Jumat, 09 September 2016

Biduran, Eksim dan Godaannya

Sudah 2 minggu lebih saya jadi pasien rawat jalan.. ntah berasal dari mana kok ya yang namanya biduran sama eksim itu datengnya barengan. Awalnya biduran ini saya cuekin aja toh datengnya cuma malam hari aja dan menyerang bagian badan aja tapi lama kelamaan kok sampai muka, jadi bangun tidur kaya abis digebukin orang, bengep dan jontor.. mata bengkak bibir jontor belum lagi jari-jari yang seperti melepuh rusak gak karuan, sebagian keras menghitam sebagian kering dan retak-retak disertai rasa perih yang teramat sangat.

Karena udah ga tahan akhirnya langsung ke dokter spesialis kulit.. dari sana dikasih obat dan salep racikan.. hasilnya ? biduran dan eksim sementara membaik tapi begitu obatnya habis kumat lagi..

Dulu pertama kali kerja (2014) saya juga pernah mengalami biduran seperti ini, berbagai macam obat udah ditelen dan manjurnya malah minum obat cacing hihihi.. cacingan dong ? bukaaan... kata dokter memang ada sebagian orang yang mengalami cacing di dalam tubuhnya bereaksi ketika ada suatu keadaan tertentu dengan mengeluarkan ntah zat apa namanya yang akibatnya bisa seperti yang saya alami.. bentol-bentol sekujur badan kaya kena ulat bulu.

Oke.. biduran selesai tapi eksim tak kunjung usai.. akhirnya pasrah ke dokter spesialis lagi dan so far belum ada masalah yang berarti (soalnya obatnya masih ada). Kata bu dokter saya harus menghindari sumber alergi misal deterjen (seneng kalo yang ini.. tugas nyuci baju saya hempaasss) nah yang ga enaknya saya juga harus menghindari makan ayam, telur, susu dan ikan... uhuhuhu kalo yang ini rasanya beraaat

Jadi selama "pengobatan" saya cuma makan sayur sama tahu atau lauk lain selain yang dilarang dokter tapi lama kelamaan ga tahan juga.. kebayang sayur asem, sambel terasi, dadar jagung dan ikan kembung yang digoreng garing sluuurrpp... akhirnya pertahanan saya jebol sodara-sodara hahahhaa...

siapa yang tahan kalo godaannya seperti ini ???

Setelah makan ini Alhamdulillah belum ada reaksi apa-apa, mungkin karena masih minum obatnya kali ya.. tapi ga papa lah ya besok lebaran kan makan daging hihihi

Jumat, 26 Agustus 2016

Apple Strudel

Mendung, adem gitu enaknya kan ngemil ya, apalagi krucil di rumah semua.

Punya stock kulit pastry sisa bikin Zuppa Soup kemaren dan kebetulan kemaren juga abis beli apel Malang jadi langsung eksekusi. 


Apple Strudel
Bahan :
- Kulit Pastry siap pakai (pakai merk Edo)

Bahan isi : 
(resep : pakai resep isian Apple Pienya mbak Ricke )

- 6 buah apel malang/ granny smith (sebaiknya pilih apel yang bertekstur renyah dengan rasa asam manis)
- 1sdm air jeruk lemon
- 100 gram gula pasir
- 2 sdm gula aren bubuk (pake gula palm)
- 1/4 garam halus
- 2 sdt kayu manis bubuk
- 2 sdm maizena
- 50 gram margarin
- 50 gram kismis, rendam dengan air panas, tiriskan dan cincang kasar

Olesan :
- 2 butir kuning telur, kocok lepas

Cara Membuat :
1. Kupas apel buang bijinya dan potong dadu kecil kemudian letakkan dalam wadah. Beri air jeruk lemon kemudian aduk rata. Masukkan Gula pasir, gula palm, garam dan kayu manis bubuk, aduk rata. Simpan di dalam lemari es kurang lebih 30 menit hingga apel keluar airnya (juicenya)
2. Taburi dengan maizena, aduk rata. Panaskan apel bersama airnya diatas api sambil diaduk hingga mengental dan apel agak lunak. Matikan api. Panas-panas masukkan margarin dan aduk rata hingga margarin leleh dan tercampur rata. Masukkan kismis, aduk rata, dinginkan.
3. Potong kulit pastry sesuai keinginan, masukkan bahan isian dan lipat. Tekan bagian ujung-ujungnya dengan menggunakan garpu.  Lakukan hingga habis.Oles dengan kuning telur bagian atasnya. Panggang dengan suhu 200'C (tergantung oven masing-masing) selama 30 menit.
4. Angkat dan hidangkan





Selasa, 02 Agustus 2016

Roti Jala

Ceritanya bulan puasa kemaren pengeeen banget makan Lemang sama ketupat ketan, kebayang dimakan pake rendang... hadududu jadi ngeces. Nanya sana-sini ga ada yang jual di seputaran Tambun, dulu di deket rumah ada yang jual ketupat ketan tapi katanya yang biasa bikin lagi sakit jadi ga bisa bikin ketupat ketan padahal ketupat ketannya dia enak banget bahkan janur pembungkus ketupatnya juga ikutan enak sangking santan dan bumbunya meresap sampai ke dalam hahahaha...

Suatu kesempatan setelah ke Thamrin City kepikiran langsung ke Pasar Benhil, konon selama bulan puasa disana ada pasar Ta'jil dan katanya lemang sama ketupat ketan banyak dijual disitu. Langsung deh order Gojek dan langsung cusss menembus kemacetan menuju pasar benhil..

Dan bener lho... nyampe sana sampe bingung mau beli apa, semua keliatan enak dan menggugah selera.. dan pada akhirnya nenteng lemang, ketupat ketan, gudeg laminten daaan kari kambing..

Lemang, gudeg sama etupat ketan udah habis dalam 2 hari.. nah untuk kari kambingnya ini harus ada temen yang klop... inget masakan Aceh langsung keingetan Roti jala... yo wiss langsung bikin.. dan taraaaa...




ROTI JALA
Bahan-bahan
250 GramTepung Terigu
1/2 Sdt Garam
2 ButirTelur Ayam, Kocok Sebentar
500 ml Air/ Susu Cair atau bisa pakai santan cair
2 Sdm Margarin Cair

Langkah
1. Campur terigu, garam, telur, aduk rata
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan licin
3. Saring agar adonan halus. Tambahkan margarin cair, aduk rata
4. Karena ga punya cetakan khusus roti jala saya masukkan adonan kedalam piping bag dan gunting ujungnya (kecil aja lubangnya) setelah itu baru bentuk dengan cara diputar putar menyerupai sarang laba-laba diatas teflon yang sudah dipanaskan, tunggu sampai adonan matang dan angkat. ulangi hingga adonan habis.
5. Begitu adonan matang dan diangkat segera lipat sisi kiri kanan ketengah dan gulung.

Sunatan Adam

Akhirnya setelah tertunda 1 semester kakak disunat juga :D

Rencananya emang libur lebaran plus kenaikan kelas ini mau disunat tp kok pas mendekati hari H si kakak malah bilang ga mau disunat. Setelah dibujuk akhirnya mau disunat di rumah eyangnya aja, pikir emaknya selain disana biayanya lebih murah, ga pake ribet juga mesti bikin acara rame-rame ngikutin adat khitanan jadi yah saya mah hayuk aja lah...

Karena emang rencana mau sunat di rumah eyang jadi sebelum berangkat saya udah beli celana dalam khusus sunat buat persiapan kalau aja disana ga ada yang jual.

Tanggal 11 Juli udah janjian sama pak mantri, jam 8 pagi pak mantrinya dateng.. Adam udah siap, sengaja saya kasih HP papanya biar dia mainan game biar ntar fokusnya ke game aja.

sebelum dieksekusi pak mantri yang akhirnya ga jadi
 Nih anak siap dieksekusi, pak mantri juga lagi nyiapin peralatannya.. ndilalah pak mantrinya "izin" dulu ke adam pake bilang "ntar sakit dikit yaaa.." Adam yang dasarnya emang ga bisa nahan sakit sekecil apapun langsung bubar konsentrasinya. Ngeliat jarum suntik yang siap nyuntikin penisnya dia udah teriak kesakitan padahal baru nyentuh ujungnya aja, hadeeeuh...

Alhasil 4 tenaga kekar plus tenaga emaknya dikerahkan buat megangin adam yang badannya berontak terus seperti orang kesurupan. Dan pada akhirnya setelah beberapa menit nyoba nenangin Adam akhirnya pak mantrinya "nyerah" dan nyaranin mending dibius total aja di rumah sakit.

Karena ga mau nunda sampe keesokan harinya atau liburan semester depan saya dan eyang kakung langsung ke rumah sakit Asyifa Pamekasan, konsul dulu sama dokter disana. Setelah daftar kita pulang dulu nunggu telpon dari RS, jam 11.30 RS telpon kalo Adam bisa ke rumah sakit untuk diinfus dulu, tapi setelah nego dengan berbagai pertimbangan jadi ga pake di infus dan biusnya ntar aja langsung di ruang operasi pake obat bius yang dihirup.

Ke rumah sakitnya tanpa paksaan tapi saya berbohong dengan alasan kebaikan *ngeles*, saya ajak Adam ke klinik tempat tante selvi kerja untuk ngeliatin adek bayi sekaligus meriksa hidungnya yang meler terus ga sembuh-sembuh. Jadi dia manut aja hehehe..

Nyampe rumah sakit semua perawat saya kasih kode untuk ga bahas soal "sunat" ini.. masuk ruang perawatan dia masih ketawa-ketawa bahkan sempet dia bilang ga mau disunat selama-lamanya *hadoooh*

Begitu dipanggil ke ruang operasi dia sempet nanya " bun kok aku masuk ruang operasi ? " sekali lagi saya bohong untuk kebaikan *ngeles lagi* saya bilang kakak badannya mau disteril dulu biar ga ada kuman jadi ntar bajunya juga diganti. Saya dan papanya nganter sampe depan pintu operasi..

Selang 30 menit perawat manggil saya ke ruang pemulihan.. ternyata anak ganteng itu udah dieksekusi dan udah sadar pula. Keliatan dari wajahnya dia nahan rasa sakit yang katanya seperti ditarik-tarik hehehhee..

setelah dieksekusi di ruang operasi 
Ga selang berapa lama pindah ke ruang perawatan dan saya kasih game lagi biar dia ga terlalu mikirin sakitnya. Setelah 2 jam di ruang perawatan dia bilang udah ga berasa sakit lagi dan dokter juga udah menganjurkan untuk bisa pulang.

Setelah ngurus pembayaran saya dan Adampun pulang naik becak hehehe.. saat pamitan pulang perawatnya pada kaget kok bisa langsung pake celana dan jalannya biasa aja xixixiixi ga tau dia kl kita udah nyiapin celana dalam khusus.

Alhamdulillah udah lega nyunatin anak.. tinggal emaknya nyiapin mental kalo ditodong syukuran :D          


Rabu, 20 Juli 2016

Mudik Lebaran 2016

Maaf lahir batin yaa...

Pengalaman mudik tahun ini mungkin pengalaman mudik terburuk bagi sebagian orang, terutama yang ngerasain menginap di Brexit. Pak Dhe yang di wisma Asri malah sampe 4 hari 3 malam baru nyampe Jogja, adek ipar 2 hari baru nyampe Pati. Alhamdulillah kami sekeluarga bisa mudik dengan tenang tahun ini tanpa harus macet-macetan.

Mudik tahun ini pengalaman baru bagi anak-anak naik kereta api kelas bisnis dan ekonomi, karena kita memang mudik ke 2 tempat. Alhamdulillah selama perjalanan mereka senang, ga rewel cuma ya seperti biasa si Adek yang emang ga bisa diem keliling sepanjang gerbong.

Pengalaman bertahun-tahun mudik naik kereta berasa perubahannya beberapa tahun belakangan, kereta ekonomi udah pake AC, kebersihan kereta juga terjaga, toilet ga bau pesing, dapet minuman untuk ta'jil karena pas mudik kemaren emang jam buka puasa.. jempol buat PT KAI ;)

Beberapa foto mudik kemaren..






jalan-jalan ke perkebunan karet

Deretan "bedeng"

"Bedeng" tempat tinggal para pekerja perkebunan karet


Keluarga besar mbah Jasmani

keluarga besar Zainal