My Chaos Kitchen

Chaos Kitchen Stories

Rabu, 09 Maret 2016

Mie Pangsit

Saya bukan pecinta mie ayam sebenernya tapi kalo mie pangsit, cwie mie, mie yamin (manis atau asin) atau mie goreng mah hayuuuk... ntah kenapa padahal kan mirip-mirip ya ?! Mungkin karena kebanyakan tekstur mie ayam itu kurang meyakinkan buat saya.. kadang lembek, kadang ada yang agak mentah kadang yaah ada ajalah ga enaknya.. belom lagi campurannya ayam bumbu kecap yang kadang ga sesuai selera.. Beda dengan mie yamin, mie pangsit atau mie yamin yang tampilan awal di mangkok agak kering menggugah selera, campuran rasa daging ayam gurih yang pas rasanya lumer aja kalo di mulut, meski tanpa campuran saos ataupun kecap udah enak aja bawaannya hehehe

Biasanya kalo lagi pengen mie sendiri saya beli mie basah yang udah jadi tinggal rebus bentar trus campur sama bumbu-bumbu lain tapi ya itu kadang dapet yang baunya ga enak, tekstur lembek dll..

Nah kemaren kebetulan pas nyari kulit pangsit ada merk baru "Saboga" namanya.. variannya banyak ada mie rasa original (mungkin ada yang dari sayurannya juga), kulit pangsit original dan kulit pangsit sayuran. Nyoba 1 bungkus untuk kulit pangsitnya dan ternyata enak banget.. tekstur pas dan ga bau (ntah biasanya kalo merk lain bau plastik atau bau apa) akhirnya saya nyoba beli varian produk lainnya yaitu mie dan kulit pangsit sayurannya.. semuanya sama-sama enak dan tetep yang terpenting ga bau *bukan sales atau endorse*

Jadi liburan tadi langsung eksekusi..




Read More

Senin, 07 Maret 2016

Terang Bulan

Lagi iseng kemaren pas ke supermarket lagi ada promo keju, tertarik lah beli ntah ntar mau dibikin apa..

Keinget adek doyan banget sama terang bulan ak martabak manis jadi mumpung di rumah lagi ngumpul semua jadi nguprek bentar..

Resep pake punyanya mbak Hesti


tekstur dalam yang berpori.. cantik ya :)
Terang Bulan atau Martabak Manis
Bahan :
- 500gr tepung terigu
- 50 gr gula pasir
- 1 sdm tepung sagu
- 1/2 sdt ragi instan
- 1/2 sdt garam halus
- 1/4 sdt vanili bubuk
- 2 butir telur
- 650 ml air
- 1 sdt soda kue

Bahan Isian :
- gula pasir untuk taburan
- mentega untuk olesan
- meises
- keju cheddar parut
- susu kental manis
- kacang tanah sangrai *cincang (ga pake)
- wijen, sangrai (ga pake)

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering terang bulan kecuali soda kue, tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang licin dan tidak berbutir. Aduk dan saring (aku kemaren ga pake disaring asal adonan udh halus aja) masukkan telur. Istirahatkan adonan selama 1 jam.
2. Masukkan soda kue, aduk rata.
3. Panggang adonan ke dalam cetakan khusus martabak yang telah dipanaskan. Kalo tidak ada bisa menggunakan teflon dan tidak usah dioles margarin. (aku kemaren pake cetakan martabak mini).
Panggang hingga 3/4 matang dan adonan berlubang lubang, jangan ditutup.
4. Taburi dengan gula pasir. Tutup cetakan dan panggang kembali hingga matang, angkat.
5. Olesi seluruh permukaan kulit dengan mentega agar lentur dan wangi.. Taburi bahan isian dan susu kental manis,
6. Lipat, potong-potong dan difoto sajikan.

Read More

Rabu, 03 Februari 2016

Ketiban Rejeki Kue Keranjang

Tiap mau Imlek pastinya yang namanya Kue Keranjang alias dodol cina bakalan banyak seliweran di pasar maupun si supermarket. Kebetulan tahun ini saya ketiban rejeki dapet kue keranjang dari sepupu yang juga kebanjiran dapet kue keranjang dari anak didiknya.

Bingung kue-kue keranjang ini mau diapain ya ? nanya sana sini katanya digoreng aja sama telur kocok tapi diolah begitu bosen karena selain berminyak banget ntar malah lengket di wajan.

Akhirnya inget kayanya dulu mbak Vania pernah ngolah kue keranjang ini cuma dipotong-potong trus dikukus dan di balurin sama kelapa parut.

dan taraaaa...




Jadi.. potong kue keranjang sesuai selera, kemudian kukus jangan lupa alas kukusannya olesin minyak goreng sedikit aja biar ntar ga lengket. Untuk kelapanya pilih kelapa yang setengah tua, kasih garam sedikit dan kukus. Setelah kue keranjang lembek langsung gulingkan di atas parutan kelapa yang sudah dikukus tadi. Jadinya enak, manis gurih dan ga eneg.
Read More

Minggu, 26 April 2015

Tropicana Slim Alergon Gluten Free Cookies

Punya 2 anak kecil di rumah mengharuskan saya selalu menyediakan camilan setiap harinya, apalagi si adek (Aqila) yang seneng banget ngemil. Semua makanan dia suka ga ada nolaknya sama sekali, beda dengan kakaknya yang agak pemilih, hanya camilan tertentu saja yang dia suka. Meskipun si adek tipe anak segala makanan masuk, semua makanan tetap saya seleksi dulu. Dari awal dia masih MPASI saya memang men-skip pemakaian gula dan garam dalam semua menunya, apalagi aqila ada bakat alergi dari saya dan baru ketahuan waktu dia usia 2 bulan. Alerginya tidak begitu parah hanya ruam dan gatal di area pipinya, sejak itu asupan saya ketika menyusuipun saya jaga dari makanan pemicu alergi dan lanjut ketika dia MPASI ketika usia 6 bulan semua bahan makanan yang menjadi pemicu alergipun saya hindari dan sebisa mungkin semua makanan yang dia konsumsi saya masak sendiri.

Sekarang usianya sudah 1.5 tahun, saya sedikit longgar dengan camilannya sehari-hari.. tubuhnya juga sudah mulai toleran semua makanan yang dia konsumsi tapi tetap saya awasi agar tidak berlebihan. Untuk camilan boleh beli di luar tapi saya teliti dulu kandungan bahan-bahannya. Apalagi sekarang semua makanan rata-rata mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan, ini yang saya hindari. Untungnya sekarang ada Tropicana Slim Alergon Cookies yang bebas pengawet dan bebas gula pasir karena menggunakan gula buah.


Tropicana Slim Alergon Cookies ini selain bebas pengawet dan pemanis buatan ternyata bebas gluten juga karena terbuat dari tepung beras dan singkong. Setelah saya cicipi cookies ini ga nyangka lho cookies seenak ini terbuat dari tepung beras dan singkong apalagi ada taburan kismisnya saya tambah suka banget sama cookies ini. Rasa manisnya juga pas jadi saya lebih aman memberikan cookies ini pada Aqila.


Tropicana Slim Alergon cookies ini juga baik dikonsumsi untuk orang tua dan anak-anak, Ibu hamil dan menyusui serta orang yang punya bakat alergi terhadap bahan makanan tertentu. Berarti saya yang lagi menyusui juga aman dong ya mengkonsumsi cookies ini karena di dalamnya bebas bahan pengawet dan pemanis buatan.


Buat yang punya bakat alergi terhadap gluten, cookies ini juga aman dikonsumsi karena bebas gluten. Udah tau kan kalo gluten untuk orang-orang tertentu yang alergi terhadap gluten ini bisa berakibat serius lho.. ini sedikit info soal dampak serius bagi yang alergi gluten..


"Bagi seorang dengan Coeliac Disease,sedikit saja konsumsi Gluten dari masakan yang tercemar dapat berakibat fatal.Yang bersangkutan dapat bereaksi seperti keracunan makanan seperti pening,berkeringat dingin lalu muntah dan diare. Ada yang bahkan langsung sesak nafasseperti penderita alergi kacang tanah. Akibat yang lebih fatal malah tidakterlihat yakni serangan alergi Gluten akan mengakibatkan lapisan dinding ususkecil meradang atau rontok, bahkan bisa berlubang jika tidak terdeteksi." -- sumber : www.sehatindonesia.com

Saya udah ga ragu lagi milih cookies ini sebagai salah satu camilan sehat untuk anak saya, udah bebas pengawet, bebas pemanis buatan, bebas gluten dan rasanya enak.. Tropicana Slim Alergon Gluten Free Cookies ini kehadirannya pas dengan mottonya Tropicana Slim menginspirasi keluarga untuk hidup sehat berkualitas.
Read More

Senin, 13 April 2015

W'dank Bajigur - Minuman Hangat Warisan Nusantara

Indonesia itu ga cuma kaya akan ragam makanannya tapi juga minumannya, tiap daerah pasti punya minuman khas tradisional. Bahkan satu daerah aja bisa punya lebih dari satu minuman khas, katakanlah Jawa Barat yang terkenal dengan minuman tradisionalnya seperti Bandrek dan Bajigur. Kalau kita dengar kata Wedang, yang terbesit pertama kali adalah minuman hangat dari campuran air, gula, rempah-rempah serta tambahan bahan-bahan yang lain. 

Keluarga saya adalah pecinta wedang, bahkan awal kisah cinta kami juga berawal dari wedang, dari wedang turun ke hati nih ceritanya hehehe..Dulu waktu masih kos dan sering nongkrong di kawasan Batu, Malang saya, suami dan teman-teman selalu memesan wedang (dulu wedang jahe) dan roti bakar. Sekarang setelah berumah tangga dan tinggal di Jawa Barat tentunya kecintaan kami akan minuman ini terus bertambah bahkan ini kami wariskan ke anak-anak kami yang juga pecinta wedang. Kalo bukan pada anak cucu kita siapa lagi coba yang akan mewariskan kuliner nusantara kita ini..ya kan ?! 


Nutrifood salah satu perusahaan besar di Indonesia yang sesuai misinya yaitu "Inspiring a Nutritious Life", Nutrisari yang sudah dikenal luas di Indonesia dan mancanegara terus berinovasi dengan menghadirkan Nutrisari W'dank, (W'dank disini berasal dari kata Wedang) minuman khas Indonesia dengan rasa yang nikmat, dengan kandungan gula yang relatif lebih rendah dibanding minuman sejenis. Salah satu variannya adalah W'dank Bajigur. 


Bajigur minuman penghangat khas Jawa Barat terbuat dari campuran santan, kopi, gula aren, vanili, garam dan gula pasir dan biasanya terdapat serutan kelapa muda diatasnya. Untuk menikmati minuman penghangat ini tinggal kita seduh dengan air panas daaan minuman hangat ini sudah siap kita nikmati, manis dan wanginya mantap.. pengen lebih terasa tradisonalnya ? sajikan dengan ubi kukus dan pisang kukus.. hmmm nikmat banget !!



Read More

Blogger templates

© 2011 My Chaos Kitchen, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena