My Chaos Kitchen

Chaos Kitchen Stories

Minggu, 26 April 2015

Tropicana Slim Alergon Gluten Free Cookies

Punya 2 anak kecil di rumah mengharuskan saya selalu menyediakan camilan setiap harinya, apalagi si adek (Aqila) yang seneng banget ngemil. Semua makanan dia suka ga ada nolaknya sama sekali, beda dengan kakaknya yang agak pemilih, hanya camilan tertentu saja yang dia suka. Meskipun si adek tipe anak segala makanan masuk, semua makanan tetap saya seleksi dulu. Dari awal dia masih MPASI saya memang men-skip pemakaian gula dan garam dalam semua menunya, apalagi aqila ada bakat alergi dari saya dan baru ketahuan waktu dia usia 2 bulan. Alerginya tidak begitu parah hanya ruam dan gatal di area pipinya, sejak itu asupan saya ketika menyusuipun saya jaga dari makanan pemicu alergi dan lanjut ketika dia MPASI ketika usia 6 bulan semua bahan makanan yang menjadi pemicu alergipun saya hindari dan sebisa mungkin semua makanan yang dia konsumsi saya masak sendiri.

Sekarang usianya sudah 1.5 tahun, saya sedikit longgar dengan camilannya sehari-hari.. tubuhnya juga sudah mulai toleran semua makanan yang dia konsumsi tapi tetap saya awasi agar tidak berlebihan. Untuk camilan boleh beli di luar tapi saya teliti dulu kandungan bahan-bahannya. Apalagi sekarang semua makanan rata-rata mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan, ini yang saya hindari. Untungnya sekarang ada Tropicana Slim Alergon Cookies yang bebas pengawet dan bebas gula pasir karena menggunakan gula buah.


Tropicana Slim Alergon Cookies ini selain bebas pengawet dan pemanis buatan ternyata bebas gluten juga karena terbuat dari tepung beras dan singkong. Setelah saya cicipi cookies ini ga nyangka lho cookies seenak ini terbuat dari tepung beras dan singkong apalagi ada taburan kismisnya saya tambah suka banget sama cookies ini. Rasa manisnya juga pas jadi saya lebih aman memberikan cookies ini pada Aqila.


Tropicana Slim Alergon cookies ini juga baik dikonsumsi untuk orang tua dan anak-anak, Ibu hamil dan menyusui serta orang yang punya bakat alergi terhadap bahan makanan tertentu. Berarti saya yang lagi menyusui juga aman dong ya mengkonsumsi cookies ini karena di dalamnya bebas bahan pengawet dan pemanis buatan.


Buat yang punya bakat alergi terhadap gluten, cookies ini juga aman dikonsumsi karena bebas gluten. Udah tau kan kalo gluten untuk orang-orang tertentu yang alergi terhadap gluten ini bisa berakibat serius lho.. ini sedikit info soal dampak serius bagi yang alergi gluten..


"Bagi seorang dengan Coeliac Disease,sedikit saja konsumsi Gluten dari masakan yang tercemar dapat berakibat fatal.Yang bersangkutan dapat bereaksi seperti keracunan makanan seperti pening,berkeringat dingin lalu muntah dan diare. Ada yang bahkan langsung sesak nafasseperti penderita alergi kacang tanah. Akibat yang lebih fatal malah tidakterlihat yakni serangan alergi Gluten akan mengakibatkan lapisan dinding ususkecil meradang atau rontok, bahkan bisa berlubang jika tidak terdeteksi." -- sumber : www.sehatindonesia.com

Saya udah ga ragu lagi milih cookies ini sebagai salah satu camilan sehat untuk anak saya, udah bebas pengawet, bebas pemanis buatan, bebas gluten dan rasanya enak.. Tropicana Slim Alergon Gluten Free Cookies ini kehadirannya pas dengan mottonya Tropicana Slim menginspirasi keluarga untuk hidup sehat berkualitas.
Read More

Senin, 13 April 2015

W'dank Bajigur - Minuman Hangat Warisan Nusantara

Indonesia itu ga cuma kaya akan ragam makanannya tapi juga minumannya, tiap daerah pasti punya minuman khas tradisional. Bahkan satu daerah aja bisa punya lebih dari satu minuman khas, katakanlah Jawa Barat yang terkenal dengan minuman tradisionalnya seperti Bandrek dan Bajigur. Kalau kita dengar kata Wedang, yang terbesit pertama kali adalah minuman hangat dari campuran air, gula, rempah-rempah serta tambahan bahan-bahan yang lain. 

Keluarga saya adalah pecinta wedang, bahkan awal kisah cinta kami juga berawal dari wedang, dari wedang turun ke hati nih ceritanya hehehe..Dulu waktu masih kos dan sering nongkrong di kawasan Batu, Malang saya, suami dan teman-teman selalu memesan wedang (dulu wedang jahe) dan roti bakar. Sekarang setelah berumah tangga dan tinggal di Jawa Barat tentunya kecintaan kami akan minuman ini terus bertambah bahkan ini kami wariskan ke anak-anak kami yang juga pecinta wedang. Kalo bukan pada anak cucu kita siapa lagi coba yang akan mewariskan kuliner nusantara kita ini..ya kan ?! 


Nutrifood salah satu perusahaan besar di Indonesia yang sesuai misinya yaitu "Inspiring a Nutritious Life", Nutrisari yang sudah dikenal luas di Indonesia dan mancanegara terus berinovasi dengan menghadirkan Nutrisari W'dank, (W'dank disini berasal dari kata Wedang) minuman khas Indonesia dengan rasa yang nikmat, dengan kandungan gula yang relatif lebih rendah dibanding minuman sejenis. Salah satu variannya adalah W'dank Bajigur. 


Bajigur minuman penghangat khas Jawa Barat terbuat dari campuran santan, kopi, gula aren, vanili, garam dan gula pasir dan biasanya terdapat serutan kelapa muda diatasnya. Untuk menikmati minuman penghangat ini tinggal kita seduh dengan air panas daaan minuman hangat ini sudah siap kita nikmati, manis dan wanginya mantap.. pengen lebih terasa tradisonalnya ? sajikan dengan ubi kukus dan pisang kukus.. hmmm nikmat banget !!



Read More

Senin, 23 Maret 2015

Food Photography

Kumpulan beberapa food photography yang berhasil saya selesaikan beberapa bulan terakhir, sebagian besar difoto karena ikutan challenge..kalo ga gini saya ga bakalan tergugah *haiyah* untuk motret hahahhaa... Dan inilah kenapa saya ganti domain dari saesalera.blogspot.com ganti nama ke mychaoskitchen.com :) Inilah yang saya namakan chaos.. chaos di dapur dengan peralatan masak, bumbu, dan properti fotografi.. hasil hasil foto ini keliatan tertata sedemikian rupa tapi coba tengok ke dapur saya untuk mempersiapkan sebuah foto ini.. amburadul kaya kapal pecah.. berkejaran dengan jam tidur si kecil karena saya bisa punya banyak waktu motret di weekend aja..















Semua menggunakan natural light.. butuh waktu yang ga sebentar untuk mikirin konsep dan lightingnya seperti apa. Setelah semua oke situasi dan kondisinya Bismillah ngeluarin beberapa properti, nyiapin objek foto, muter nyari lghting yang pas, tata sedemikian rupa dan jepret !!  Sekali jepret ? oo tentu tidak.. satu foto yang anda lihat ini adalah pilihan dari puluhan bahkan ratusan jepretan.. Setelah difoto ga langsung ditransfer ke komputer tapi dilihat dulu komposisi, framing, lighting kalo semua oke baru deh transfer, edit dikit dan upload.. kalo belum oke yaa mulai dari awal lagi..

Jadi buat yang suka ngambil foto orang untuk keperluan tertentu..berpikirlah kalo anda masih punya otak untuk mikir. Proses mendapatkan gambar terbaik itu ga gampang, prosesnya panjang. Jika anda ingin dihargai hargailah orang lain.
Read More

Jumat, 13 Maret 2015

Camilan Sehat dan Kreatif Untuk Buah Hati

Tantangan menjadi seorang ibu bukan hanya bisa melahirkan dan memberikan ASI Eksklusif saja untuk buah hatinya, tapi masih banyak tantangan-tantangan seru yang saya alami. Dari jaman Adam masih kecil sampe  segede sekarang ditambah lagi tantangan baru saya dengan hadirnya si lincah nan bawel Aqila, cukuplah ya memberikan saya pengalaman.

Ngeliat Adam yang badannya sehat dan montok seperti sekarang banyak yang nanya, emang Adam ga pernah susah makannya ? kadang ada yang curhat anaknya GTM (Gerakan Tutup Mulut kalo disodorin makanan) berhari-hari dan cuma mau makan makanan tertentu saja dan si ibu khawatir dengan nutrisi yang masuk ke tubuh si anak. Sayapun jujur pernah mengalami itu semua, tapi ya itu tadi nyali kita sebagai seorang ibu sedang diuji kalo lagi ngadepin anak yang susah makan.. tantangannya disitu.. gimana pinter-pinternya kita nyiasatin itu semua.

Dulu Adam pernah juga susah makan, tapi saya ga mau pake cara pemberian suplemen atau minuman penambah nafsu makan dan lain-lain, saya pikir inilah saatnya singsingkan lengan baju gimana anak mau makan meskipun sedikit demi sedikit kita telatenin tapi nutrisi yang masuk tetap ada. Caranya biar anak-anak mau makan sering-sering aja ditawarin makan. Kedua, kreasikan cemilan dan makanan yang akan disuguhkan untuk anak dengan tampilan yang menarik tanpa mengabaikan kandungan nutrisinya, contohnya seperti ini..

(Roti tawar ini saya isi dengan irisan sayuran misal selada dan wortel, irisan telur rebus dan smoked beef boleh juga dikasih pasta tomat sebagai penambah rasa kemudian digulung baru disemat dengan food picks yang lucu biar anak2 tertarik memakannya. Hasilnyaaa sekali makan bisa 2 gulung roti tawar isi sayuran ini. )

 (Nasi bento dengan hiasan telur dadar berbentuk bunga dan kereta favoritnya Adam, brokoli kukus dan semur kentang)

Nah.. tantangan saya yang selanjutnya adalah pemberian buah-buahan. Dulu saya telat mengenalkan buah untuk Adam jadi sampe umur 6 tahunpun Adam masih ogah makan buah. Jadi biar saya tidak mengulang kesalahan lagi, sejak pemberian MPASI untuk Aqila saya banyakin buah untuk selingannya. Hasilnya Alhamdulillah berhasil sekarang dia pencinta buah apapun.

PRnya tetep di Adam kan ? jadi biar dia tertarik makan buah cara saya tetep satu yaitu di tampilan penyajian.. ketika saya memberikan buah untuk adeknya ga lupa saya siapkan buat kakaknya.. ini jangan diabaikan, meski Adam ga suka buah saya ga boleh pesimis. Saya potong mangga kecil-kecil dan saya masukkan ke dalam jar dan kasih food picks yang lucu. Tawarkan ke Adam, kakak mau ga ? ini manis banget lho.. gizinya banyak bikin badan kita sehat karena mengandung Vitamin C, menurut saya ini wajib dikasih tau karena dia juga udah SD kan, sebagai tambahan pengetahuan tentunya.
                                          
Hasilnya.. dia nyoba dikit... "enak, manis" katanya dan lama-kelamaan diapun jadi pencinta buah Mangga, jadi untuk bekal sekolahnyapun sebagai camilannya dia maunya Mangga. Selanjutnya saya kenalkan buah yang lain sambil saya jelaskan kandungannya apa aja. Sekarang udah umur 7 tahun lebih dia jadi lebih mencintai buah dan sayapun jadi sering nyetok buah di kulkas untuk camilan anak-anak setiap hari.

                                          (Potongan mangga buat kakak dan adek)

Nah buat ibu-ibu yang punya pengalanan seperti saya coba deh tips diatas ya.. jangan pantang menyerah dan putus asa.

Postingan ini saya ikut sertakan untuk lomba "Olah Camilan Sehat Untuk Si Kecil" dari NUK



Read More

Minggu, 08 Maret 2015

Sagu Mutiara

Baru kali ini masak sagu mutiara sendiri... ternyata lama juga ya masaknya hehehee..
Biasanya kan beli jadi nah kemaren gatel pengen bikin sendiri, kirain sebentar ternyata masak sampe mutiara bening itu luamaaa.. padahal makannya mah cepet banget hehehe..

Ini juga hasil prakarya kemaren.. Alhamdulillah Adam suka, kalo Aqila ga mau makan pake sendok jadi makannya pake tangan aja.. emang nyari kerjaan nih anak :D




Read More

© 2011 My Chaos Kitchen, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena