buah jeruk nipis (untuk adonan kecap)
1 butir bawang bombay ukuran besar
2 butir bawang putih
2 buah tomat ukuran besar dipotong 8 bagian
segenggam cabe rawit (sesukanya)
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk ukuran besar
Minyak goreng
Garam dan merica secukupnya
Kecap manis secukupnya
Cara membuat :
- Potong-potong ayam sesuai yang diinginkan, beri garam dan air jeruk nipis secukupnya (jeruk nipis untuk ayam ini bisa diganti dengan cuka). Diamkan sampai garam dan asam meresap ke asam. Ingat jangan beri asam terlalu banyak.
- Goreng ayam hingga matang.-
- Tumis bawang putih dan kemudian masukkan bawang bombay hingga harum, masukkan daun jeruk, daun salam kemudian masukkan cabe rawit (cabe rawit boleh agak dipecahin sedikit terlebih dahulu untuk yang suka agak pedes) dan tomat.
- Masak hingga tomat agak layu.
- Kemudian masukkan kecap manis, garam, merica secukupnya.
- Tambahkan air sekitar 2 sdm (kalo mau agak berkuah boleh ditambah air dan jangan lupa dicicipi biar pas rasanya hehe..) dan tunggu agak mendidih baru masukkan ayam.
- Aduk-aduk ayam ke dalam bumbu kecap biarkan bumbu kecap agak meresap ke dalam ayam sebelum kemudian diangkat dari api dan siap dihidangkan.
Nyesel kemaren masak cuma setengah, papa doyan banget bunda cuma kebagian 2 potong doang hiks....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar